Jenis Kemasan

Jenis plastik kemasan merupakan pilihan varian bahan atau material yang biasa digunakan untuk membungkus sebuah produk. Ada yang terbuat dari kertas, plastik, kaleng hingga kaca. Namun untuk produk makanan, jenis kemasan yang biasa digunakan dan banyak dipilih adalah plastik. Selain lebih simpel, harga-nya pun lebih murah dan terjangkau.

Tidak hanya berfungsi untuk melindungi produk dari berbaga resiko kerusakan, kemasan juga memiliki peranan penting dalam marketing karena dapat meningkatkan penjualan sebuah produk. Sebagai wajah dari produk tentu tampilan-nya perlu dibuat sebagus mungkin. Tidak hanya berdesain unik dan menarik, tapi juga harus informatif.

plastik kemasan brosur

Cantumkan keterangan atau detail informasi produk seperti kode produksi, tanggal kadaluarsa, komposisi bahan, takaran saji dan lain-lain. Keterangan ini penting untuk Anda sertakan pada produk kemasan agar lebih meyakinkan pembeli bahwa produk yang Anda jual dijamin keamanan-nya. Apalagi jika disertakan ijin dari BPOM atau lembaga terkait lain-nya.

Kriteria Jenis Kemasan Menjual

Sekilas pemilihan kemasan ini terlihat sepele. Namun jika dihitung-hitung, biaya untuk membeli bahan packaging ini lumayan memakan biaya operasional bisnis. Apalagi jika Anda berniat menggunakan mesin pengemas khusus untuk mempersingkat waktu produksi. Tentu biaya yang disiapkan haruslah lebih besar.

Maka dari itu, saat memilih jenis kemasan ini tidak bisa sembarangan. Tidak hanya menyesuaikan-nya dengan produk bisnis, Anda pun perlu memikirkan beberapa aspek lain-nya sehingga tercipta kemasan unik, menarik, dan menjual. Berikut adalah kriteria kemasan yang mampu menarik perhatian konsumen dan berpengaruh terhadap penjualan produk.

  • Efektif

Sesuaikan jenis kemasan dengan kebutuhan atau sifat dari produk itu sendiri. Jika produk yang Anda produksi bersifat cair, maka akan lebih baik jika menggunakan kemasan botol atau kaleng. Atau bisa juga menggunakan kemasan yang lebih ekonomis yaitu wadah plastik, baik itu yang berbentuk cup, gelas atau pun botol.

  • Aman

Kriterian yang kedua adalah aman. Salah satu fungsi utama dari kemasan ini adalah melindungi produk dan memastikan-nya aman dari berbagi kerusakan sebelum sampai di tangan konsumen. Tidak hanya itu, Anda pun harus memastikan keaman material jenis kemasan produk yang digunakan. Pilih kemasan yang telah memenuhi standar food-grade jadi tidak merusak kualitas produk.

  • Informatif

Tidak hanya menarik, sebuah kemasan juga harus informatif. Sertakan keterangan atau informasi produk secara mendetail seperti kode produksi, komposisi bahan, takaran saji hingga sertifikasi BPOM, Depkes atau badan terkait lain-nya. Cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual produk di pasaran karena lebih menjamin keamanan-nya.

  • Mudah dikenal

Buat desain kemasan unik dan terlihat berbeda sehingga menjadi ikon tersendiri bagi bisnis. Pikirkan konsep desain-nya dengan matang. Jika perlu gunakan jasa desain khusus untuk membuat kemasan unik, menarik, informatif dan menjual. Memang Anda harus mengeluarkan investasi lebih, tapi hal ini sesuai atau sebanding dengan keuntungan yang akan Anda terima.

  • Desain simple dan ergonomis

Buatlah desain yang sederhana dan tidak rumit, namun tetap menarik. Hindari pemilihan desain yang nanti-nya akan membingungkan para konsumen. Anda bisa menggunakan gambar, warna dan font yang menarik untuk memikat perhatian konsumen.

Agar tidak terkesan kaku, gambar yang digunakan tidak harus selalu berkaitan dengan produk. Anda bisa menambahkan karakter atau gambar-gambar lucu untuk menampilkan kesan visual yang lebih unik dan kreatif.

