Harga Vacuum Sealer Portable

Harga vacuum sealer portable dipasaran bisa dibilang sangat terjangkau, mesin ini cocok untuk industri rumahan. Karena bentuknya yang portable sehingga bisa dipindah pindah kemana mana.

Mesin ini bukan tergolong mesin besar untuk produksi masal, Namun hanya cocok untuk keperluan rumah tangga dan industri rumahan. Harga vacuum sealer portable dipasaran mulai dari 300 ribuan hingga harga 2 jutaan.

harga vacuum sealer portable

Cek Harga Vacuum Sealer Portable Termurah, KLIK DISINI

Vacuum sealer merupakan mesin yang digunakan untuk memvakum udara di dalam kemasan plastik serta mensealer kemasan plastik ditutup menjadi kemasan. Melalui proses tersebut maka produk yang ada di dalamnya akan aman dan terhindar dari kerusakan.

Karena udara di dalam kemasan akan menyebabkan proses dioksidasi bila tidak dikeluarkan. Perkembangan oksigen akan ditekan sedemikan rupa sehingga bakteri tidak akan berkembang biak.

Dibandingkan bila udara tersebut tidak dikeluarkan tentunya akan terjadi proses oksidasi alami yang berujung pada kerusakan suatu produk.

Vacuum sealer memang banyak membantu dalam hal proses packaging suatu produk, menjadikan produk lebih awet 2 hingga 3 minggu. Dengan proses pengemasan vakum dapat menyelamatkan produk makanan agar lebih awet tahan lama.

Vacuum sealer juga dapat membantu proses pengawetan makanan seperti: bakso, kerupuk, sosis, fresto, ikan, frozen food sampai beras. Bahan makanan tersebut bukan hanya awet disimpan tetapi permanen terlihat segar meski disimpan dalam jangka waktu yang lama.

DZ-280C . Table Style Vacuum Machine (4) OLD

Harga mesin vacuum sealer dipasaran tergantung dari tipe dan ukurannya semakin besar vacuum sealer tersebut. Maka otomatis semakin mahal pula harganya.

Manfaatnya pun tentunya sesuai ukuran produk yang akan di vacuum sealer karena mesin vacuum sealer ukurannya mengikuti kemasan produknya.

Mesin Vacuum Sealer Portable

Mesin vacuum sealer portable ada yang menggunakan tenaga baterai juga ada yang menggunakan energi listrik untuk menjalankanya. Prinsipnya adalah mengeluarkan udara dari kemasan sehingga tidak ada udara dalam kemasan yang bisa membuat produk yang dikemas rusak.

Cara kerja mesin ini sangat mudah. Kemasan yang berisi bahan dikosongkan udaranya, lalu sedot dengan vacuum sealer. Caranya adalah dengan meletakan vacuum sealer pada valve (katup) dan tekan tombol pada mesin, udara tersedot ditandai dengan mengempisnya plastik.

Kemudian tutup lagi dengan merekatkan zipper. Produk dengan kemasan seperti ini mampu bertahan 3 sampai 5 kali lebih lama dibandingkan produk non vacuum. Yang perlu anda perhatikan adalah, metode vacuum ini membutuhkan kemasan kusus.

Biasanya disebut dengan nama Vacuum bag valve atau bisa juga dengan memakai canister glass. Vacuum bag valve terbuat dari polyurethane yang mempunyai ketebalan bervariasi mulai 10 mili sampai 30 mili.

Tentu saja vaccum bag untuk makanan dibuat sesuai dengan standart keamanan pangan (food grade). Alat ini sangat praktis dan mudah digunakan.

Vacuum portable Tube New

Bila anda ingin mesin yang bisa melakukan penyedotan udara dan menyegel plastik sekaligus sebaiknya membeli mesin vacuum sealer mini.

Ada Jenis Mesin Vacuum Sealer Lain Selain Yang Portable

Mesin Vacuum Sealer Mini

Mesin vacuum sealer mini mampu mengosongkan udara dalam wadah sekaligus merekatkanya. Dengan memakai daya listrik 150 watt tentu sangat hemat tenaga. Umumnya lebar seal ini berkisar antara 28 -35 cm dengan berat antara 3-5kg.

Plastik khusus untuk vacuum biasanya jenis nylon yang memiliki tingkat elastisitas dan daya rekat kuat sehingga kemasan tidak gampang bocor. Plastik multilayer ini mempunyai daya tahan yang kuat untuk menahan beban dari isi produk.

Selain itu, kemasan ini bisa dipakai untuk produk berbahan dasar cair. Untuk kapasitas industri kecil masih okelah menggunakan mesin ini. Namun jika anda butuh pengemasan ekstra cepat dengan kapasitas besar, saatnya beralih ke mesin vacuum otomatis.

