5 Macam Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim

Stik es krim adalah alat yang memiliki fungsi sebagai pegangan saat mengonsumsi es krim. Biasanya es krim popsicle yang menggunakan stik. Es krim ini memiliki tekstur beku yang amat padat, sehingga dapat merekat sempurna pada pegangan atau stik. Selain menjadi pegangan, stick es krim juga memiliki banyak fungsi.

Tidak hanya para produsen es krim profesinal yang dapat menggunakan stik es krim. Nyatanya stik es krim ini dijual bebas di pasaran. Hal tersebut justru lebih memudahkan para pemula bisnis es krim yang ingin merintis usahanya dengan memanfaatkan stick.

kerajinan stik es krim

Stik es krim memiliki motif dan warna menarik. Stick es krim yang paling sederhana umumnya berwarna cokelat yang juga digunakan oleh para pebisnis profesional. Namun, stik es krim yang dijual di pasaran tidak memiliki label produksi. Berbeda dengan pebisnis es krim yang sudah terkenal pasti mencantunmkan brand pada stiknya.

Stik es krim memiliki variasi harga sesuai dengan motif dan warnanya. Stik es krim dengan tampilan polos dan berwarna cokelat dijual lebih murah daripada yang full color atau memiliki motif. Namun, stik es krim bermotif juga sering digunakan untuk kebutuhan lainnya, seperti kerajinan tangan dari stik es krim.

Manfaat Lain dari Stik Es Krim

Dewasa kini, begitu banyak peralatan yang memiliki multifungsi, seperti stick es krim. Selain digunakan sebagai pegangan, stik es krim  juga sering dimanfaatkan pelajar untuk membuat karya dari kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang dibuat mulai dari bentuk rumah-rumahan, rumah adat, pigura, jembatan, pesawat, dan lain-lain.

Untuk membuat karya semakin menarik, pemilihan stik es krim bermotif dan memiliki banyak warnalah yang sering digunakan. Namun, tidak jarang para pelajar membeli stik es krim polos lalu memberikan tambahan warna dan motif sendiri. Biasanya mereka memanfaatkan pewarna tekstil untuk membuat stick es krim lebih menarik.

es krim stik

Kerajinan tangan dari stik es krim yang paling sering dibuat adalah rumah-rumahan atau rumah adat. Nah, untuk membuat rumah lebih menarik kamu bisa memanfaatkan stik es krim berwarna atau memberikan warna secara manual menggunakan cat atau media lainnya.

Macam-macam Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim

Ada berbagai macam kerajinan tangan dari stick es krim yang bisa kamu coba di rumah. Tidak hanya sebagai karya untuk anakmu di sekolah kok, kerajinan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan atau pajangan di rumah.

Kerajinan tangan atau homemade ini juga sering dimanfaatkan oleh penggiat kreatif untuk menghias rumahnya. Tidak jarang dari mereka justru membuka bisnis penjualan dari hasil kreativitas yang dibuat. Macam-macam kerajinan tangan dari stik es krim dapat berupa rumah, pigura, dan lain-lain.

Mengingat stik es krim memiliki bentuk yang padat dan susah dibentuk, maka karya yang dibuat pun tidak bisa sembarang. Karya yang dibuat harus memiliki sudut-sudut tertentu, seperti rumah adat. Jika kamu ingin membuat pepohonan membutuhkan media tambahan lainnya seperti kertas bewarna hijau. Kertas hijau dijadikan sebagai daun sedangkan stik es krim menjadi batang pohon. Lalu apa saja yang bisa dibuat menggunakan stick es krim?

Rumah-rumahan

Kerajinan tangan yang pertama ini sering dijadikan tugas karya pelajar SD-SMP. Sayangnya, bentuk rumah-rumahan ini dijual bebas di toko buku. Hal tersebut tentu membahayakan bagi pelajar yang malas untuk membuat sendiri di rumah. Mereka menginginkan cara simpel dengan membeli rumah-rumahan yang sudah jadi.

rumah stik es krim

Padahal dengan membuat sendiri lebh asyik lho. Kamu dapat menyalurkan kreativitas sendiri untuk menghasilkan bentuk rumah yang berbeda dari lainnya. Alat-alat yang digunakan pun tidak sulit untuk dicari. Yuk ikuti cara-cara di bawah ini!

