Cetakan Ice Cream

Cetakan Ice Cream adalah alat untuk mencetak bentuk ice cream yang diinginkan biasanya yang dicetak adalah ice cream popsicle. Namun ice cream cone juga punya cetakan yaitu skop ice cream, yang gunanya untuk mengeruk es krim lalu diletakan di atas cone.

Cara Membuat Es Cream Popsicle

Cetakan es krim memang kebanyakan yang dimaksud adalah es krim stik yaitu es krim popsicle yang juga memiliki beraneka macam rasa. Sama seperti soft es krim yang memiliki berbagai macam rasa es krim. es krim stik atau popsicle basicly adalah tergolong jenis hard es krim yang dibuat menjadi es krim stik.

Es loli atau es lilin juga tergolong dalam makanan penyegar berupa es stik, dan batang kayu stik tersebut berguna sebagai alat untuk dipegang. Makanan ini dibuat dari cairan minuman berwarna dan berasa. Seperti jus jeruk, durian, nangka, stroberi, kopyor, atau yang lainnya sesuai selera. Kemudian diberi batang kayu lalu dibekukan. Ketika membeku, es loli dimakan dengan memegang stik kayu.

Sejarah Ice Cream Popsicle

Ice cream popsicle di Indonesia juga dikenal dengan es loli atau es lilin. Es loli ini secara tidak sengaja ditemukan oleh seorang anak berusia 11 tahun di Amerika Serikat, yaitu Frank W. Epperson. Waktu musim dingin pada 1905, Frank tidak menghabiskan minuman sodanya.

Minuman tersebut dibiarkan membeku semalaman dengan stik pengaduk yang menempel di dalamnya. Frank terjekut karena menganggap itu menarik. Frank memberikan nama Epsicle dan menjual ke teman-teman sekelasnya. Es loli ini memiliki berbagai rasa seperti root beer, ceri, lemon, pisang, dan lain-lain.

Atas usul anak-anaknya, Frank mengganti nama Epsicle menjadi Popsicle. Pada 1923 ia mematenkan popsicle sebagai penemuannya. Namun pada 1929 ia harus menjual hak patennya tersebut karena bangkrut. Frank menjual kepada The Joe Lowe Company di New York.

cetakan ice cream popsicle

Es loli atau es popsicle di Indonesia semakin populer karena makin melebarnya kreasi bahan yang digunakan. Umumnya es loli ini paling mudah dibuat dari susu yang kemudian dibekukan. Namun seiring berjalannya waktu, buah-buahan dan jenis topping lainnya menambah variasi es loli. Tampilan es loli semakin bewarna dan pilihan rasa semakin banyak.

Ice Lopipop Yang Beda Namun Memikat

Berikut ini ada beberapa es krim stik lopipop yang berbeda dari biasanya simak resepnya berikut ini:

  • Ice Cream Stik Buah Buahan

Buah berwarna warni dipadukan bukan hanya memiliki tampilan yang memikat, tapi juga berbagai vitamin bisa kamu dapatkan

Siapkan Bahan:

  • Buah-buahan (strawberry, kiwi, anggur, peach)
  • Air Putih

Proses Membuat :

  • Potong buah, campur.
  • Masukkann irisan buah ke dalam cetakan popsicle hingga penuh.
  • Tuang air putih ke dalam cetakan, masukkan stik es krim.
  • Masukkan ke dalam freezer hingga membeku.
  • Popsicle siap kamu nikmati.

Resep Irisan Buah dan Air Kelapa, Pemanis Alami Dari Air Kelapa

Air kelapa sangat baik untuk kesehatan karena kandungan elektrolit alami, juga khlor dan kalium yang cukup tinggi. Selain itu, air kelapa juga dipercaya dapat mencegah kanker dan penuaan dini. Raih banyaknya manfaat yang dimilikinya, tak ada alasan untuk anda tidak mengkonsumsinya. Kombinasikan dengan buah dalam popsicle.

Siapkan Bahan:

  • Buah-buahan seperti poin 1
  • Air Kelapa

Proses Membuat :

  • Sedikit perbedaan dengan popsicle nomor 1, karena dalam popsicle air kelapa, buah tidak dicampur, melainkan dibuat satu-persatu, maka masukkan satu jenis buah ke dalam satu cetakan popsicle hingga penuh
  • Tuang air kelapa ke dalam popsicle , dan masukkan stik eskrim ke dalamnya
  • Bekukan di dalam freezer
  • Coconut Fruity Popsicle siap dinikmati

Ice Cream Popsicle Jus Buah

Trik jadul dalam mengkonsumsi buah adalah dengan membuatnya menjadi jus untuk memudahkan menikmatinya. Anda bisa membuat popsicle dari jus buah. Untuk mempertahankan gizinya, jangan tambahkan pemanis buatan ke dalamnya. Maka manfaat buah alami bisa kamu dapatkan dengan cara natural.

Siapkan Bahan :

  • Buah-buahan

Proses Membuat :

  • Blender setengah dari buah yang kamu sukai. dan potong sisanya
  • Masukkan potongan buah ke dalam wadah cetakan, tapi jangan terlalu penuh.
  • Tuang jus buah ke dalam cetakan, dan tusukkan stik eskrim ke dalamnya.
  • Masukkan ke dalamm freezer hingga membeku
  • Fruit Juice Popsicle siap kamu nikmati.

Es krim popsicle memang terkesan sederhana. Namun dari kesederhanaannya tersebut anda jadi bebas berekspresi dalam membuat es krim stik. Anda juga dapat es krim dari bahan yang sama seperti soft ice cream. Jadi yang membedakan soft ice cream dengan hard ice cream popsicle yang sederhana hanyalah cetakannya saja.

Peluang Bisnis Ice Cream Popsicle

Bisnis es lolypop ini bisa dijalankan dengan menggunakan modal yang kecil. Bisnis es lolypop ini bisa menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan apabila dijalankan. Bisnis es loly  ini sudah banyak yang menjalankannya sehingga bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan usaha ini, tentu harus berani bersaing dengan para pengusaha lainnya dengan menciptakan es lolypop dengan porsi kecil terlebih dahulu, sambil terus berinovasi membuat es lolypop yang menarik.

peluang usaha ice cream popsicle

Demikian pembahasannya tentang pencetak es krim popsicle yang sederhana dalam pembuatan es krimnya. Namun bila bisnis tersebut dijalankan maka keuntungannya cukup menjanjikan. Target pasarnya bisa merangkuh semua kalangan, terutama anak kecil, semoga bermanfaat.