Peluang Usaha : 10 Konsep Restoran Unik dan Menarik

Ide Restoran Unik

Restoran Unik – Bisnis kuliner adalah bisnis yang tidak akan ada habisnya. Namun semakin menjamurnya orang yang terjun kedalam dunia bisnis ini membuat semakin banyak pesaing. Banyak sekali restoran unik yang bermunculan. Oleh karena itu harus bisa kreatif dan inovatif dalam menciptakan kreasi dan ide di era sekarang ini. Kali ini Wiratech akan memberikan inspirasi dan ide bagi anda yang berniat untuk berbisnis di bidang kuliner dan berniat untuk membuka restoran sendiri. Mungkin beberapa jenis restoran ini dapat dengan mudah anda temui di Negara lain, namun ini bisa menjadi ide bagi anda yang ingin membuka usaha di Indonesia. Berikut ini adalah 10 contoh restoran unik di Eropa dan Asia.

Restoran Unik

Restoran Unik

  1. Farm to Table Restaurant

Jika anda memiliki kebun sendiri kenapa anda tidak mencoba membuka restoran langsung di kebun anda? Anda bisa menciptakan sendiri dapur dan meja makan di tengah – tengah lading perkebunan anda. Dengan konsep penghijauan seperti ini pasti akan menarik banyak pengunjung. Jangan lupa untuk menyediakan beragam menu sehat agar sejalan dengan lingkungan restoran anda sendiri.

  1. Pancing dan Masak Sendiri

Punya hobi memancing? Kenapa tidak berbagi saja hobi anda kepada komunitas memancing anda dengan menciptakan restoran sendiri. Konsepnya sederhana, para tamu bisa langsung memancing ikan yang mereka mau dan memasaknya sesuai dengan keinginan mereka. Tentunya ini akan menjadi kesenangan sendiri bagi mereka yang memiliki hobi memancing, apalagi jika anda menyiapkan beraneka jenis ikan yang besar dan segar.

  1. Dark Dining

Konsep yang satu ini mungkin masih awam di Indonesia. Namun anda mungkin bisa menjadikannya sebagai peluang bagi usaha anda. Makan di dalam gelap, simple saja. Ini mungkin akan menjadi pengalaman yang unik bagi pelanggan anda. Dengan lampu yang dipadamkan akan membuat indra perasa yang lain menjadi lebih kuat, sehingga makanan yang anda buat pasti akan semakin terasa lezat.

  1. DIY – Do it Yourself

Bila pada umumnya restoran sudah mempersiapkan koki untuk memasak makanan mereka maka kali ini anda bisa membaliknya, buat pelanggan anda memasak sendiri makanannya. Anda cukup menyediakan alat dan bahan-bahan sesuai menu yang mereka inginkan dan biarkan mereka meraciknya sendiri. Pengalaman memasak yang tentu tidak akan terlupakan oleh para pelanggan anda. Pastinya jangan lupa menyiapkan koki yang handal untuk mendampingi pelanggan anda ya.

  1. Komik Kafe

Punya banyak buku komik atau majalah dirumah? Kenapa tidak menjadikan mereka sebagai konsep usaha kuliner anda. Anda bisa membuat restoran yang mirip dengan perpustakaan dimana pelanggan dibebaskan untuk bisa menyantap hidangan anda sambil membaca buku yang mereka suka. Unik bukan?

  1. Funeral Cafe

Ini mungkin konsep restoring yang paling unik yang pernah anda temui. Anda bisa menyiapkan restoran dengan desain yang mirip seperti konsep pemakaman ala jepang atau inggris yang terkesan mewah. Sajikan makanan dengan tema yang agak horror sehingga semakin terlihat unik.

  1. Restoran Dalam Apartemen

Punya apartemen dan jarang dipakai? Kenapa tidak mencoba membuat restoran dalam apartemen. Lingkungan apartemen yang mewah pastinya akan membuat pelanggan anda betah berlama-lama, apalagi jika pemandangan dari dalam aprartemen anda terbilang bagus. Jangan lupa untuk meminta izin pihak keamanan apartemen agar tidak dicurigai ya!

  1. Restoran Masa Depan

Pada umumnya restoran masa sekarang disajikan secara manual oleh pelayan. Namun bagaimana dengan restoran masa depan? Mungkin anda bisa menciptakanr restoran ala masa depan dimana robot – robot digunakan sebagai pelayan atau pun koki. Buat menu yang juga unik dan menarik menggunakan teknik gastronomi. Dijamin restoran anda akan menjadi favorit banyak orang.

  1. Food truck

Ini adalah jenis restoran yang sudah mulai menjamur di Indonesia. Tidak ada salahnya jika anda juga ikut berbisinis dengan menggunakan food truck. Keuntungannya anda bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dan anda bisa promosi dengan mudah produk makanan yang anda jual.

  1. Animal Cafe

Punya banyak binatang peliharaan? Kenapa tidak mencoba membuat kafe dengan konsep binatang peliharaan. Tata tiap kandang binatang peliharaan anda dengan rapih sehingga bisa menjadi tontonan bagi para pengunjung. Atau jika peliharaan anda adalah hewan yang bersahabat seperti kucing atau anjing, anda mungkin bisa melepasnya dan membiarkan mereka berinteraksi dengan para pelanggan. Anda juga bisa membiarkan para pelanggan untuk membawa binatang peliharaan mereka. Jangan lupa sediakan juga makanan untuk para hewan agar tidak mengganggu saat para pelanggan sedang makan.

Bagaimana Restoran Unik di atas? Bisa jadi peluang usaha baru kan

 

Rat