Alat-alat

  • Secukupnya stik es krim
  • Gunting
  • Penggaris
  • Lem kayu
  • Pisau atau cutter
  • Kertas koran

Cara membuat rumah-rumahan dari stick es krim

Membuat dinding

  1. Bentang kertas koran atau kertas bekas sebagai alas permukaan. Penggunaan kertas ini berfungsi agar ubin atau tempat pembuatan tidak terkena lem.
  2. Bentuklah empat buah segi empat dengan stick es krim. Letakkan dua stik es krim sejajar lalu beri lem pada keempat sisinya. Rekatkan dua stick lainnya untuk membentuk segi empat. Ulangi cara ini sampai mendapatkan empat kotak.
  3. Berikan lem lalu rekatkan stick es krim lainnya pada bingkai segi empat tadi hingga menutupi seluruhnya.

Membuat atap rumah

  1. Buat bentuk segitiga dengan cara menumpuk stick di atas satu sama lain. Lalu rekatkan dengan lem kayu. Buat sebanyak 2 buah.
  2. Buat bentuk satu segiempat dengan stik lengkap lalu letakan secara mendatar. Rekatkan dua buah segitiga di dua sisi lainnya dengan keadaan berdiri. Jangan lupa untuk diberikan lem terlebih dahulu.
  3. Letakan atap di sisi kanan dan kiri segitiga hingga menutup layaknya bentuk atap.

Merakit rumah

  1. Buat bentuk satu segiempat dengan stik lengkap. Lalu potong bagian yang akan menjadi jendela menggunakan cutter dan penggaris.
  2. Ulangi cara pertama dengan ukuran untuk membuat pintu.
  3. Ambil dua buah dinding dan dirikan agar sticknya dalam posisi vertikal. Beri segaris lem di sepanjang ujung dalan stik. Lalu rekatkan dinding ke bagian itu.
  4. Pasanglah dua dinding sisanya.
  5. Pasanglah atap bagian atas. Tambah stik es krim untuk menutupi lubang pada segitiga. Manfaatkan cutter untuk memotong bagian stik agar dapat direkatkan di dalam segitiga.
  6. Hias atau warnai rumah-rumahanmu menggunakan cat sesuai keinginan.
  7. Rumah-rumahan siap dipajang

Pigura

Pigura atau yang lebih sering dikenal dengan bingkai foto ini tidak meluluk dibuat dari kayu. Kamu bisa memanfaatkan stik es krim. Stick es krim ini dapat kamu bentuk sesuai dengan kreasimu. Pigura dari stick es krim yang paling sering dibuat adalah bentuk persegi dan segitiga. Kedua bentuk itu memang paling mudah untuk dibuat. Namun, buat kamu yang memiliki kreasi lebih pasti bisa membuat pigura lebih menarik. Seperti cara di bawah ini!

pigura stik es krim

Alat-alat

  • Stik es krim
  • Kertas karton
  • Lem
  • Cat
  • Tali atau benang
  • 2 tutup botol ukuran kecil

Cara membuat pigura dari stik es krim bentuk kereta

  1. Bersihkan stick es krim lalu jemur sesaat di bawah panas matahari.
  2. Ambil tiga buah stick es krim. Lalu rekatkan dengan lem secara sejajar.
  3. Potong satu buah stick menjadi dua bagian. Bentuk dengan ukuran kecil. Lalu rekatkan dikedua sisi sebagai sekat dari tiga buah stik es krim tadi.
  4. Tempelkan gabungan stik tersebut ke atas kertas karton seukuran foto yang akan ditempel.
  5. Lem bagian dalam tutup botol untuk ditempel menjadi roda. Lalu tempelkan ke antara sekat.
  6. Cat stick es krim sesuai warna kesukaanmu.
  7. Tempelkan foto di atas kertas karton. Lalu beri bingkai di setiap pinggirnya menggunakan stik es krim berwarna.
  8. Kaitkan bagian depan dan belakang pigura kereta dengan tali atau benang. Kamu bisa memanfaatkan tali tersebut untuk menyambungkan pigura kereta lainnya.
  9. Manfaatkan juga tali tersebut untuk menggangtung pigura.

