Usaha Frozen Food Rumahan

Usaha frozen food rumahan cukup menjanjikan dan menguntungkan bila anda jalani karena bisnis ukm frozen food rumahan memiliki potensi besar. Frozen food rumahan dinilai unik, bersih alias terjaga sehatnya, dan juga terbuat dari bahan-bahan alami tidak berbahaya untuk kesehatan.

Usaha Frozen Food Rumahan

Sekarang banyak orang yang tak memiliki waktu untuk memasak karena kesibukannya bekerja. Sehingga frozen food menjadi menu pilihan paling instan. Peluang usaha ini dapat anda coba frozen food rumahan. Apalagi saat ini peluang usaha frozen food sudah banyak jenisnya mulai dari usaha frozen food bakar, usaha frozen food goreng hingga usaha frozen food rebus

Ide bisnis frozen food dapat anda jalani dimana saja termasuk di rumah. Jadi Anda bisa membuka peluang usaha frozen food rumahan. Untuk membuka usaha frozen food makanan beku ini sebenarnya sama saja dengan membuka usaha kuliner lainnya hanya saja usaha makanan beku ini masih tergolong baru. Jadi tak semua orang mengetahuinya.

Produk makanan yang kini semakin banyak dikembangkan dan dijual ialah bentuk makanan beku atau biasa disebut frozen food. Mengapa frozen food semakin banyak dikembangkan dan digemari oleh konsumen ?, masyarakat sekarang melihat dari sisi kepraktisan saat akan diolah. Selain itu umumnya frozen food juga bisa dikreasikan menjadi beragam jenis menu yang tentunya sesuai dengan selera konsumen.

Hal itulah yang menyebabkan permintaan produk frozen food semakin meningkat. Tak heran bila kini banyak ibu rumah tangga ikut terjun dalam membuat produk frozen food karena bisnis ini dinilai menguntungka. Bisnis fozen food dituntut untuk semakin memberikan produk dan juga layanan yang memuaskan agar usahanya dapat bertahan dan disukai banyak orang. Berikut ini beberapa panduan untuk anda yang ingin menjalankan usaha frozen food rumahan.

Cara Memulai Usaha Frozen Food Rumahan

Anda harus menentukan bahwa apakah anda ingin menjual frozen food milik orang lain atau ingin membuat sendiri makanan beku anda. Bila anda sudah menentukan maka anda berhak untuk berlanjut ketahap berikutnya.

bisnis frozen food

  • Tentukan Produk yang akan anda jual

Tentukan terlebih dahulu produk seperti apa yang akan anda jual. Apakah udang, bakso, atau lainnya. Kenapa ini penting? Alasannya adalah karena anda tidak mungkin membuat produk yang disukai semua orang.Memilih produk yang akan anda buat atau jual akan menentukan langkah yang tepat untuk mempromosikan barang yang anda jual. Ini juga akan memudahkan. Anda juga bisa menjual frozen food dalam bentuk siap makan. Misalnya menjual aneka makanan dan jajanan bakar.

  • Memikirkan modal

Perhitungkan kebutuhan modalmu. Frozen food memerlukan freezer dan alat packaging yang anti udara. Bila anda tidak punya modal, bisa dengan meminjam ke bank. Banyak program yang ditujukan untuk pebisnis pemula, misalnya saja Kredit Usaha Rakyat BRI atau Mitra Usaha Mandiri.

  • Pilih Peralatan

Bisnis makanan frozen sebenarnya bisnis yang simple, sederhana, namun jangan menyepelekan modalnya. Anda butuh freezer dan alat pembungkus (packaging) yang cukup mahal jika kantongmu kempis.

Anda bisa menyesuaikan keuangan dengan jenis peralatan. Nah jika kehabisan uang, cobalah untuk menitipkan frozen foodsmu di restoran atau minimarket. Triknya adalah membagi sebagian keuntungan dengan mereka.

  • Metode Pemasaran

Nah sekarang pikirkan metode pemasaranmu. Misalnya bagaimana anda akan mengenalkan produk. Bisa saja dengan mulut ke mulut melalui orang-orang yang akan kita kenal. Ataukah akan memperbesar usaha melalui sistem online

  • Go Online, Go Social Media

Oke sekarang pikirkan untuk memperbesar usahamu melalui online. Kelebihan frozen food adalah ia bisa tahan lebih dari satu hari. Jadi anda bisa menjual produk dengan target lokal kota/kabupaten. Menggunakan sosial media seperti Facebook atau instagram untuk menarik pelanggan adalah ide cemerlang.

