Cara Membuat Kentang Goreng

Cara membuat Kentang goreng pada pada umumnya hampir sama, tetapi ada sedikit detail yang membedakan antara Teknik yang satu dengan yang lainnya. Kentang goreng adalah salah satu jenis makanan ringan yang cukup di gemari. Kentang goreng masuk kedalam golongan snack di karenakan sifatnya yang cukup mudah di olah, aman di cerna oleh tubuh, dan harganya pun terbilang murah.

cara membuat kentang goreng

Umumnnya kentang goreng selalu disajikan dengan saus sambal sebagai bahan pelengkap ataupun cocolan. Karena dasarnya kentang goreng mempunyai rasa yang cenderung tawar yang di sebabkan oleh proses pemasakan dengan menggunakan rendaman minyak goreng yang di panaskan. Kentang Goreng atau French Fries pada awalnya di populerkan oleh rumah makan cepat saji di daratan amerika, sebut saja Mcdonalds, Burger King, hingga KFC.

Dalam kamus kata Bahasa inggris, French Fries mempuyai makna yakni kentang goreng ala prancis, hal ini merujuk dari cara pembuatannya yang di ambil dari kata Fry, dimana mempunyai arti menggoreng dalam takaran minyak yang cukup banyak. Oleh karenannya, French Fries atau kentang goreng memang sangat ideal di olah dan di goreng dalam rendaman minyak panas dengan suhu tertentu menggunakan sebuah alat yang di sebut Deep Fryer

Kentang goreng sendiri jika di kelompokan terbagi menjadi menjadi 2 jenis, yang pertama sebagai makanan pelengkap dan selanjutnya sebagai makanan ringan. Kedua jenis ini biasanya dapat di bedakan dari bentuk, atau potongan kentang yang di sajikan.

Potongan Kentang Goreng

Teknik pemotongan kentang goreng sendiri tidak sembarangan lho, beberapa jenis potongan kentang goreng yang cukup terkenal di antaranya

  • Thick Cut : potongan lurus dan agak tebal, sangat cocok di sajikan sebagai camilan karena dimensinya biasanya lebih panjan dan besar
  • Crinckle : Bentuk potongan agak bergelombang, pendek namun tebal. Biasanya jenis potongan ini di sajikan sebagai menu pelengkap untuk menu Burger, Ayam Goreng, Fish and Chips, dan makanan cepak saji lainnya
  • Curly : bentuknya lebih mirip dengan kentang goreng spiral, cocok di sajikan teman camilan atau makanan santai karena porsinya sedikit dengan potongan tipis
  • Waffle Cut : bentuk potongannya mirip dengan kue waffle, tebal dan lebar
  • Potato Wedges : lebih mirip seperti kentang yang di belah tebal menjadi beberapa bagian, dengan kulit yang sudah di kupas. Biasa di sajikan sebagai menu pelengkap atau pengganti nasi pada Steik.

Selain beberapa potongan kentang siap saji di atas, ada juga jenis potongan kentang lain yang gak kalah popular, di antaranya :

  1. Potong Bundar

Untuk salad kentang, kripik kentang homemade

Caranya:
» Letakkan kentang secara paralel. Tahan ujung belakang.
» Potong kentang dari ujung depan kurang lebih 0,5 – 1,5 cm sesuai kebutuhan. Hati-hati untuk potongan terakhirnya, karena dekat dengan jarimu.

  1. Potong Dadu

Untuk sup, semur, hash browns.

Caranya:
» Iris kentang dari empat sisi hingga berbentuk persegi panjang.
» Iris kentang memanjang dengan ketebalan yang diinginkan.
» Lalu potong setiap irisan memanjang menjadi strip.
Potong strip tersebut sesuai ketebalan yang diinginkan hingga menjadi kubus.

  1. Potong Korek Api [Julienne]

Untuk french fries

Caranya:
» Potong kentang menjadi bentuk balok.
» Iris balok menjadi bentuk papan dengan ukuran sesuai keinginan.
» Lalu potong lagi seperti batang korek api.

Modern ini memotong kentang sendiri sudah jauh lebih mudah ketimbang pada zaman dahulu. Karena pada masa sekarang sudah banyak peralatan dapur dengan teknologi terkini yang mampu memotong kentang dalam jumlah banyak dengan ukuran yang presisi. So gak usah repot-repot lagi 😀

Dalam membuat kentang goreng atau mengolah kentang goreng kita gak bisa sembarangan lho, untuk hasil yang bagus dan sempurna di butuhkan perhitungan dan Teknik tinggi dalam manajemen suhu. Karena kentang sendiri bisa dibilang mempunyai tekstur serat yang tergolong lembut apabila jika sudah masuk dalam tahap pengolahan. Sehingga di perlukan pengaturan suhu yang ideal ketika kita akan mengolahnya dalam rendaman minyak panas.

Di Indonesia sendiri saat ini sedang ngetrend menu kentang goreng unik lho, uniknya kentang goreng ini bisa di lihat dari rasa, bentuk hingga harganya yang tergolong terjangkau.3  jenis kentang goreng yang saat ini sedang hits di Indonesia :

Kentang Spiral

Kentang Goreng yang satu ini bentuknya memang bisa dibilang benar-benar unik. Kentang di potong dengan Teknik curly atau mirip seperti pembuka botol wine dengan tingkat ketebalan potongan tipis tipis. Panjang kentang ini sendiri terdiri atas beberapa ukuran, dan dengan taburan rasa yang bervariasi mulai dari pedas, asin, keju, dll.