Mainan pesawat

Mainan pesawat adalah kerajinan tangan yang paling mudah untuk dibuat. Meskipun memiliki bentuk yang kecil melalui warna pada stik es krim mampu menarik perhatian si buah hati. Para Ibu juga bisa lho mengajari anak untuk membuat mainan pesawat sendiri. Justru anak akan merasa senang dan puas bisa menciptakan kreasi sendiri. Yuk ajak anakmu buat mainan pesawat dari stick es krim.

pesawat stik es krim

Alat-alat

  • Jepitan baju kayu
  • Stik es krim warna
  • Gunting
  • Lem kayu atau lem fox
  • Cat

Cara membuat mainan pesawat dari stik es krim

  1. Cat jepitan baju kayu dengan warna sesuai keinginanmu.
  2. Siapkan tiga stick es krim berwarna untuk bagian sayap dan ekor pesawat.
  3. Potong satu stick es krim menggunakan gunting menjadi bentuk yang lebih kecil. Lalu tempel di bagian belakang jepitan sebagai ekor.
  4. Tambahkan potongan kecil stick dengan ukuran setengah lingkaran. Lalu tempel di atas ekor.
  5. Sedangkan dua stick lainnya tempelkan dengan posisi di bagian atas dan bawah pesawat sebagai sayap.
  6. Pastickan masing-masing bagian diposisikan dengan simetris.

Tempat pensil

Berikutnya ada kerajinan tangan dari stik es krim adalah tempat pensil. Tempat pensil yang dimaksud bukan untuk dibawa-bawa ya guys, tetapi untuk dipajang di meja belajar atau meja kantormu. Tempat pensil ini juga bisa kamu fungsikan sebagai vas bunga. Namun bunga yang digunakan hanya sebagai hiasan bukan tumbuhan asli. Membuat tempat pensil ini mudah banget lho.

tempat pensil stik es krim

Alat-alat

  • Stick es krim
  • Lem kayu
  • Glitter
  • Benang
  • Kardus

Langkah-langkah

  1. Siapkan 15-20 stik es krim menggunakan lem dan membentuk lingkaran.
  2. Potong kardus bentuk lingkaran sesuai dengan ukuran tempat pensil.
  3. Rekatkan potongan kardus ke bagian bawah tempat pensil.
  4. Berikan lem dengan posisi asal atau sesuai kreasimu di bagian depan tempat pensil.
  5. Lalu taburkan gliter atau bentuk dengan benang
  6. Tempat pensil siap digunakan

Hiasan dinding

Hiasan dinding ini tidak hanya diguanakan sebagai pajangan. Kamu juga dapat memanfaatkannya sebagai wadah tenaman hias dengan ukuran mini. Menggunakan konsep ini akan membuat sudut rumahmu semakin minimalis dan enak dipandang. Untuk membuat hiasan dinding juga dapat kamu sesuaikan dengan keinginan. Salah satu bentuk yang paling mudah dibentuk adalah segi enam.

hiasan stik es krim

Alat-alat

  • Stick es krim
  • Lem kayu
  • Paku
  • Bungkus kado

Langkah-langkah

  1. Bentuk sejajar 5 buah stik es krim atau lebih lalu rekatkan menggunakan lem.
  2. Bentuk 5 buah stick lainnya hingga 6 sisi. Kemudian masing-masing ujungnya berikan lem untuk direkatkan dan dibentuk segi enam.
  3. Agar lebih kuat, kamu juga dapat membungkus masing-masing sisi menggunakan kertas kado sebelum dibentuk segi enam.
  4. Setelah dibungkus baru ditempelkan dengan masing-masing sisinya.
  5. Berikutnya, setelah terbentuk tancapkan paku ke dinding untuk mempermudah pengaitas hiasan.
  6. Setelah dikaitkan, kamu bisa meletakkan beberapa tanaman beserta vasnya dengan ukuran mini.
  7. Kini dindingmu semakin cantik!

Selain lima macam di atas, masih banyak jenis kerajinan tangan lainnya yang dapat kamu buat menggunakan stick es krim. Ingat kerajinan tersebut tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai pajangan pribadi. Tapi dengan kreativitasmu juga bisa menjadikan kerajinan tangan dari stick es krim ini menjadi peluang bisnis.

Gunakanlah stik es krim berwarna atau manfaatkan cat untuk menciptakan motif atau pola lebih menarik. Pilih lem kayu atau lem tembak yang memiliki rekatan baik agar stik es krim tidak mudah lepas. Selamat berkreasi yaah!

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

7 − 6 =