5 Jenis makanan minuman khas medan

Indonesia tidak ada habisnya memamerkan kekayaan kulinernya, seperti makanan minuman khas medan yang satu ini. Salah satu makanan khas medan yang terkenal adalah bika ambon. Selain itu, Medan juga menyimpan jenis makanan dan minuman khas yang perlu kamu ketahui. Namun, sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sejarah Medan!

makanan minuman khas medan bolu meranti

Ibu kota dari Sumatera Utara ini menyimpan berbagai keindahan alam, kekayaan adat istiadat, dan tentunya makanan khas yang lezat. Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan ini juga lebih dikenal dengan sebutan Batak. Tidak hanya etnis batak, tetapi Jawa, Tionghoa, Mandailing, dan India juga mendominasi.

Kota Medan juga terkenal dengan keindahan alamnya, yaitu Danau Toba dengan Pulau Samosir yang terletak di tengahnya. Sama seperti provinsi lainnya, Suku Batak ini juga memiliki tradisi yang unik. Masyarakat Batak selalu mempunyai marga yang dimiliki dari garis keturunan Ayah. Misalnya seperti Napitulu, Merpaung, dan Pardede yang dimiliki Suku Batak Toba.

Selain kaya akan tradisi, salah satu makanan khas Medan yang sangat terkenal adalah bika ambon. Meskipun memiliki nama “ambon” itu tidak mengartikan makanan tersebut berasal dari Provinsi Maluku. Ada banyak  makanan minuman khas medan yang perlu kamu ketahui. Yuk kita simak bersama!

5 Jenis Makanan Khas Medan

  • Kacang Sihobuk

Kacang sihobuk berbeda dari jenis kacang lainnya. Kacang ini memiliki rasa manis dengan padanan gurih. Untuk memasak kacang sihobuk ini menggunakan pasir. Karena teksturnya yang renyah membuat kacang ini sangat cocok disantap saat berkumpul dengan sanak saudara atau kerabat terdekat.

  • Bolu Meranti

Jika kamu melihat bolu ini mungkin tidak ada bedanya dari jenis bolu lainnya. Namun, saat menggonsumsinya akan ada rasa sensasi tersendiri. Bole meranti memiliki isian nanas, keju, cokelat, stoberi, dan blueberry. Bahkan bolu ini juga menyajikan rasa gurih, yaitu abon. Bolu meranti juga memiliki toping di atasnya seperti meses, keju, dan kacang.

  • Satai Kerang

Satai kok dari kerang? Umumnya satai menggunakan daging sapi, ayam, atau kambing. Lalu apa rasanya jika sasaran kali ini adalah kerang. Bagi kamu yang berkunjung ke kota Medan jangan sampai tidak mencoba sajian satai kerang ini. Jangan khawatir tentang ukurannya. Satai kerang memiliki ukuran besar dengan rasa segar, sehingga tidak terasa bau amis.

  • Lemang

Makanan khas medan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan. Kemudian campuran tersebut dibungkus menggunakan daun pisang. Nah, yang unik dari proses pembuatannya adalah dibungkus dengan daun pisang lalu dimasukkan ke seruas bambu dan dibakar. Lemang nikmat disantap dengan sajikan selai, durian, atau tapai ketan. Agar lebih nikmat santaplah dalam keadaan hangat.

  • Bika Ambon

Makanan Khas Medan Bika Ambon

Mengapa dinamakan bika ambon padahal tidak berasal dari Maluku? Konon katanya dinamakan bika ambon karena pertama kali ditemukan di sebuah nama di Medan, yaitu Simpang Jalan Ambon-Seu Kera Medan. Ciri khas makanan medan yang satu ini memiliki warna kuning dengan adanya serat dan lubang-lubang. Bika ambon juga menjadi salah satu oleh-oleh wajib jika berkunjung ke kota Medan.

Selain makanan khas medan yang sudah disebutkan di atas, masih ada jenis lainnya yang dapat kamu nikmati. Selain makanan, tentu saja Medan juga memiliki minuman khas. Medan juga terkenal dengan minuman tuak yang memiliki kadar alkohol. Namun, masih ada kok minuman dan makanan khas medan halal yang dapat kamu nikmati.

5 Jenis Minuman Khas Medan

  • Roco Timun

Roco timun terbuat dari campuran air kelapa muda, mentimun, dan gula merah. Isi minuman ini terdapat hasil kerukan kelapa muda yang dicampur dengan daun pandan. Akan lebih segar jika disajikan dengan es batu. Rasa manisnya akan terasa lebih fresh dan dapat melepas dahaga di siang hari.

  • Martebe

Nama unik dari minuman ini merupakan kepanjangan dari markisa terong belanda. Umumnya terong sering dimanfaatkan sebagai lauk makanan di rumah. Namun Medan memiliki kreasi sendiri untuk menjadikannya sebuah minuman. Terong belanda ini dicampur dengan sirup markisa. Melalui martebe ini kamu dapat merasakan manis dan segar menjadi satu di lidah dan tenggorokan.

  • Teh Susu Telur

Sajian teh susu telur ini sering disajikan di berbagai toko jamu hampir di seluruh Indonesia. Ternyata minuman unik ini berasal dari Medan. Meskipun terbilang aneh menggabungkan teh, telur, dan susu. Awalnya kuning telur diaduk terlebih dahulu hingga berbusa. Setelah itu masukkan susu kental manis atau susu cair hingga setengah gelas. Langkah terakhir tambahkan teh. Minuman ini juga memiliki banyak manfaat lho.

  • Soda Cap Badak

Minuman berikutnya disajikan dengan soda cap badak dengan susu kental sampai merata. Minuman ini juga disebut dengan susu badak. Susu badak dapat kamu nikmati dalam keadaan dingin atau panas. Untuk mencoba minuman ini, kamu bisa mengunjungi kota Pematang Siantar. Hampir setiap warung menyediakan soda cap badak.

  • Tuak

Berikutnya Tuak, minuman ini sangat familiar di kota Medan. Tuak merupakan minuman yang memiliki alkohol. Ada dua jenis tuak, yaitu tuak rasa manis dan tuak rasa pahit. Tuak rasa pahit inilah yang mengandung kadar alkohol di dalamnya. Tuak sendiri terbuat dari pohon nira atau aren yang sudah melalui proses fermentasi. Karena memiliki kandungan alkohol usahakan untuk mengomsi dengan batas wajar.

tuak khas medan

Itu dia berbagai jenis minuman dan makanan khas medan yang perlu kamu ketahui. Bagi kamu yang ingin mencari makanan khas medan halal dapat mencoba jenis-jenisnya di atas selain tuak. Bagaimana dengan bika ambon? Bika ambon memang dibuat menggunakan air nira. Namun, terdapat beberapa penjual bika ambon di medan yang sudah memiliki sertifikasi halal penggunaan air nira. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mengonsumsi bika ambon.

Selain makanan minuman khas medan di atas, hidangan lainnya yang dapat kamu nikmati adalah medan napoleon, pancake durian, soto udang, kolak durian, bihun bebek, sayur gurih taucho, kue putu bambu, bubur pedas, manisan jambu, saksang, kopi sidikalang, dan lain-lain. Oke selamat berkreasi kuliner. Horas!

(Zakiah)