Harga Cup Sealer Otomatis

Harga cup sealer otomatis – cup sealer otomatis ialah alat press gelas plastik yang dapat berjalan secara otomatis. Dipakai untuk menyegel gelas plastik menjadi kemasan minuman gelas yang siap dibawa kemana saja agar tidak tumpah dan higienis.

Cup Sealer Full Auto New

Pemakaian cup sealer otomatis sering digunakan oleh usaha minuman franchise yang ada di mall demi mempercepat proses pelayanan terhadap konsumen. Harga cup seler otomatis memang lebih mahal dari cup sealer manual. Karena memang cup sealer otomatis memiliki fitur yang lebih bagus dari pada yang manual.

Mesin cup sealer otomatis merupakan alat yang secara otomatis menyegel gelas plastik yang tingginya 18 cm. Cocok untuk diaplikasikan di snack bar, bubble tea, stand makanan cepat saji, supermarket, teh gelas, usaha minuman, dll. Mesin tersebut mampu menyegel dan memberikan tutup pada gelas plastik sebanyak 300 hingga 400 cup setiap jamnya secara otomatis.

Harga mesin cup sealer otomatis dipasaran mulai dari 6 jutaan hingga 7 jutaan. Banyak toko mesin yang menawarkan cup sealer otomatis tipe ZF-07    dengan spesifikasi dan fitur yang sama. Untuk memudahkan bisnis minuman gelas plastik jadi lebih cepat dalam pelayanan dan lebih higienis tentunya.

Manfaat Mesin Cup Sealer Otomatis:

  • Meningkatkan pelayanan terhadap konsumen
  • Dapat menghasilkan produk dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang sigkat.
  • Menghemat waktu, biaya, dan tenaga
  • Isi minuman terlindungi dari bahaya bakteri dan kontaminasi
  • Mudah dibawa ke mana saja
  • Terhindar dari kebocoran dan tumpahan
  • Dapat meningkatkan daya penjualan karena isi produk lebih aman dan terpercaya
  • Jangka waktu pemanfaatan lebih lama
  • Dapat Menjaga kualitas isi produk.

Itu tadi pembahasan tentang mesin cup sealer otomatis dalam bentuk standart kecil portable untuk usaha minuman franchise yang biasa digunakan oleh pebisnis atau usaha minuman franchise.

Mesin cup sealer otomatis juga ada yang untuk produksi masal sebagai mesin industri pengemasan minuman skala besar yang dapat mengemas minuman dalam jumlah yang banyak secara masal. Namanya mesin cup sealer pneumatic mesin ini digerakan secara otomatis dan memang diperuntukan untuk pengemasan minuman secara masal

Keuntungan Menggunakan Lid Plastik Cup Sealer Pada Gelas Plastik

  • Keamanan Produk Terjaga

Karena keamanan produk dan kualitas hasil kemasan dapat menjadi pertimbanagan yang sangat penting bagi pelanggan. Anda dapat memilih gelas plastic yang unik,tebal dan lucu agar menarik minat pembeli.

  • Dapat Menjadikannya Media Promosi

Anda dapat menjadikan kemasan cup sealer pada plastik penutup gelasnya sebagai media promosi produk minuman segar anda. Anda dapat mencetak logo ataupun merk produk, karena sekarang sudah banyak sekali jasa untuk sablon gelas plastik maupun sablon lid cup sealer,jadi anda dapat memanfaatkan itu.

Ukuran gelas plastik

  1. Gelas plastik jus besar dengan diameter 9 cm ( ukuran 12,14 dan 16 oZ)
  2. Gelas plastik dengan ukuran diameter 7 cm ( kapasitas 220 240 ml)

Dan untuk ukuran plastic lid yang biasa dijual di pasaran adalah ukuran 12oz,14oz,16oz,18oz dengan Lebar 13 cm dan panjang 150m. Dengan perkiraan hasil produksi mampu untuk sealer sekitar 1300 cup.

Kebaikannya bila menggunakan gelas plastik dengan lid penutup plastik yang di press memakai mesin cup sealer ini lebih membantu Anda dalam segi keamanan, kenyamaan pelanggan maupun segi promosi untuk menunjukkan identitas produk hasil olahan anda. Karena usaha minuman segar dengan kemasan cup ini sangat identik dengan minuman yang take away atau mudah di kemana-mana, yang artinya para pelanggan anda dapat meminumnya kapanpun dan dimnanapun,entah di rumah maupun saat anda dimanapun. Itulah sebabnya faktor kenyamanan konsumen dan juga merk dagang usaha Anda sangat perlu mendapat perhatian yang khusus.