Hash Brown Potato

Untuk kentang yang satu ini bisa dibilang baru di Indonesia, namun cukup familiar di negeri paman sam Amerika Serikat. Karena memang olahan kentang yang satu ini kerap di gunakan sebagai menu sarapan orang bule sehari-hari. Kentang Hash Brown pada umumnya berasa dari olahan kentang yang di parut besar atau kasar, atau di cincang lalu di bentuk kubus / dadu, bulat atau pipih. Memakan kentang goreng ini ada baiknya di barengi dengan menu lainnya seperti telur orak arik atau irisan daging sapi

Potato Gratin

Jika hash brown sangat popular di amerika, maka berbeda dengan potato gratin. Olahan menu kentang ni sangat di kenal luas oleh masyarakat benua eropa sejak zaman dahulu khususnya di negara perancis. Cara membuatnya juga sedikit unik, yakni kentang di potong tipis tipis, lalu di campur susu dan krim serta di taburi toping keju yang di letakan di atas adonan. Setelah siap, kentang pun tidak di goreng melainkan di panggang, sangat mirip dengan lasagna dari italia

Resep Membuat Kentang Goreng Rumahan Ala Restoran

Nah bagi anda yang gemar dengan kentang goreng restoran cepat saji, ternyata kita juga bisa lho mengkreasikannya di rumah. Caranya sederhana, dan gak sulit. Beberapa bahan pelengkap pun bisa kita dapatkan di sekitar rumah. Penasaran?? Yuk kita coba resep cara membuat kentang goreng di bawah ini :

Bahan :

  • 300 gram kentang
  • Air Dingin Secukupnya
  • Es Batu Secukupnya
  • ¼ garam
  • Minyak Goreng

Cara Pembuatan :

  • Kupas kentang hingga bersih, lalu bilas dengan air dan keringkan
  • Potong kentang sesuai selera, anda bisa menggunakan beberap Teknik pemotongan yang telah di jelaskan di atas.
  • Siapkan air dingin yang telah di tuang kedalam baskom
  • Masukan potongan kentang kedalam baskom
  • Masukan es batu dan garam kedalam baskom
  • Aduk sedikit hingga garam menyatu dengan air, lalu diamkan selama 10-15 menit
  • Setelah di diamkan, angkat kentang dari dalam baskom dan tiriskan hingga teksturnya terasa kasar
  • Mulai panaskan minyak goreng dalam wajan, gunakan secukupnya hingga kentang bisa terendam dengan baik
  • Masukan kentang goreng kedalam wajan dengan api kecil , dan goreng agak setengah matang hingga kentang berwana pucat.
  • Angkat kentang lalu tiriskan hingga kering.
  • Selanjutnya panaskan kembali minyak goreng dalam wajan dengan api besar. Masukan kembali kentang goreng yang telah di olah setengah matang.
  • Setelah warna kentang berwarna kuning kecoklatan, angkat lalu tiriskan. Dan Sajikan dengan sauce tomat, sambal ataupun mayonnaise.

Sangat simple dan mudah bukan? Ya Teknik cara membuat kentang goreng tersebut biasa di gunakan oleh para koki rumahan untuk mendapatkan hasil terbaik ala kentang goreng restoran. Tetapi pada dasarnya memang tak akan bisa menyamai karena Teknik penggorengannya yang cukup berbeda.

Kentang goreng restoran pada umumnya menggunakan mesin Deep Fryer untuk menghasilkan kentang goreng renyah dan matang merata. Mesin ini memungkinkan untuk menggoreng kentang dengan suhu tertentu sesuai waktu yang di inginkan. Oleh karenannya hasil dari kentang goreng rumahan dan restoran akan jauh berbeda, baik dari sisi rasa, tekstur hingga penampilan.

Efek Mengkonsumsi Kentang Goreng

Walaupun kentang itu mengandung banyak vitamin, protein dan gizi. Namun anda harus ingat bahwasanya Teknik pengolahan kentang goreng cukup beresiko terhadap kesehatan. Seperti yang kita ketahui, kentang goreng di olah dan di buat dengan menggunakan minyak panas dalam volume yang cukup banyak.

banner-grid-deep-fryer

Hal ini terlihat dalam pengolahan menggunakan mesin deep fryer, dimana kentang yang telah di potong kemudian di masukan kedalam rendaman minyak goreng. Tentunya efek jangka panjangnya kurang begitu bagus untuk tubuh, di sebabkan kandungan minyak goreng yang di gunakan hampir sepenuhnya terserap oleh potongan kentang. Beberapa jenis penyakit berat pun kerap mengintai para penikmat kentang goreng di seluruh dunia. Sebut saja penyakit kronis, seperti serangan jantung, gagal jantung, diabetes, hingga gangguan fungsi ginjal.

Sebuah penelitian menyebutkan, 100 gram kentang goreng yang di olah menggunakan minyak panas biasanya mengandung 312 kalori yang jumlahnya setara dengan satu porsi sarapan. Nah hal ini tentunya tidak sejalan dengan pola makan hidup sehat. Karena konsumsi kentang goreng dengan di barengi menu lain seperti nasi ataupun steik akan berpotensi membuat berat badan naik cukup drastis.

Well semoga info seputar kentang goreng ini bisa berguna untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × two =