Tips Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Tips Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Puasa atau saum dalam bahasa Arab artinya upaya mencegah atau menahan diri untuk tidak makan dan minum dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa yang paling umum dilakukan saat Ramadan. Selain menahan untuk tidak makan dan minum, puasa juga diartikan untuk melatih diri kita agar tidak melakukan perbuatan buruk, seperti hawa nafsu dan amarah.

tips cegah bau mulut

Puasa mengajarkan kita juga untuk lebih sabar karena menahan diri. Selain itu, juga sebagai upaya untuk melatih diri menjadi pribadi yang lebih baik. Ada pengertian menarik lainnya dari sisi orangtua. Biasanya para orangtua juga mengajarkan arti puasa untuk menghargai dan turut merasakan kehidupan warga yang tidak mampu atau sulit makan.

Para orangtua memberikan nasihat tersebut kepada anak-anaknya agar ikut turut menghargai atau merasakan orang miskin tersebut. Tujuannya, agar anak-anak mereka bisa lebih bersyukur atas apa yang dimiliki saat ini. Menarik sekali bukan?

Namun, ada satu yang unik dari menjalankan puasa, yaitu munculnya bau mulut. Tidak mengonsumsi apa-apa selama seharian ternyata dapat memicu bau mulut. Hal tersebut tentu sangat mengganggu jika kita harus berbincangan dengan orang lain. Kita akan merasa risih dan tidak percaya diri. Lalu apa sih berbagai penyebab munculnya bau mulut saat berpuasa?

  • Penyebab Bau Mulut

Munculnya bau mulut dapat membuat turunnya rasa percaya diri. Hal tersebut sering terjadi saat berpuasa terutama pada Ramadan. Maka dari itu, sebisa mungkin saat mengobrol tidak terlalu dekat atau bahkan hingga menggunakan masker. Jadi sebenarnya apa sih alasan munculnya bau mulut saat berpuasa?

  • Produksi air liur berkurang

Saat berpuasa kita tidak mengonsumsi makanan dan minuman apa pun. Hal tersebur dapat memicu produski air liur berkurang akibat tidak ada asupa yang masuk ke tubuh. Air liur adalah cairan pembersih alami yang mengandung enzim untuk mencerna serat dan glikoprotein. Air liur juga berguna sebagai sistem imun untuk menghadang bakteri dan virus yang masuk. Kurangnya produksi air liur ini membuat rongga mulut kering dan menimbulkan bau mulut.

  • Masalah kesehatan gigi dan mulut

Poin kedua memang terlihat spele. Anda hanya perlu selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Bahkan kebersihkan gigi dan mulut memengaruhi asam lambung. Setiap selesai mengonsumsi makanan rajinlah menyikat gigi. Sisa makanan yang terselip pada gigi, lidah, dan gusi bisa menjadi sarang bakteri yang berkembang biak. Hal itu juga dapat menyebabkan bau mulut terjadi.

  • Kesehatan pencernaan

Cairan pencernaan ini akan tetap keluar meski tidak ada asupan makanan selama puasa. Kondisi tersebut mampu memengaruhi lapisan perut, sehingga muncul bau busuk seperti makanan basi. Proses metabolism menggunakan cadangan lemak dalam tubuh yang melepaskan bahan kimia berupa keton yang keluar bersamaan dengan napas. Alhasil, aroma mulut menjadi tidak segar.

Cara Mencegah Bau Mulut

15 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa, Terbukti Ampuh!

Setelah tau beberapa pemicu atau alasan bau mulut saat berpuasa, berikutnya kita perlu membahas cara pencegahannya. Bukan suatu hal yang baru, saat berpuasa pasti akan menimbulkan aroma mulut yang tidak sedap. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mencegah terjadinya bau mulut.

  • Hindari konsumsi makanan beraroma menyengat

Selain bau mulut yang tidak sedap karena kurangnya produksi air liur, beberapa makanan juga bisa jadi pemicu. Misalnya seperti jengkol, petai, dan bawang bombai. Dalam sehari-hari mungkin Anda bisa mengalinya dengan mengonsumsi permen atau timun. Tapi bagaimana saat sedang berpuasa? Meskipun sudah sikat gigi, kadang aroma yang muncul dari makanan / takjil tersebut masih ada. Jadi, tahan selera dulu yah.