Prinsip Kerja Mesin Cup Sealer Otomatis

Prinsip kerja cup sealer otomatic, pneumatic dan mekanik. Prinsip kerja tersebut memiliki perbedaan pada sumber tenaga. Namun di pasaran yang paling diminati adalah sistem pneumatic.

Apa itu cup sealer pneumatic?

Cup sealer pneumatik adalah jenis mesin press plastik yang memakai sistem penggerak berupa tekanan udara. Jadi mirip-mirip sistem hidrolik. Bedanya, sistem hidrolik menggunakan cairan oli sebagai tenaga penggerak. Pada mesin cup sealer, tekanan udara ini digunakan untuk mengeluarkan cairan pada tabung, menggerakan adjusting dan coding hingga meletakan gelas pada conveyor yang di lakukan oleh bagian feeding. Sementara untuk mesin cup sealer mekanik, semua proses ini digerakan oleh rotary system berupa gear dan rantai.

harga cup sealer otomatis

Kelebihan sistem pneumatic adalah pada proses perawatanya. Apabila terjadi kerusakan, misalnya pada coding, mesin pneumatic masih bisa bekerja. Jadi kita hanya perlu melakukan perbaikan pada bagian yang rusak tadi. Berbeda dengan mesin mekanik yang akan macet total jika salah satu bagianya tidak berjalan. Namun, jika anda mencari mesin dengan speed sealing yang super cepat, tipe mekanik lebih unggul.

Fitur dan Cara Kerja Mesin Cup Sealer Otomatis

  • Feeding

Feeding berguna untuk menaruh gelas plastik pada conveyor. Gelas plastik akan otomatis masuk sendiri karena dorongan udara dari kompresor. Anda cukup meletakan deretan gelas ke dalam wadah feeding. Perhatikan pula apa gelas yang tertumpuk melekat atau tidak. Gelas tumpuk yang terlalu melekat akan menyulitkan proses feeding. Solusinya, anda bisa menarik gelas satu-satu sebelum dimasukan ke feeding untuk memastikan tidak ada gelas yang lengket bergandengan.

mesin press plastikCoba perhatikan gambar paling kiri diatas, disana terdapat selang yang terhubung dengan feeding. Selang tersebut memberikan tekanan udara untuk menurunkan cup (gelas) menuju konveyor. Pada beberapa kasus ada kemungkinan, terjadi error pada mesin yang menyebabkan gelas tidak pas masuk ke lubang konveyor. Disini anda bisa mengecek selang penghubung yang terhubung pada cylinder atau valve. Jika ada kerusakan, bisa ganti sparepart bagian yang rusak saja. Dan menariknya, spare part pneumatic cup sealer secara umum lebih murah daripada tipe mekanik.

  • Filling

Tahap Filling adalah proses mengisi mengisi cairan ke dalam gelas. Seberapa banyak air yang dikeluarkan oleh piston menyesuaikan dengan kapasitas gelas. Ini semua dikontrol oleh valve yang terdapat pada sisi atas bagian filling. Pada mesin pneumatic, seperti kami sebut diatas, tetap bisa berjalan meski salah satu piston macet dan cairan tidak mau keluar.

  • Coding

Tahap coding adalah proses mencetak tanggal kadaluwarsa pada kemasan.

  • Adjusting & Sealing

Tahap ini adalah proses untuk menyesuaikan plastik penutup gelas agar pas pada kemasan serta merekatkan penutup gelas. Setelah proses ini selesai, gelas akan masuk proses cutting untuk memotong dan merapikan penutup gelas.

mesin press plastik otomatisUntuk mengoperasikan cup sealer otomatis ini, pertama tekan tombol power kemudian putar tuas heating untuk menyalakan komponen pemanas pada sealing. Atur temperatur control dan tank heating. Setelah itu putar Photo sensor. Tombol ini terhubung dengan sensor yang terdapat di dekat bagian sealing, jadi anda harus memastikan roll film melewati bagian ini. Photo sensor ini digunakan untuk menandai apakah roll film sudah terpasang sempurna dan juga mendeteksi kemungkinan tidak ada cup dibawahnya sehingga proses filling atau sealing tidak akan dilakukan.

