Vacuum Sealer Omicko, Mau Tau Ulasannya ? Cekidot

Vacuum Sealer Omicko

Vacuum sealer omicko tergolong mesin kemasan vakum yang portable. Karena memang mesin ini dirancang lebih simpel untuk kebutuhan bisnis rumahan atau kebutuhan pribadi agar lebih mudah dalam penggunaannya. Mesin kemasan elektrik ini dapat panas secara instan sehingga begitu dinyalakan langsung bisa digunakan.

Vacuum Sealer Omicko

Mesin ini berukuran: 360mm X 54mm X 50mm Lebar plastik: max 28cm. menggunakan plastik khusus, plastik emboss Mesin ini berfungsi untuk membungkus ataupun menyegel makanan Anda agar tetap fresh, awet, dan segar. Mesin ini bukan tidak digunakan untuk produksi masal, Namun hanya cocok untuk keperluan rumah tangga dan industri rumahan.

Vacuum sealer ialah alat yang digunakan untuk memvakum udara di dalam kemasan plastik serta mensealer kemasan plastik ditutup menjadi kemasan. Melalui proses tersebut maka produk yang ada di dalamnya akan aman dan terhindar dari kerusakan. Karena udara di dalam kemasan akan menyebabkan proses dioksidasi bila tidak dikeluarkan. Perkembangan oksigen akan ditekan sedemikan rupa sehingga bakteri tidak akan berkembang biak.

Bila udara tersebut tidak dikeluarkan tentunya akan terjadi proses oksidasi alami yang berujung pada kerusakan suatu produk. Vacuum sealer memang banyak membantu dalam hal proses packaging suatu produk, menjadikan produk lebih awet 2 hingga 3 minggu. Dengan proses pengemasan vakum dapat menyelamatkan produk makanan agar lebih awet tahan lama.

Vacuum sealer juga dapat membantu proses pengawetan makanan seperti: bakso, kerupuk, sosis, fresto, ikan, frozen food sampai beras. Bahan makanan tersebut bukan hanya awet disimpan tetapi permanen terlihat segar meski disimpan dalam jangka waktu yang lama. Harga mesin vacuum sealer dipasaran tergantung dari tipe dan ukurannya semakin besar vacuum sealer tersebut. Maka otomatis semakin mahal pula harganya. Manfaatnya pun tentunya sesuai ukuran produk yang akan di vacuum sealer karena mesin vacuum sealer ukurannya mengikuti kemasan produknya.

Keunggulan Vacuum Sealer Omicko

  • Sealer elektrik ini dapat panas secara instan sehingga begitu dinyalakan langsung bisa digunakan.
  • Benda yang dikemas dalam plastik hampa udara akan terjaga bentuk aslinya dalam waktu yang cukup lama.
  • Alat press plastik ini merekatkan plastik dengan menggunakan panas dan membuat plastik saling merekat satu sama lain. Sehingga hampir tak ada udara luar yang masuk ke dalam wadah yang sudah dibungkus plastik.
  • Alat ini sangat cocok digunakan untuk anti jamur, anti oksidasi, anti pembusukan dan anti karatan.
  • Vacuum sealer ini dapat digunakan untuk membungkus ataupun menyegel makanan Anda agar tetap fresh, awet, dan segar. Anda juga dapat menggunakan sealer elektrik ini untuk melakukan pengemasan bagi produk makanan yang akan Anda jual.
  • Cara penggunaannya sangat mudah layaknya kita menggunakan Streples dan menariknya kesamping secara horisontal. Plastik kemasan yang tipis akan terpotong dengan rapi dan merekat erat terhadap makanan yang dibungkusnya. Sealer elektrik ini dapat panas secara instan sehingga begitu dinyalakan langsung bisa digunakan.

Berikut Cara Pengoperasian Vacuum Sealer Omicko :

  • Pertama persiapkan dan cek mesin, kemudian hubungkan kabel pengalir daya ke Stop Kontak ( Aliran Listrik PLN ).
  • Mesin vakum portable ini akan hidup secara otomatis tanpa menekan tombol apapun.
  • Alat Pres Plastik Kedap Udara siap dioperasikan, siapkan dahulu kemasan yang sudah diisi produk anda.
  • Arahkan plastik kemasan yang berisi produk anda kedalam vacuum sealer namun jangan melebihi lubang penyedot udaranya, jadi minimal tepi kemasan posisinya berada sebelum lubang penyedot udaranya.
  • Setelah posisi plastik kemasan pas, kemudian tutup pengatinya di kanan dan kiri mesin tersebut.
  • Kemudian tekan tombol lampu hijau untuk vakum sekaligus sealing pada Alat Pres Plastik Kedap Udara untuk memulai proses vakum dan sealing kemasan.
  • Kemudian tunggu proses vakum sealing berlangsung semua udara yang ada di dalam plastik kemasan akan di sedot dan lampu akan berubah warna menjadi warna merah karena proses penyegelan berlangsung dan bila telah selesai lampu akan berubah warna menjadi hijau kembali.
  • Kemudian buka katup udara yang ada di tengah berwarna hitam agar udara yang di sedot tadi bisa keluar.
  • Kemudian buka pengaitnya di kanan dan kiri.
  • Produk anda sudah terkemas rapat, rapi, dan hampa udara. Serta siap untuk dijual atau didistribusikan.