Jika mau lebih banyak pelanggan, bersaing di Google adalah pilihan asyik. Ada dua teknik yang bisa kita gunakan, satu adalah SEO lokal dan satunya adalah Google Adwords Lokal. Teknik pertama bisa lebih murah atau lebih mahal daripada kedua, tergantung cara pemakaian.

  • Dapatkan Lisensi Makanan

Jika anda memang ingin memperlebar usaha, maka mendapatkan lisensi makanan adalah hal wajib. Untuk izin makanan selain daging, cukup ke dinas perindutrian setempat atau hanya PIRT saja. Nah beda lagi kalau daging, kita harus mengurus ke BPOM juga, Ini cukup mahal.Jangan mengabaikan lisensi kecuali hanya berjualan ke saudara atau tetangga ya sob. Bisa bisa anda dibawa ke ranah hukum.

  • Tambah Networking dan Teman

Iya sob. Silahkan tawarkan frozen foodsmu ke komunitas, makin banyak yang tahu makin laris kan produkmu.Penting juga, silahkan tawarkan frozen foodmu ke swalayan atau supermarket. di sana banyak orang membutuhkan frozen food.

  • Distributor atau Reseller

Nah ini adalah langkah awal kalau anda ingin memperbesar usahamu namun belum berani membuka cabang. Anda bisa mencari distributor secara sukarela. Resikonya pun kecil karena mereka bukan karyawan. Kalian sama-sama pengusaha

  • Waralaba UKM bisnis frozen food

Bisnis Waralaba sekarang bertebaran. Banyak kok yang sukses membisniskan frozen food secara waralaba. Waralaba itu biasanya khusus berjualan frozen food anda, kalau distributor kan dicampur dengan berjualan lainnya. Nah anda pikirkan mana yang cocok untuk bisnismu.

  • Spesialis dan Nilai tambah

Kalau kita hanya menjual nugget dan bakso yang sama dengan yang ada di Indomaret. Cara bisnisnya pun sama, yakni menunggu pembeli. Bisnis kita bakalan susah maju. Nah untuk itu sobat harus berspesialis dan sebaiknya unik. Pelayanannya pun harus jemput bola.

Jenis Frozen Food Yang Dapat Dikembangkan

  • Sosis

Makanan olahan dari daging sapi atau ayam ini kini banyak peminatnya. Biasanya yang menyukainya adalah anak-anak. Untuk membuka usaha ini Anda membutuhkan mesin sosis. Mesin sosis sendiri ada yang bervariasi ada yang mesin giling digiling langsung cetak sosis namun ada juga yang satuan jadi mesin daging dan mesin cetak dijual terpisah. Sosis juga ada dua jenis, ada sosis yang kemasannya bisa langsung dimakan ada sosis yang kemasannya plastik. Dan biasanya sosis yang langsung bisa dimakan harganya lebih mahal.

  • Bakso

Bpk. Yulianus, BSD, Paket Bakso

Meski bakso banyak dijual di mana saja, namun bukan berarti  jenis frozen food yang satu ini tidak laku di pasaran. Justru kaum ibu banyak mencari jenis bakso yang siap saji yang dicampur pada masakan seperti sup. Nah untuk membuat bakso Anda bisa dibantu dengan mesin giling daging dan mesin cetak bakso. Ada juga mesin bakso yang bisa untuk mencetak sosis. Jadi Anda bisa membuka usaha frozen food dua macam sekaligus. Namun jika Anda belum memiliki modal untuk membeli mesin Anda bisa mencetaknya dengan menggunakan sendok yang dibentuk bulatan.

  • Siomay

Makanan yang terbuat dari olahan ikan tenggiri ini juga termasuk jenis usaha frozen food rumahan yang banyak dicari pembeli. Biasanya siomay bukan untuk lauk namun dijadikan camilan. Nah untuk membuka usaha ini Anda membutuhkan mesin giling ikan dan alat pencetak siomay. Namun jika Anda belum memiliki banyak modal Anda bisa mengolahnya dengan tangan.

  • Nugget

Makanan olahan dari daging ayam, ikan, dan sapi yang diberi tepung panir ini ternyata berkembang pesat setelah merek frozen food ternama meluncurkannya. Bahkan makanan ini menjadi rajanya frozen food. Cara membuatnya dengan menggiling halus daging kemudian dicampur dengan tepung, bumbu dan air sehingga mengemulsi. Setelah itu, baru digoreng hingga matang. Setelah itu, produk ini dikemas dan dibekukan. Untuk mengkonsumsinya nugget bisa juga digoreng kembali.

  • Fish Stick

Salah produk dari frozen food yang terbaru bernama fish stick yang merupakan potongan daging ikan tanpa tulang. Biasanya terbuat dari ikan kakap dan tenggiri karena dagingnya yang tebal dan mudah difilet lalu dagingnya yang  dipotong-potong menjadi balok-balok kecil dengan ukuran 5 x 1,5 x 1 cm.

  • Risol

Makanan yang terbuat dari tepung terigu, telur, daging cincang, sayuran kentang, wortel  dan seledri ini berbentuk lonjong. Dan biasanya disajikan dalam bentuk digoreng. Meski banyak dijual di pasaran namun ternyata produk frozen ini banyak juga yang memesan.

  • Pempek

Makanan khas Sumatera selatan ini ternyata masuk ke dalam jenis usaha frozen food. Karena pempek merupakan makanan yang awet ketika dibekukan. Namun, pempek agak berbeda dengan jenis usaha frozen food rumahan lainnya. Makanan ini juga harus ditaburi dengan terigu untuk meningkatkan keawetannya.

  • Tekwan Instan

Tak banyak yang kenal dengan makanan yang satu ini, padahal ini juga makanan khas Palembang seperti halnya pempek. Baru-baru ini, tekwan juga dijadikan sebagai salah satu usaha frozen food rebus. Karena setelah dibekukan tekwan harus direbus agar kenyal dan bisa langsung dimakan dengan kuah yang sudah diberi bumbu bawang putih, garam, rebon dan lain.

  • Tempura Ikan

Tempura ikan juga menjadi salah satu jenis frozen food. Bahkan usaha frozen food goreng ini menjadi jenis yang paling diminati setelah nugget. Banyak yang berpikir membuat tempura sama dengan membuat nugget padahal berbeda. Tempura dicelup dalam adonan kemudian digoreng sementara nugget dibungkus secara berurutan ke dalam tepung sebelum digoreng.

Adonan tempura juga berbeda dengan nugget, terbuat dari campuran terigu protein rendah dengan telur ayam yang dikocok lepas kemudian ditambahkan dengan air es. Setelah itu adonan dicampur dengan menggunakan sumpit. Umumnya tempura tidak merata dan berisi gumpalan tepung gal inilah yang membuat hasil akhir tempura yang krispi dan tidak keras.

Tips Sebelum Membuka Usaha Frozen Food Rumahan

Anda harus mempelajari dengan bagaimana cara membuat produk frozen food. Jika Anda tak memiliki pengalaman untuk membuat produk ini maka lebih baik ikut kursus saja. Karena makanan ini memiliki tahapan yang sanga penting mulai dari pemilihan bahan, proses pengolahan, pengepakan dan juga penyimpanan.

Sebelum memutuskan untuk berbisnis ini maka tentukanlah jenis frozen food yang ingin Anda jual, apakah usaha frozen food bakar, usaha frozen food rebus/ kukus atau usaha frozen food goreng. Gunakanlah bahan baku yang berkualitas baik. Meskipun harga jual menjadi lebih tinggi lebih baik untuk menjamin kualitas dan kepuasan pelanggan. Saat ini sudah bertaburan merek-merek frozen food maka buatlah merek yang unik dan mudah diingat dan jangan sampai mirip dengan merek frozen food lainnya.

Selalu mengikuti tren terbaru dan melakukan inovasi agar produk yang Anda jual tidak monoton. Selain itu, Anda harus bisa menerima masukan dari pelanggan mengenai rasa dan kualitas produk Anda. Sehingga Anda bisa memperbaikinya dan kualitas produk Anda menjadi lebih baik lagi.

Demikian pembahasannya tentang bisnis Usaha frozen food rumahan yang menjanjikan banyak keuntungan dan pantas untuk dikembangkan.