Mesin Tunnel Tray Digunakan Untuk Mengeringkan Sayuran

Mesin Tunnel Tray

Mesin Tunnel Tray adalah mesin shrink yang digunakan untuk mengemas dan mengeringkan suatu produk. Bahkan bahan makanan seperti sayuran juga bisa dikeringkan dengan mesin ini. Tunnel artinya terowongan, dan tray artinya pengering, mesin ini prinsip kerjanya memang dengan cara memanaskan atau mengaringkan di dalam terowongan.

mesin tunnel tray 3 

Mesin tunnel tray juga merupakan alat yang digunakan untuk menyusutkan plastik packaging agar dapat menyesuaikan bentuk dan pola yang diinginkan. Prinsip kerja mesin ini bersifat menyusutkan plastik dengan menggunakan element hitter pemanas. Dengan memberikan hawa panas pada plastik agar dapat menyusut sedemikian rupa sehingga rekat pada produk yang hendak di packing / bungkus.

 

 

Keunggulan Mesin Tunnel Tray

  • Cara Penggunaannya yang Mudah

Tunnel tray packaging sangat mudah digunakan. Tidak perlu memiliki keterampilan khusus dalam mengoperasikan mesin tersebut. Asalkan mengerti bagaimana cara menggunakannya, siapa saja bisa memakai alat ini.

  • Hasil yang Memuaskan

Hasil kemasan dengan menggunakan mesin pengemas otomatis ini dijamin rapat mengikuti pola atau bentuk barang. Hal ini akan membuat barang terhindar dari kotoran dan terjaga kebersihannya.

  • Bisa Digunakan untuk Berbagai Jenis Barang

Mesin pengemas dari Wiratech bisa diaplikasikan pada produk apa saja, mulai dari botol minuman, makanan kaleng, stoples, kosmetik, majalah, atau buku tulis.

  • Tidak Memengaruhi Kualitas Barang

Meski mesin ini mengeluarkan hawa panas, hal ini tidak akan mempengaruhi kualitas produk, pasalnya produk sudah terbungkus dengan kemasan utama dan proses pemanasan dilakukan dalam waktu singkat. Kemungkinan rusaknya barang akibat panas sangatlah kecil sehingga aman untuk digunakan.

  • Kualitas Mesin

Mesin pengemas dari Wiratech terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah rusak. Mesin ini juga dirancang agar bisa mengemas benda-benda berat mulai dari 5 kg hingga 10 kg.

mesin tunnel tray 2

Kemampuan mesin ini juga digunakan untuk mengeringkan bahan makanan seperti sayuran dan bahan makanan lainya. Mesin ini serupa oven tipe terowongan. Mesin pengering ini disebut tunnel tray. Dari mesin pengering ini nantinya akan dihasilkan sayuran kering yang bisa awet sampai 2 tahun lamanya. Sayuran yang bisa dikeringkan, antara lain; wortel, daun bawang, seledri, tomat, kentang dan buah.

Cara mengkonsumsi sayuran kering ini tinggal diseduh dengan air panas, tunggu 1 menit, sayuran itu pun akan tampak segar kembali. Warna dan rasanya tak ada bedanya dengan sayuran segar. Sayuran kering berharga mahal. Ia memang bukan diperuntukkan sebagai pengawet saja saat panen melimpah ruah, tapi sudah bertujuan untuk memberikan nilai tambah.

Sayuran kering ini berkat mesin pengering sayuran yang sudah dimodifikasi oleh Balai Besar Pengembangan Alat dan Mesin Pertanian. Bentuknya memanjang mirip terowongan sehingga disebut tipe lorong atau tunnel dryer. Kapasitas mesin beragam, mulai dari 10-20 kg sampai 1-2 ton. Mesin berkapasitas 300-500 kg memiliki lorong sepanjang 6 m dan tinggi 1,65 m.

Melihat cara mengeringkan sayuran dari mesin tunnel dry, sangat cocok untuk aneka sayuran yang memiliki kadar air tinggi 80-90%. Proses pengeringan cepat, merata dan tidak ada yang ditumpuk saat dikeringkan. Proses pengeringan bisa dilakukan terus-menerus. Pasalnya, alat sudah dilengkapi oleh pengatur suhu otomatis yang tidak perlu repot-repot diawasi terus-menerus. Begitu suhu turun, secara otomatis pemanas langsung menyala.

Bagi pekebun yang akan membuat mesin pengering secara sederhana, tak perlu memakai sistem kontrol otomatis. Komponen yang harus ada terdiri dari tunnel, troli, pengatur suhu, blower dan burner. Kerangka mesin terbuat dari besi; bagian luarnya multiplat. Bahan diletakkan di atas tray yang terbuat dari kassa atau stainless steel. Tray dipasang pada troli berukuran 1 m x 0,84 m x 2 m yang dipasangi roda untuk mempermudah keluar masuk tunnel.

Proses cara mengeringkan sayuran yang menggunakan mesin tipe lorong ini menerapkan sistem pemanasan tidak langsung. Udara panas dialirkan melalui pipa, selanjutnya dihisap oleh blower. Oleh pembagi udara, panas itu disebarkan dari atas, tengah dan bawah. Dengan teknik ini, proses pengeringan bisa tersebar merata dan sempurna. Bahan bakar burner bisa memakai gas sehingga bisa lebih hemat dan tidak mempengaruhi aroma sayuran.

Kadar air sayuran yang diinginkan 11-12% supaya tak bisa terkontaminasi cendawan. Berapa suhu yang dibutuhkan dan berapa lama waktu pemanasan tergantung pada jenis sayuran yang akan dikeringkan. Misal, wortel dengan pemanasan 55 derajat Celcius butuh waktu 12 jam, tomat dengan pemanasan 60 derajat Celcius butuh waktu 24 jam. Sayuran yang akan dikeringkan harus berukuran seragam. Setiap kali pemanasan dilakukan, hanya untuk 1 komoditas sayuran karena kadar air dan aroma tiap jenis sayuran berbeda-beda.

Misalnya, wortel diiris tipis 5 mm x 5 mm. Biar irisan seragam gunakan alat perajang. Irisan-irisan wortel ini selanjutnya di-blanching yaitu dimasukkan ke dalam air bersuhu 70 derajat Celcius selama 10 menit. Tujuan blanching ini supaya warna tetap cerah. Namun, tak semua sayuran menerima perlakuan blanching, misalnya saja daun bawang. Hal ini karena klorofil tak cepat pudar dibandingkan dengan karoten pada wortel.

Letakkan sayuran yang sudah ditiriskan di atas tray. Setiap troli dengan 15 tray mampu menampung 125 kg basah. Pasang pemanas pada suhu 55 derajat Celcius selama setengah jam supaya udara panas memenuhi tunel secara merata. Selanjutnya troli dimasukkan ke dalam tunnel secara bertahap dengan interval 1 jam. Untuk mesin pengering berkapasitas 300-500 kg bisa memuat 4 troli.

Selama proses pengeringan berlangsung, tidak perlu diintip. Pengatur waktu pada mesin tunnel tray akan memberi tanda jika sayuran sudah kering. Troli ditarik satu per satu dengan interval yang sama. Biarkan uap panas hilang, kemudian masukkan ke dalam kemasan kedap udara.

mesin tunnel tray 3

Demikian pembahasannya tentang mesin tunnel tray yang juga bisa digunakan untuk mengeringkan bahan makanan seperti sayuran agar awet. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp