Manfaat Popcorn : Bagus buat kesehatan tubuh

Manfaat popcorn – Apa yang Anda pikirkan jika mengingat kata popcorn? Yap! Popcorn identik sebagai teman makanmu di sebuah pertunjukkan. Popcorn biasanya dimanfaatkan masyrakat untuk menonton film di bioskop atau sejenis layar lebar lainnya. Selain itu, popcorn juga pernah menjadi teman makan saat pertunjukkan sirkus lho.

manfaat popcorn

Sebelum terkenal, pada era 1900-an popcorn dianggap sebagai makanan untuk masyarakat menengah ke bawah yang dianggap tidak cocok dengan atmosfer bioskop pada masa itu. Pada tahun tersebut, mereka menganggap hanya orang-orang berkelas yang mampu menikmati hiburan bioskop. Selain itu, suara yang ditimbulkan popcorn saat kita mengunyah pun dianggap berisik oleh para penonton.

Namun, saat krisis keuangan terjadi secara global di Amerika Serikat ketenaran makanan ringan ini memuncak. Pedagang asongan memilih menjual popcorn di depan pintu masuk bioskop di Amerika. Melihat peluang besar tersebut, pihak bioskop akhirnya ikut mencari keuntungan dari penjualan popcorn di dalam bioskop.

Masyarakat pun tidak memandang lagi popcorn sebagai makanan kelas menengah ke bawah. Mereka memberikan respon positif yang semakin menaikkan nama popcorn dikenal oleh masyarakat luas. Popcorn disajikan dengan berbagai macam rasa, yaitu manis dan asin. Namun, ada juga yang menjual dengan rasa popcorn pedas. Kemunculan makanan ini pun juga menjadi peluang minuman yang cocok untuk menemani santap popcorn.

Popcorn merupakan makanan yang berbahan dasar dari jagung. Meskipun diolah menjadi makanan ringan, tetap tidak menghilangkan kandungan dari jagung tersebut. Jagung dipercaya mampu melancarkan pencernaan karena kaya akan seratnya. Untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat, asam folat pada jagung mampu menghasilkan nutrisi yang baik agar terhindar dari hal tersebut.

Senada dengan itu, kandungan asam folat jagung dapat mencegah anemia. Mengonsumsi jagung setiap hari juga dipercaya menyehatkan mata  dan menurunkan risiko penggumpalan arteri. Untuk Anda para wanita, bentuk minyak pada jagung mampu menyehatkan kulit secara alami. Produk olahan minyak jagung pun sudah banyak Anda temui di berbagai toko-toko kecantikan di pasaran.

Selain jagung, mengonsumsi popcorn sendiri pun juga ada manfaatnya lho, beberapa manfaat popcorn yaitu

  1. Mencegah kanker. Kandungan antioksidan dalam jagung dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang memicu penyakit berbahaya seperti kanker.
  2. Menstabilkan berat badan. Popcorn merupakan camilan yang membantu Anda untuk mempertahankan rasa kenyang. Kandungan serat yang dimiliki popcorn dapat menghambat pelepasan hormon rasa lapar.
  3. Memberikan sumber energi. Popcorn juga memiliki kandungan karbohidrat yang berperan sebagai penyumbang energi tubuh manusia untuk melakukan segala bentuk aktivitas.
  4. Mencegah penuaan dini. Khusus manfaat ini, popcorn secara khusus disajikan tanpa bahan tambahan seperti mentega, garam, dan bahan-bahan lainnya. Jadi jika Anda mau menikmati popcorn dengan manfaat mencegah penuaan dini, tidak disarankan untuk menggunakan bahan-bahan tambahan.
  5. Mengurangi kolesterol. Mengonsumsi popcorn dapat mengurangi efek ketegangan pada sistem jantung karena tidak perlu memompa darah terlalu keras yang tersumbat oleh kolesterol.

Memanfaatkan popcorn sebagai teman camilan Anda memang sangat asyik. Apalagi disajikan dengan tontonan bersama teman-teman dan orang terkasih. Popcorn saat ini tidak lagi hanya ada di bioskop. Anda bisa menemukan secara mudah di pasaran yang menjual biji jagung khusus popcorn. Setelah itu, Anda perlu menyiapkan mentega. Untuk menambah rasa, Anda bebas memilih asin atau manis. Untuk alatnya, Anda hanya perlu menyiapkan pancri dengan ukuran tutup yang besar.

Langkah pertama yang bisa Anda mulai dengan melelehkan mentega di dalam panci, Setelah leleh masukkan dua genggam biji jagung popcorn ke dalam panci. Kemudian panci langsung ditutup rapat. Nah, untuk mempermudah Anda, gunakanlah panci dengan tutup kaca atau transparan. Karena Anda dapat memantau popcorn yang sedang Anda panaskan.

Dengan menggunakan tutup transparan, Anda juga dapat mengamati letupan-letupan kecil dari perubahan biji jagung menjadi popcorn. Jangan khawatir letupan tersebut akan berkurang sendirinya jika biji-biji jagung sudah terbentuk menjadi popcorn semua. Setelah letupan berkurang, matikan kompor terlebih dahulu baru buka tutupnya. Jangan terbalik ya! Karena jika Anda membuka tutupnya terlebih dahulu dikhawatirkan popcorn akan meletup keluar dari panci.

      Setelah api kompor dimatikan dan tutup dibuka, Anda boleh menambahkan garam atau gula pada popcorn. Lalu diaduk rata hingga di berbagai sisi popcorn terasa asin dan manis dengan seimbang. Anda juga bisa menambahkan rasa pedas atau pewarna makanan lainnya untuk menciptakan rasa baru pada popcorn.

Tips lainnya agar lebih aman, Anda bisa menggunakan mesin popcorn. Dengan menggunakan mesin popcorn proses pembuatannya pun hanya membutuhkan waktu dua menit. Fungsi lainnya adalah dapat mengurangi dampak dari letupan jagung saat proses dipanaskan. Selain itu, kapasitas dari mesin cukup besar sehingga mampu menampung popcorn dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Dengan memanfaatkan pengoperasian mesin popcorn dapat mengefektifkan waktu Anda.

Oke semoga info mengenai Manfaat Popcorn ini dapat menambah pengetahuan anda semua.

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

14 + 2 =