Cup Sealer WS-H8

Saat proses ini selesai, anda bisa mulai menyalakan mesin dengan memutar tombol Stop, Start dan Filling sekaligus. Untuk awalan anda bisa mengisi gelas berisi cairan secara manual ke dalam conveyor. Dan anda tinggal menunggu semua proses berjalan. Lihat juga keberadaan cairan pada hooper (tangki) jangan sampai kehabisan. Selesai memakai mesin, jangan langsung tekan Stop, namun putar dulu tombol Filling.

Daftar Harga Mesin Cup Sealer Otomatis Untuk Mesin Besarnya

Tentunya harga mesin cup sealer otomatis akan semakin murah Bila jumlah linenya semakin sedikit. Lebih detail mengenai harga cup sealer bisa lihat di bawah.

  • Harga cup sealer otomatis 2 line : Rp. 84.000.000
  • Harga cup sealer otomatis 4 line : Rp.154.000.000
  • Harga cup sealer otomatis 8 line : Rp. 244.000.000
  • Harga cup sealer otomatis 16 line : Rp. 424.000.000

Harga cup sealer tersebut tergolong tidak banyak perubahan dari 2015 sampai 2018. Itu harga jual yang umum para grosir dan distributor cup sealer untuk wilayah kota besar seperti Jakarta, Bandung, Solo, Jogja atau Surabaya. Untuk harga cup sealer bekas biasanya akan berkurang sekitar 20-30% tergantung kondisi. Memang secara harga ia lebih murah, namun anda harus benar-benar teliti dalam memilihnya.

Pertimbangan Membeli Mesin Cup Sealer

  • Merk

Sebagian besar cup sealer yang ada di indonesia merupakan merk China seperti Powerpack, Eton, Getra, GEA dll. Kini China tidak hanya dikenal dengan produk berharga murah dan kualitas buruk, sedemikian majunya, China mampu membuat produk mulai kualitas biasa saja sampai dengan yang paling bagus, kalau anda tahu Apple, perusahaan gadget kelas atas juga mempunyai pabrik di China. Selain itu, di pasaran masih ada beberapa merk cup sealer buatan Taiwan, bahkan juga ada buatan asli bengkel anak negeri dengan kualitas yang juga teruji. Rata-rata pelat baja di seluruh bagian mesin membuatnya semakin kokoh dan stabil.

  • Dana

Bila dana menjadi kendala maka mesin bekas atau second bisa jadi pilihan karena harga lebih murah. Namun patut diwaspadai bahwa kondisi mesin bekas sangat beragam. Ada yang masih baik namun lebih banyak yang sudah jelek. Sehingga anda harus memiliki ketelitian dan memahami masalah teknis mengenai mesin yang anda beli. Selisih harga cup sealer bekas dan baru bisa lumayan besar, namun jika salah memilih anda justru akan menderita kerugian lebih besar lagi karena harus menanggung biaya perbaikan, pada akhirnya beli mesin bekas tidak selalu identik dengan biaya atau harga murah.

Namun demikian, kami mengetahui seseorang yang hendak mendirikan pabrik air minum dalam kemasan dengan membeli mesin bekas yang sudah rusak, setelah dibeli mesin rusak itu diperbaiki sendiri. Selisih harga dengan membeli mesin baru mencapai puluhan juta, sangat lumayan bukan? Namun jika anda adalah pengusaha yang tidak faham persoalan teknis mesin, sebaiknya ambil mesin baru karena sudah ada garansi andai terjadi kerusakan akan ditangani oleh ahlinya. Dengan mesin baru anda bisa fokus menjalankan usaha dan memaksimalkan keuntungan. Ketika usaha sudah berjalan, selisih biaya untuk pembelian mesin baru tidak akan ada artinya karena akan tertutup dengan keuntungan usaha.

  • Dimensi cup

Gelas plastik kemasan minuman merupakan faktor penting dalam berjualan, seberapa besar ukuran cup yang ingin anda pakai? Bagaimana bentuknya? Ukuran yang paling sering dipakai untuk para pengusaha UKM adalah ukuran gelas aqua dengan diameter antara 7 hingga 9cm dengan kapasitas 12,14,16,18,20,22 dan 24 OZ. Jika anda ingin tampil beda, menarik perhatian pelanggan dengan menggunakan ukuran atau mungkin bentuk cup yang unik, pastikan alat yang anda beli bisa dipakai dengan kemasan tersebut.

