Cara Membuat Keripik Kentang Yang Sehat

Cara Membuat Keripik Kentang

Cara membuat keripik kentang bisa di bilang sangatlah mudah dalam proses pembuatannya, namun anda juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam proses pembuatannya agar sehat untuk di konsumsi.

 

cara membuat keripik kentang 3

Keripik kentang adalah salah satu camilan favorit yang tidak hanya menggugah selera, tetapi juga mudah dipersiapkan di rumah. Dengan sedikit usaha dan beberapa bahan sederhana, Anda dapat menikmati keripik kentang yang gurih dan renyah kapan saja Anda menginginkannya. Berikut adalah petunjuk langkah demi langkah untuk menciptakan keripik kentang sempurna di lingkungan rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • Kentang segar (pilih ukuran sedang hingga besar)
  • Minyak goreng (seperti minyak kedelai atau canola)
  • Garam (opsional: bumbu tambahan sesuai selera)

Perlengkapan yang Diperlukan:

  • Pisau tajam
  • Pengupas kentang
  • Parutan atau mandolin
  • Mangkuk besar berisi air dingin
  • Kertas atau handuk bersih
  • Penggorengan atau wajan berukuran besar
  • Spatula
  • Rak penirisan atau tisu dapur

Langkah-langkahnya:

  1. Persiapan Kentang Bersihkan kentang dengan cermat untuk menghilangkan kotoran dan tanah. Kulup kentang menggunakan pengupas, atau biarkan kulitnya jika Anda menginginkan keripik dengan karakter warna dan serat yang khas.
  2. Iris Kentang Dengan pisau tajam atau mandolin, iris kentang menjadi lapisan tipis. Pastikan irisan memiliki tebal seragam untuk memastikan keripik matang secara merata.
  3. Rendam Kentang Letakkan irisan kentang dalam mangkuk besar berisi air dingin. Biarkan merendam selama sekitar 30 menit. Langkah ini akan membantu menghilangkan kelebihan pati dan menghasilkan keripik yang lebih renyah.
  4. Pengeringan Tiriskan irisan kentang dari air dan letakkan di atas kertas atau handuk bersih. Keringkan permukaannya dengan lembut untuk menghilangkan kelembapan.
  5. Proses Penggorengan Panaskan minyak di dalam penggorengan atau wajan pada suhu sedang hingga mencapai sekitar 170-180°C. Perlahan masukkan sejumlah irisan kentang ke dalam minyak panas. Hindari menambahkan terlalu banyak kentang sekaligus untuk mencegah meluapnya minyak. Goreng kentang hingga berubah menjadi warna keemasan dan renyah, biasanya dalam waktu 3-4 menit. Pantau proses penggorengan secara cermat untuk menghindari keripik yang terlalu gosong.
  6. Penirisan dan Penyajian Gunakan spatula untuk mengangkat keripik dari minyak dan tiriskan pada rak penirisan atau tisu dapur. Segera taburi keripik dengan garam atau bumbu lain sesuai selera, selagi masih panas.

Setelah keripik kentang benar-benar dingin dan renyah, sajikan dalam wadah kedap udara untuk mempertahankan kesegarannya. Dengan panduan ini, Anda dapat menikmati keripik kentang lezat yang Anda buat sendiri dengan mudah di rumah.

Manfaat Kesehatan dari Keripik Kentang

  • Melindungi Kesehatan Jantung Jangan sepelekan manfaat ini – keripik kentang memiliki potensi untuk melindungi kesehatan jantung. Kandungan vitamin B6 dan vitamin C dalam keripik kentang dapat mendukung kesehatan jantung. Pastikan keripik kentang digoreng dengan minyak yang baik atau segar, karena penggunaan minyak bekas dapat merusak kandungan vitamin.
  • Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh Sistem kekebalan tubuh berperan penting dalam melawan virus dan penyakit menular. Untuk menjaga kekebalan tubuh, banyak orang berusaha untuk makan makanan yang sehat. Salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah keripik kentang. Kandungan vitamin C dalam keripik kentang dapat membantu menjaga kewaspadaan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan serangan virus.
  • Menyehatkan Kulit Kesehatan kulit yang bersih dan sehat merupakan idaman banyak orang. Paparan radikal bebas dapat memengaruhi kesehatan kulit, dan itulah mengapa menjaga kesehatan kulit sangat penting. Konsumsi keripik kentang dapat memberikan kontribusi positif karena mengandung magnesium, kalium, dan fosfor yang bermanfaat untuk kulit. Banyak orang telah memilih keripik kentang sebagai camilan alternatif yang lebih sehat.

Bahan Dasar dan Pembuatan Keripik Kentang Pembuatan keripik kentang ternyata cukup sederhana. Dengan hanya tiga bahan utama, Anda dapat membuat camilan yang renyah dan lezat. Anda memerlukan kentang, garam, dan minyak untuk menggoreng. Penting untuk mengiris kentang tipis agar matang dengan baik dan memiliki tekstur renyah saat digigit. Alat pengupas dan pemotong kentang dapat memudahkan proses persiapan.

Keripik Kentang: Camilan Keluarga yang Disukai Keripik kentang adalah camilan favorit bagi banyak keluarga saat bersantai di rumah. Camilan ini tidak hanya praktis tetapi juga memiliki rasa yang lezat, terutama saat dinikmati sambil menonton acara favorit. Membuat keripik kentang di rumah memiliki keuntungan lebih, karena tidak hanya mudah dan cepat, tetapi juga memungkinkan eksperimen dengan resep-resep yang beragam. Jika Anda memiliki alat pemotong kentang, prosesnya akan semakin efisien.