Baca Juga:

Tujuan Kemasan

Pengertian Kemasan

Jenis Kemasan

Fungsi Kemasan

Desain Kemasan

Manfaat Kemasan

Tidak lupa pula untuk memilih kemasan ergonomis yaitu sebuah kemasan yang menawarkan konsep simple dan praktis. Seperti mudah dibawa, dibuka atau dituang. Hindari pemilihan kemasan produk yang akan membingungkan dan menyusahkan para konsumen dalam penggunaan-nya.

Jenis Kemasan Shrink Film
Kemasan Shrink Film

Itu dia sejumlah kriteria dari jenis kemasan yang dapat meningkatkan nilai jual dan daya saing produk di pasaran. Tidak harus mahal, Anda cukup memilih kemasan yang memiliki banyak fungsi dan efisien. Nah untuk menemukan harga yang pas, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu hingga menemukan toko kemasan murah dan berkualitas.

Referensi Desain Kemasan Unik dan Menjual

Selain lebih selektif, konsumen saat ini juga cukup pintar untuk menilai kualitas produk dari tampilan kemasan yang digunakan. Mereka cenderung memilih packaging dengan konsep atau desain kemasan yang lebih kekinian dan menarik. Terutama untuk produk tertentu yang biasa-nya dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari daerah tertentu.

Nah bagi Anda yang bingung mau buat kemasan produk yang seperti apa, bisa menyimak beberapa desain unik dan menarik berikut ini:

  • Basarang Yorks – Kripik Nanas

Jenis kemasan yang digunakan merupakan standing pouch zipper, lebih praktis karena kemasan bisa di buka tutup kembali setelah dibuka segel-nya. Desain-nya pun cukup unik dan menarik, dengan nuansa warna kuning dan gambar yang cukup mewakili dari produk itu sendiri yaitu kripik buah nanas.

Nah bagi Anda yang berencana membuka bisnis makanan ringan, kemasa kripik dari Basarang Yorks ini bisa jadi referensi produk kemasan bisnis Anda.

  • Smile Pack – Lays

Keunggulan dari packaging ini adalah produk tidak mudah pecah karena menggunakan kemasan bag yang diisi nitrogen. Dan untuk desain-nya sendiri, Lays lebih memilih gambar yang menyerupai ekspresi seseorang sedang tersenyum untuk menarik perhatian pelanggan-nya.

Dan terbukti sukses! Produk ini sempat booming serta viral diberbagai medsos. Bahkan tak sedikit dari para pengguna aktif sosial media yang berlomba-lomba untuk menyuguhkan konten unik dan kreatif dengan menggunakan kemasan produk Lays ini.

  • Hanger Tea atau T-Shirt Teabags

Lebih unik lagi nih, produk teh yang satu ini menggunakan konsep yang tidak biasa. Jika biasa-nya produk the celup dikemas dalam bentuk bag atau pouch kecil, lain hal-nya dengan produk the celup yang satu ini.

Hadir dengan konsep packaging yang lebih unik menyerupai baju yang sedang digantung, produk teh celup ini sukses memimak para pecintanya. Nah bagi Anda yang sedang mencari desain kemasan yang anti mainstream mungkin bisa mencoba konsep seperti ini.

Minuman kemasan susu rasa pisang ini dibuat seunik dan semirip mungkin menyerupai bahan asli-nya yaitu buah pisang. Dan pada saat akan dikonsumsi, konsumen harus membuka lapisan plastik yang membungkus kemasan botol lebih dulu sama seperti mengupas kulit pisang yang sebenar-nya.

Selain unik, kemasan ini juga lebih terlihat simple dan indormatif. Tidak perlu menyantumkan banyak informasi atau keterangan produk, desain kemasan yang dipilih sudah cukup mewakili dari produk susu rasa pisang tersebut.

plastik kemasan makanan banner

Itu dia sejumlah referensi packaging unik dan menjual yang bisa Anda jadikan ide untuk membuat desain plastik kemasan makanan yang menarik. Selain ke-empat kemasan diatas, masih banyak jenis kemasan produk makanan unik lain-nya yang bisa Anda jadikan referensi.

Semoga Berguna

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eight + five =