Cara Menggunakan Mesin Vacuum Frying

Mesin Vacuum Frying
Mesin Vacuum Frying

Bagi sebagian orang awam mungkin agak terdengar asing dikuping mereka apa itu mesin Vacuum Frying. Dan bagi sebagian lain yang paham bahasa inggris , akan bingung mengerti bahwa namanya aneh dan nama yang salah, karena nama tersebut berupa verb yang menunjukan aktifitas bukan nama benda. Sebenarnya apa sih mesin vacuum frying itu? Kenapa bukan vacuum fryer tapi kok vacuum frying? Fungsinya apa? Dan bagaimana proses kerjannya?

Mesin Vacuum Frying fungsinya adalah ,mesin untuk menggoreng buah atau sayur menggunakan metode vacuum/sedot sehingga buah atau sayuran menjadi bentuk baru berupa kripik buah dan kripik sayur.  Tentu saja yang benar namanya Vacuum Fryer bukan Vacuum Frying, tetapi masyarakat sudah terlanjur slah kaprah menyebutnya Vacuum Frying, sehingga para produsen dan penjual mesin Vacuum Frying ini rata-rata menyebutnya demikian agar mudah dimengerti.

Apa Gunanya Proses Penggorengan Vacuum?

Penggorengan vacuum digunakan untuk proses penggorengan dalam suhu rendah. Proses normal, minyak goreng akan mencapai titik didih sekitar 160°C. Banyak barang yang tidak bisa digoreng pada suhu yang setinggi itu. Barangkali orang-orang yang memiliki ide-ide gila untuk menggoreng bahan-bahan yang “tidak bisa di goreng” itu yang kemudian menginspirasi ide-ide kreatif para peneliti untuk menciptakan mesin Vacuum Fryer. Dalam penggorengan vacuum di mungkinkan dapat melakukan proses penggorengan suhu rendah dengan suhu rendal, misalnya 70°C – 80°C.

Bagaimana Proses Terjadinya Penggorengan Suhu Rendah?

Sebagaimana kita pelajari di sekolah, menurut hukum Gay Lussac bahwa pada volume konstan, tekanan gas berbanding lurus dengan suhu mutlak. Hukum Gay Lussac menyatakan suhu mutlak (yaitu suhu yang dinyatakan dalam derajat kelvin, bukan derajat celcius) semata-mata untuk menyatakan persamaan matematik, yang adalah perbandingan tekanan dan suhu akan linier. Jika dinyatakan dalam celcius, maka perbandingannya tidak akan linier, akan tetapi masih tetap berbanding lurus. Secara umum bisa kita katakan, bahwa semakin tinggi tekanan udara pada suatu ruang tertutup, maka semakin tinggi suhu pada ruang tersebut. Sebaliknya semakin rendah tekanan udaranya, maka semakin rendah pula suhunya. Dan Mesin Vacuum Frying ini menggunakan hukum ini sebagai prinsip prosesnya. Dengan menurunkan tekanan pada tabung penggorengan, maka suhu didalamnya pun juga akan semakin turun. Dengan tekanan dibuat vacuum, maka suhu akan turun semakin jauh sehingga bisa dilakukan penggorengan pada suhu rendah. Dengan proses inilah kemudian bahan-bahan yang semestinya tidak bisa di goreng, akhirnya bisa di goreng juga dan menghasilkan produk baru, diantaranya kripik buah dan kripik sayur.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sukses buat anda…

(dn)

One thought on “Apa Sih Keuntungan Menggunakan Mesin Vacuum Frying??

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 2 =