Mesin Vacuum Sealer Otomatis

Lebih dikenal dengan nama auto vacuum packager, mesin ini mempunyai fitur yang bermacam tergantung tipe apa yang ingin anda beli. Tipe paling sederhana biasanya cuma dilengkapi fitur vacuum dan sealing saja.

Berbeda dengan mesin mini dimana anda harus melakukan dua kali kerja. Mesin otomatis membuat proses pengemasan menjadi lebih mudah. Anda tinggal menset tombol pada control panel, ketika selesai bahan baku akan sudah terkemas rapat.

Pada mesin auto vacuum packager yang lebih canggih, anda bahkan bisa melakukan proses infusion. Dimana anda bisa meresapkan bumbu pada bahan makanan.

Mesin Vacuum Sealer Super Otomatis

Pada mesin vacuum yang lebih canggih seperti ini. Panel kontrol tidak lagi menggunakan sistem waktu namun air pressure. Semakin tinggi angka pada display artinya semakin kecil kandungan udara pada kemasan.

Pada tingkatan 99,5%, wadah berisi tekanan 5 milibars, artinya sedikit sekali udara di dalam kemasan. Dengan pompa penyedot yang kuat, otomatis tekanan yang diberikan pada bahan makanan juga semakin kuat. Sebaiknya bahan mudah rusak di kemas pada tekanan 200 milibars atau sekitar 85% .

Saat anda memasukan bag ke dalam vacuum chamber (wadah mesin), siklus pengemasan pun di mulai. Pertama pergerakan udara pada chamber akan sangat cepat daripada udara yang keluar dari bag.

Tekanan pada bag pun semakin besar dan membuat bag mengembang. Kemudian udara pada chamber akan menurun dan menyedot udara pada bag. Setelah itu terjadi proses sealing. Proses pun selesai.

Mesin vacuum packager dapat dibuat untuk mengolah bahan. Semisal anda meletakan daging dengan bumbu di dalamnya. Bumbu akan terserap di dalam daging tanpa anda repot-repot harus merebusnya.

Wirapax Mesin Vacuum Sealer DZ-4002T

Ada juga mesin yang mempunyai fungsi memberikan masa penyimpanan dalam bentuk kertas. Disitu tertera kapan bahan dikemas dan kapan akan kadaluarsa.

Jika anda ingin lebih awet lagi, bisa juga dimasukan innert gas nitrogen dalam porsi seper sekian persen. Namun biayanya juga akan bertambah.

Mesin Vacuum packager juga ada yang mempunyai kapasitas sangat besar. Jadi anda bisa meletakan bag dalam jumlah yang banyak.

Disamping itu, mesin kapasitas ekstra besar ini bisa membuat beberapa varian seal. Ada yang double seal, dimana terdapat dua keratan pada plastik. Ada juga yang bisa membuat single seal.

Keuntungan Menggunakan Vacuum Sealer Dalam Mengemas Produk:

  • Produk yang dikemas lebih awet. Menggunakan mesin tersebut produk dijamin lebih awet. Alasannya, karena udara di dalam kemasan lebih di-presskeluar sehingga udara tidak memiliki ruang lagi di dalam kemasan. Seperti yang kita tahu terdapat berbagai produk yang memerlukan kemasan dengan metode vacuum agar cita rasa tidak rusak, salah satunya sosis. Dengan ketiadaan udara dalam kemasan, kerusakan akibat oksidasi dapat dihilangkan sehingga produk pun dapat bertahan lama.
  • Higienis dan terhindar dari kontaminasi atau kerusakan. Terdapat berbagai bateri pembusuk di lingkungan kita. Selain berperan untuk membusukkan hewan yang sudah mati atau sayuran yang layu, bakteri tersebut dapat merusak baik makanan matang maupun makanan yang belum diolah. Bakteri juga dapat masuk ke kemasan jika terjadi kebocoran. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, kemasan yang hampa udaralah yang dapat mengatasinya. Dengan demikian produk akan terjaga tingkat kehigienisannya dan terhindar dari kontaminasi atau bakteri lainnya.
  • Produk fresh dan cita rasanya terjaga. Karena kosongnya udara di dalam kemasan produk lebih berkualitas dan terjaga kesegarannya. Produk seperti sosis atau olahan daging lainnya pun lebih segar jika menggunakan vacuum sealer dibandingkan dengan non vacuum.
  • Bisa untuk mengemas berbagai produk. Selain produk olahan daging, mesin vacuumjuga dapat digunakan untuk produk makanan lainnya, seperti keripik. Bahkan mesin ini juga dapat berperan untuk produk non makanan.
  • Pemasaran lebih luas. Produk yang dikemas menggunakan vacuumdapat dipastikan lebih tahan lama. Oleh karena itu, produk dapat disebarluaskan dengan jarak dan waktu yang jauh. Kemasan hampa udara ini tentu sangat memudahkan produsen dan distributor untuk meningkatkan penjualan produk.
  • Good Looking packaging. Langkah pertama dalam memilih konsumen biasanya dapat dilihat dari tampilan kemasan. Dengan kemasan yang menarik dan exclusive dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dalam memanfaatkan produk. Sebaliknya, jika kemasan tidak memiliki nilai jual, konsumen tidak akan melirik sedikit pun.