  • Sealing Material

Ini adalah tipe plastik kemasan yang digunakan untuk menyegel. Pastikan mesin yang anda beli mampu menyegel kemasan yang anda inginkan dengan melihat pada temperature range controlnya:

  • PE (Polyethylene) mempunyai temperatur sealing antara 170ºC-190ºC/338ºF-374ºF
  • PP (Polypropylene) mempunyai temperatur sealing antara 170ºC-210ºC/338ºF-392ºF
  • PS (Polystyrene) mempunyai temperatur sealing antara 180ºC-190ºC/356ºF-374ºF
  • PET (Polyester) mempunyai temperatur sealing antara 160ºC-200ºC/320ºF-392ºF
  • Film mempunyai temperatur sealing antara 120ºC-180ºC /248ºF-356ºF

Tujuan Penggunaan Mesin Cup Sealer

Pertama untuk usaha kecil dan menengah seperti berjualan es atau jus buah, pop ice, smoothies, teh, kopi, coklat dll di warung makan, restoran, hingga kedai minuman rumahan. Usaha UKM bisa menggunakan alat tipe manual sederhana berkapasitas produksi kecil yang bisa dioperasikan tanpa listrik rumah, namun sebagai gantinya anda harus memakai tenaga aki yang dilengkapi dengan inverter DC ke AC.

Pada beberapa tipe terdapat fitur digital counter yang berguna untuk menghitung jumlah penjualan. Harga mesin tipe ini cukup murah, dengan dana kurang dari 1 juta dapat mesin baru. Metode penyegelan tutup gelas yaitu secara manual menggunakan tuas dan model semi otomatis yang disegel oleh mesin itu sendiri. Model  kedua ini disebut tipe semi otomatis karena pengisian cairan masih manual, harganya bisa mencapai 6 jutaan.

cup sealer manual new

Tujuan kedua yaitu untuk mendirikan pabrik minuman / AMDK (Air Minum Dalam Kemasan). Usaha ini membutuhkan mesin full otomatis dari pengisian cairan sampai penyegelan, dengan kapasitas produksi ribuan cup per jam. Mulai dari tipe GD Series 2 Line kapasitas produksi 1800 – 2000 cup per jam atau GD Series 4 Line berkapasitas produksi antara 3600 – 3800 cup per jam. Untuk kapasitas yang lebih besar lagi ada cup sealer otomatis 8 line dan 16 line. Investasi yang dibutuhkan untuk mendirikan pabrik AMDK ini memang tidak murah, dari ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Tips Memilih Mesin Cup Sealer

  • Pemilihan material body mesin, pada umumnya cup sealer terbuat dari stainless steel maka pilih lah mesin yang menggunakan material tersebut. Selain lebih kokoh dan tahan lama, perawatannya pun lebih mudah dibandingkan material lainnya. Jangan memilih bobot mesin yang terlalu bila kerja mesinnya menggunakan metode manual dan semi otomatis karena akan menyulitkan Anda saat proses penyegelan sebab mesin akan ikut bergerak.
  • Pilih mesin pemanas mesin yang jelas merek yang digunakannya, mesin press plastik menggunakan system heather untuk membantu penyegelan LID ke gelas, nah maka dari itu tanyakan mesin pemanas yang digunakan pada cup sealer yang Anda pilih tersebut.
  • Pilih harga mesin yang sesuai budget, dengan semakin berkembangnya teknologi Anda sudah bisa mencari mesin dengan bermodalkan internet saja. Namun kami sarankan untuk tidak mengambil resiko membeli mesin dari internet karena ditakutkan spesifikasi mesin yang dibeli tidak sesuai dengan keinginan Anda. Untuk itu gunakan saja sebagai referensi, untuk saat pembeliannya langsung saja datang ke toko mesinnya. Cari harga mesin press plastik yang Anda inginkan di website resmi toko mesin yang dijamin kualitasnya.
  • Jangan takut membeli mesin dengan merek ternama, hal ini biasanya menjadi pertimbangan banyak pengusaha karena harganya cukup mahal. namun menurut kami hal ini tidak ada salahnya karena efek yang akan Anda rasakan sebanding dengan harga mesin tersebut. Terlebih jika mesin sering digunakan tentu kita harus mempertimbangkan mesin yang jelas kualitasnya.

Demikian pembahasannya tentang harga cup sealer otomatis semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 4 =