Makanan ringan yang renyah ini menarik banyak orang untuk menikmatinya sebagai camilan. Keripik kentang memiliki beberapa varian yang lezat untuk di nikmati seperti keripik kentang krispi, keripik kentang balado, dan keripik kentang bumbu tabur.

Ketiga varian tersebut memang banyak di sukai banyak orang sebagai camilan yang bikin ketagihan untuk menikmatinya. Namun anda perlu juga memperhatikan beberapa hal yang perlu di pertimbangkan dalam menikmati keripik kentang yang sehat dan dalam artikel ini saya akan bahas perihal membuat keripik kentang yang sehat tentunya.

Di dalamnya terkandung berbagai nutrisi penting seperti energi, protein, serat, fosfor, kalium, tiamin, niasin, magnesium, mangan, pantotenat, vitamin B6, kolina, vitamin E, serta jenis lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Beragam Cara Membuat Keripik Kentang & Varian Olahan Kentang

Beberapa Resep Keripik Kentang

  1. Keripik Kentang Renyah
    • Bahan: 1 kg kentang, 2 sendok makan tepung maizena, 1 sendok garam.
    • Cara membuat: Rendam kentang dalam air dingin, iris tipis dan cuci hingga air bening. Taburi tepung maizena dan garam, lalu goreng dengan minyak banyak. Tiriskan, tambahkan keju bubuk atau bumbu sesuai selera.
  2. Keripik Kentang Balado
    • Bahan: Kentang, garam, bawang merah, bawang putih, cabe merah, gula, kaldu jamur.
    • Cara membuat: Kupas dan parut kentang, tumis bawang merah dan bawang putih, tambahkan cabai merah yang di-blender. Tambahkan bumbu dan kentang, aduk rata. Goreng hingga kering.
  3. Keripik Kentang Bumbu Tabur
    • Bahan: 500 g kentang, garam, air es, minyak, bumbu daging sapi.
    • Cara membuat: Potong kentang tipis, rendam dalam air es dan garam, tiriskan. Goreng hingga kering. Taburi bumbu daging sapi.

Mengenal Varian Jenis Olahan Kentang

Berbagai Variasi Jenis Kentang Kentang memiliki variasi yang luas untuk berbagai hidangan. Beberapa di antaranya meliputi:

  1. Kentang Goreng: Kentang yang digoreng, seperti french fries.
  2. Perkedel Kentang: Kentang yang dihaluskan dan diolah dengan bumbu, biasanya di goreng.
  3. Mashed Potato: Kentang yang dihaluskan dan dijadikan pendamping hidangan, seperti steak.

Dalam kesimpulan, keripik kentang tidak hanya menjadi camilan yang enak, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan dalam batas yang wajar. Membuat keripik kentang sendiri dengan resep-resep yang bervariasi dapat menjadi pilihan menarik untuk menghadirkan camilan yang lebih sehat dan lezat.

Cara Membuat Keripik Kentang Renyah

Keripik kentang memang merupakan camilan yang populer dan nikmat, tetapi perlu diingat bahwa mengonsumsi keripik kentang secara berlebihan juga dapat memiliki dampak negatif terhadap kesehatan. Meskipun ada beberapa manfaat kesehatan yang dapat ditemukan dalam keripik kentang, seperti yang di sebutkan di atas, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  1. Kandungan Garam dan Lemak: Sebagian besar keripik kentang yang dijual di pasaran mengandung tingkat garam dan lemak yang tinggi. Konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya, sedangkan lemak jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
  2. Pengolahan dan Penggorengan: Proses penggorengan keripik kentang dapat menghasilkan senyawa berbahaya seperti asam lemak trans dan akrolein, yang dapat menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan lainnya jika dikonsumsi dalam jumlah besar.
  3. Kandungan Kalori: Keripik kentang cenderung memiliki kandungan kalori yang tinggi dibandingkan dengan camilan lainnya. Konsumsi kalori berlebihan dapat berkontribusi pada masalah kelebihan berat badan dan masalah terkait lainnya.
  4. Kandungan Nutrisi Terbatas: Meskipun ada beberapa vitamin dan mineral dalam keripik kentang, seperti vitamin C, kalium, dan magnesium, keripik kentang tidak dapat dianggap sebagai sumber utama nutrisi. Lebih baik mendapatkan nutrisi dari makanan lain yang lebih sehat dan kaya serat.

Jika Anda ingin menikmati keripik kentang dengan lebih sehat, pertimbangkan beberapa tips berikut:

  • Cobalah membuat keripik kentang di rumah dengan menggorengnya dalam minyak sehat seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.
  • Potong kentang tipis-tipis untuk mengurangi waktu penggorengan dan menghasilkan tekstur yang lebih renyah tanpa perlu banyak minyak.
  • Batasi konsumsi keripik kentang sebagai camilan sesekali dan tidak sebagai bagian utama dari pola makan Anda.
  • Perhatikan label produk jika membeli keripik kentang di pasaran, pilihlah yang memiliki kandungan garam dan lemak lebih rendah.

Namun, sebagai gantinya, pertimbangkan untuk memasukkan lebih banyak makanan sehat ke dalam pola makan Anda seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Demikian pembahasannya cara membuat keripik kentang yang sehat Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda

Chat via Whatsapp