Dalam industri frozen food mesin vacuum sealer sangat berperan sekali dalam mengemas produk makanan tersebut. Karena pengemasan vacuum dapat menghambat perkembangbiakan bakteri yang dapat membuat makanan menjadi busuk.

Tujuan pengemasan sendiri adalah untuk melindungi makanan dari kekeringan selama disimpan didalam freezer. Pengemasan yang tepat akan menjaga rasa, warna, kandungan air dan nutrisi makanan yang terdapat dalam frozen food.

Wirapax Mesin Vacuum Sealer Adjustable Chamber DZK-500S

Kemaslah makanan dengan tempat dan jangan terlalu besar dan banyak isinya karena akan membuat makanan sulit beku.

Ada beberapa ciri-ciri pengemasan makanan yang baik adalah sebagai berikut :

  • Tahan air dan penguapan.
  • Tidak mudah retak atau pecah dalam suhu dingin misalnya botol yang biasanya mudah pecah didalam freezer.
  • Kemasan untuk makanana haruslah kemasan yang tidak meninggalkan bau dan tidak berasa.
  • Mudah digunakan, dapat diberi label dan ditutup (sealing/vacuum)
  • Tidak memakan tempat dan murah.

Tips Membuat Dan Menyimpan Makanan Beku

Sebelum kita membuat dan menyimpan makan beku, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut :

  • Pilihlah bahan makanan yang segar dan juga berkualitas.
  • Bekukan makanan yang masih segar dan tidak basi.  Karena pembekuan tidak akan membunuh mikro organisme sehingga makanan busuk yang dibekukan maka hasilnya juga akan tetap busuk.
  • Beberapa bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan harus mendapat perlakuan khusus sebelum dibekukan.  Dan tidak semua bahan makanan dapat dibekukan dengan sempurna misalnya sayuran dengan kadar air yang cukup tinggi seperti selada hasilnya akan kurang baik saat dicairkan (thawing).  Makanan dari bahan gelatin atau makanan gorengan dengan kadar minyak tinggi akan lebih cepat tengik bila dibekukan.
  • Kebersihan peralatan dan bahan makanan juga harus tetap terjaga.
  • Jaga dan lindungi makanan  beku dari kekeringan dengan menggunakan bahan yang tahan dingin seperti plastik.  Tutup rapat makanan dengan pembungkus makanan dan jangan biarkan terdapat lubang terbuka karena makanan akan menjadi kering.

Sebaiknya kemas bahan makanan dengan cara di vacuum agar hasilnya lebih maksimal alias lebih awet.

Fungsi kemasan menjadi sangat penting karena :

  • Keamanan produk (melindungi dari kontaminasi berbahaya, debu, kotoran dan bakteri)
  • Kemudahan untuk dibawa (distribusi)
  • Fungsi Pemasaran (iklan gratis, image).

Kemasan Yang cocok untuk Frozen Food :

  • Plastik vacuum untuk mengemas frozen food dengan system vacuum yang menyedot udara di dalam kemasan. Mengemas frozen food dengan system vacuum, menggunakan mesin vacuum ini juga membuat umur simpan makanan lebih panjang.
  • Plastik kemasan berbahan PE yang kuat di suhu dingin dan lebih fleksible. Mesin yang digunakan cukup mesin press plastik saja. Cocok untuk kemasan bulky dan menengah bawah.

Cara Simpan dan Mengawetkan Frozen Food

Agar tahan lama makanan yang sudah diolah harus disimpan disuhu dingin 0-10 derajat C dan Beku suhu -18 derajat C.

Di Kulkas frozen dalam kondisi vacuum bisa bertahan 3-5 hari dan suhu beku bisa bertahan sampai 6 bulan.

Untuk hasil terbaik saat menyimpan makanan harus dalam kondisi terkemas rapat. Jika tidak sempat mengemas hari itu makanan sebaiknya dimasukkan dalam wadah tertutup (tapper ware atau kantong plastik). Sehingga terhindar dari kekeringan (injury burn).

Demikian pembahasannya tentang harga vacuum sealer portable dan penggunaannya pada industri kecil rumahan. Serta perihal lain yang terkait dengan mesin vacum sealer secara umum, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

banner Vacuum Sealer New

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three + eleven =