REVIEW Vacuum Sealer DZ Portable Wirapax - Mesin Sealer Kemasan Untuk Makanan Kering dan Basah - YouTube

Manfaat Penggunaan Mesin Vacuum Sealer

  • Membantu pengemasan makanan yang akan dipasarkan awet dan tahan lama.
  • Mesin vacuum packaging memang biasa digunakan untuk mengamas makanan Froozen agar tetap fresh saat ingin dinikmati.
  • Kini mesin vakum sealer tidak hanya digunakan untuk makanan Froozen saja tapi juga digunakan untuk mengedap udara makanan kering dalam kemasan seperti kacang kacangan, dan makanan lainya yang membutuhkan pengamasan yang baik agar makanan yang dijualnya awet.
  • Bahkan tidak hanya makanan saja tapi juga kosmetik yang membutuhkan pengemasan dengan kedap udara.
  • Juga digunakan untuk mengedap udara pengemasan alat perkakas.
  • Higienis dan terhindar dari kontaminasi atau kerusakan. Terdapat berbagai bateri pembusuk di lingkungan kita. Selain berperan untuk membusukkan hewan yang sudah mati atau sayuran yang layu, bakteri tersebut dapat merusak baik makanan matang maupun makanan yang belum diolah. Bakteri juga dapat masuk ke kemasan jika terjadi kebocoran. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, kemasan yang hampa udaralah yang dapat mengatasinya. Dengan demikian produk akan terjaga tingkat kehigienisannya dan terhindar dari kontaminasi atau bakteri lainnya.
  • Produk fresh dan cita rasanya terjaga. Karena kosongnya udara di dalam kemasan produk lebih berkualitas dan terjaga kesegarannya. Produk seperti sosis atau olahan daging lainnya pun lebih segar jika menggunakan vacuum sealer dibandingkan dengan non vacuum.
  • Bisa untuk mengemas berbagai produk. Selain produk olahan daging, mesin vacuumjuga dapat digunakan untuk produk makanan lainnya, seperti keripik. Bahkan mesin ini juga dapat berperan untuk produk non makanan.
  • Pemasaran lebih luas. Produk yang dikemas menggunakan vacuumdapat dipastikan lebih tahan lama. Oleh karena itu, produk dapat disebarluaskan dengan jarak dan waktu yang jauh. Kemasan hampa udara ini tentu sangat memudahkan produsen dan distributor untuk meningkatkan penjualan produk.
  • Good Looking packaging. Langkah pertama dalam memilih konsumen biasanya dapat dilihat dari tampilan kemasan. Dengan kemasan yang menarik dan exclusive dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dalam memanfaatkan produk. Sebaliknya, jika kemasan tidak memiliki nilai jual, konsumen tidak akan melirik sedikit pun.

Dalam industri frozen food mesin vacuum sealer sangat berperan sekali dalam mengemas produk makanan tersebut. Karena pengemasan vacuum dapat menghambat perkembangbiakan bakteri yang dapat membuat makanan menjadi busuk.

Tujuan pengemasan sendiri adalah untuk melindungi makanan dari kekeringan selama disimpan didalam freezer. Pengemasan yang tepat akan menjaga rasa, warna, kandungan air dan nutrisi makanan yang terdapat dalam frozen food. Kemaslah makanan dengan tempat dan jangan terlalu besar dan banyak isinya karena akan membuat makanan sulit beku.

Ada beberapa ciri-ciri pengemasan makanan yang baik adalah sebagai berikut :

  • Tahan air dan penguapan.
  • Tidak mudah retak atau pecah dalam suhu dingin misalnya botol yang biasanya mudah pecah didalam freezer.
  • Kemasan untuk makanana haruslah kemasan yang tidak meninggalkan bau dan tidak berasa.
  • Mudah digunakan, dapat diberi label dan ditutup (sealing/vacuum)
  • Tidak memakan tempat dan murah.

Kemasan Yang cocok untuk Frozen Food :

  • Plastik vacuum untuk mengemas frozen food dengan system vacuum yang menyedot udara di dalam kemasan. Mengemas frozen food dengan system vacuum, menggunakan mesin vacuum ini juga membuat umur simpan makanan lebih panjang.
  • Plastik kemasan berbahan PE yang kuat di suhu dingin dan lebih fleksible. Mesin yang digunakan cukup sealer machine saja. Cocok untuk kemasan bulky dan menengah bawah.

Cara Simpan dan Mengawetkan Frozen Food

  • Agar tahan lama makanan yang sudah diolah harus disimpan disuhu dingin 0-10 derajat C dan Beku suhu -18 derajat C.
  • Di Kulkas frozen dalam kondisi vacuum bisa bertahan 3-5 hari dan suhu beku bisa bertahan sampai 6 bulan.
  • Untuk hasil terbaik saat menyimpan makanan harus dalam kondisi terkemas rapat. Jika tidak sempat mengemas hari itu makanan sebaiknya dimasukkan dalam wadah tertutup (tapper ware atau kantong plastik). Sehingga terhindar dari kekeringan (injury burn).

Mesin Vacuum Sealer Makanan Food Packing omicko Mini - Elektronik Rumah Tangga - 776101030

Demikian pembahasannya tentang vacuum sealer omicko yang sangat portable dan juga keunggulannya, cocok untuk industri kecil rumahan dan keperluan pribadi. Serta perihal lain yang terkait dengan mesin kemasan ini secara umum, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp