Peluang Usaha Franchise

Apa sih franchise?

Pasti anda sering mendengar kata “franchise” dan bertanya apa sih franchise itu?

Mungkin sudah banyak yang tau,namun tidak sedikit yang masih belum paham.

Ya benar, Booth/stand jajanan yang bertebar di pinggir jalan,toko-toko atau di Mall. Misalnya yang sering kita lihat Cappucinno cincau,Ice Bubble, Tahu Bulat, Fried chicken, Kebab,dll.. salah satunya.

Baik, mari kita pahami pengertian franchise yang sesungguhnya

Jika anda punya modal, ingin berbisnis tetapi belum tahu mau bisnis apa, dan tidak perlu merintis bisnis dari awal karena khawatir dagangan tidak laku karena brand yang belum terkenal dan resiko lainnya, nah franchise ini cocok untuk anda.

peluang usaha donat
peluang usaha donat

Dalam bahasa Indonesia, istilah franchise sendiri biasanya dikenal dengan waralaba. Franchise atau waralaba adalah sebuah metode dalam sistem penjualan barang atau jasa yang membentuk hubungan kerjasama bisnis antara franchisor (pemilik usaha) dengan franchisee (pemilik modal/investor).

  • Franchisor (Pewaralaba), yaitu pihak yang menjual atau meminjamkan hak dagangnya, atau merk dagangnya serta sebuah sistem bisnis untuk menjalankan bisnis tersebut.
  • Franchisee (Terwaralaba), yaitu pihak yang membayar royalti dan biaya lainnnya untuk dapat menggunakan merk dagangnya serta sistem bisnis yang telah dirancang oleh franchisor.

Bagai simbiosis mutualisme franchisee dan franchisor adalah kerjasama yang saling menguntungkan dan membutuhkan satu sama lain. Franchisor butuh modal dan perluasan jaringan, franchisee butuh produk terkenal yang mudah dijual dan dipasarkan.

Seorang yang membeli franchise diuntungkan karena ia tidak perlu repot-repot menyiapkan, menentukan, memasarkan produk yang akan dijual dari nol. Cukup tinggal jalankan saja dan menjual produk yang kebanyakan sudah dikenal masyarakat luas. Bagi franchisor, mem-franchisekan bisnisnya adalah peluang untuk mengembangkan bisnis dan melebarkan sayap usaha penjualan produk-produknya secara lebih luas tanpa harus mengeluarkan modal yang besar, tanpa harus membuka gerai sendiri di berbagai tempat, yang tentunya menguras modal yang besar. Maka, kontrak kerja seperti inilah yang disebut franchise.

Dan biasanya franchise ini adalah perusahaan yang sudah terkenal dan sudah terjamin dari segi kualitas produk, pelayanan dan cara memasarkan produknya. Dengan semakin banyaknya franchisee (orang yang membeli franchise) maka semakin kuat jaringan bisnis yang dimilikinya.

(tts)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen − four =