  • Hindari konsusi makanan mengandung kadar gula tinggi

Makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan munculnya bakteri. Bakteri akan betah dan berkembang biak sangat pesat bila masih banyak gula yang tersisa di dalam mulut. Yuk hindari atau setidaknya kurangi pengonsumsiannya untuk tidak terlalu banyak. Secukupnya dan sewajarnya saja.

  • Isap dan kunyah jeruk

Beruntung kalau dapat jeruk yang manis bagaimana yang asam? Hihi. Jeruk atau lemon memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Aroma jeruk ternyata mampu menyegarkan bau mulut. Keduanya bisa meningkatkan produksi air liur, sehingga rongga mulut tidak terasa kering atau berbau. Bahkan kulitnya sering dimanfaatkan sebagai aroma ruangan lho.

  • Minum banyak air putih

Kalau cara pencegahan yang satu ini tentu sangat umum dan mudah diterapkan bukan? Saat berbuka dan sahur konsumsilah air putih yang banyak. Bahkan salah satu iklan minuman mineral juga menganjurkan untuk banyak minum air putih dengan ukuran 2 gelas berbuka, 4 gelas saat malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Selain, bagus untuk mencegah bau mulut juga dapat membersihkan organ dalam tubuh.

  • Berkumur dengan air garam

Haduh, kalau yang satu ini mungkin tidak banyak orang yang mau mencoba bukan? Tapi siapa sangka bahwa kandungan air garam juga mampu mencegah aroma bau mulut yang tidak sedap. Larutkan satu sendok teh garam dengan air hangat. Berkumurlah selama 30 detik dan buang. Air garam bekerja sebagai antiseptik yang bisa mengusir bakteri penyebab bau mulut.

Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Infografis | Tips Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Bagaimana jika sudah terjadi? Aroma mulut sudah telanjur muncul saat sedang berpuasa. Jangan khawatir Anda bisa melakukan beberapa tips berikut untuk menghilangkan bau mulut. Yuk disimak!

Sikat gigi

Sikat gigi adalah hal yang sangat umum dilakukan untuk menghilangkan bau mulut. Anda bisa melakukannya setelah sahur atau bangun tidur. Pastikan disikat secara menyeluruh termasuk ke sela-sela gigi. Sikat gigi juga bisa Anda lakukan di sore hari. Namun, menurut ajaran Islam memiliki hukum yang makruh. Jadi, jika Anda tidak pergi beraktivitas di luar akan lebih baik tidak usah. Sikat gigilah jika diperlukan.

Bersihkan lidah

Selain gigi, lidah juga bisa menjadi sarang bakteri muncul. Napas menjadi tidak sedap. Beberapa sikat gigi modern saat ini sudah dilengkapi alat pembersih lidah yang bisa Anda gunakan. Atau Anda juga bisa membeli alat pembersih lidah khusus yang dijual terpisah. Pastikan alat pembersih lidah selalu dalam keadaan higienis.

Berkumur dengan mouthwash

Obat kumur yang satu ini juga ampuh digunakan untuk memberi efek segar dan menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Pilihlah mouthwash nonalkohol dan pastikan juga bisa membunuh bakteri di dalam mulut. Berkumurlah secukupnya jika dibutuhkan.

Memanfaatkan cuka apel dan soda kue

Selain menggunakan mouthwash, cuka apel dan soda kue juga bisa Anda andalkan. cuka apel memiliki senyawa asam asetat yang bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri. Sedangkan soda kue mengandung natrium bikarbonat yang efektif membunuh bakteri di dalam mulut.

Berbagai cara di atas bisa Anda coba terapkan di rumah. Hal tersebut penting lho untuk Anda yang masih beraktivitas di luar rumah dengan intensitas sering tatap muka dengan rekan kerja. Namun, jika di rumah saja berkumur tidak terlalu penting untuk dilakukan. Dikhawatirkan tidak sengaja tertelan jadi batal deh hihi.

Itu dia berbagai pembahas menarik terkait cara menghilangkan bau mulut selama berpuasa. Tetap semangat untuk berpuasa yah!

 

 

(Zakiah)

Chat via WhatsApp