Tips Memulai Bisnis Food Truck

Tips Memulai Bisnis Food Truck

Tips Memulai Bisnis – Jika ditanya apa penghalang usaha terutama usaha makanan dan minuman pasti jawabannya adalah tidak adanya tempat atau kios. Sebagian pengusaha pasti pernah merasakan kendala tersebut tetapi taukah Anda dengan bermodalkan mobil pickup Anda dapat memulai usaha tanpa harus menyewa tempat dan membayar sewa. Metode pemasaran produk secara nomaden atau berpindah-pindah nyatanya sangat menjanjikan. Karena di sini Anda dapat menjemput konsumen sehingga target pasar Anda bisa lebih luas dan itu berpengaruh dengan penghasilan yang Anda dapatkan. Apa lagi jika pada dasarnya Anda suka sekali dunia traveling, ini bisa menjadi jalur untuk menyalurkan kesenangan Anda juga.

Tips Memulai Bisnis Food Truck

Namun apakah usaha ini beresiko? Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal itu, sejauh ini yang kami ketahui pengusaha yang menggeluti bisnis food truck tidak ada yang mengeluhkan masalah yang serius seperti berkurangnya konsumen dan mengalami kerugian yang sangat besar, malah sebaliknya. Modal untuk memulai usaha ini lebih sedikit jika dibandingkan membuka usaha kios atau resto, tetapi keuntungannya bisa sangat menjanjikan asal Anda mengerti strategi pemasan serta penentuan lokasi yang tepat. Lalu bagaimana strategi pemasaran dan penentuan lokasi yang tepat untuk bisnis food truck? Mari kita bahas soal kedua hal ini.

Di era serba teknologi sekarang ini siapa sih yang tidak menggunakan media sosial sebagai media untuk memberikan informasi? Nah, untuk itu Anda bisa menggunakan media sosial untuk melancarkan strategi pemasaran. Misalnya Anda dapat menggunakan media sosial Instagram sebagai media penghubung dengan para penikmat makanan yang Anda produksi. Konten Instagram bisa berisikan foto dan tempat lokasi Anda berjualan saat itu. Untuk menarik banyaknya konsumen Anda juga bisa memberikan informasi promo atau kuis berhadiah dengan media sosial tersebut.

Untuk penetuan lokasi, karena pada dasarnya metode penjualan dengan menggunakan food truck berpindah-pindah jadi Anda bisa menentukan lokasi sendiri. Pemilihan tempat berjualan ada dua pilihan, yaitu memilih tempat yang sudah ramai namun harus membayar sewa lahan atau tempat yang tidak terlalu ramai namun tidak memerlukan biaya sewa. Jika pilihan Anda adalah tempat yang sudah ramai dikunjungi konsumen biasanya cukup susah mencari lahannya atau Anda harus menunggu event tertentu untuk mendapatkan tempat dengan target pembeli yang banyak namun ini memerlukan biaya sewa yang mahal. Apabila Anda pilih lokasi yang tidak ramai, soal lahan pastinya sudah tersedia dan tidak perlu biaya penyewaan. Nah bila itu yang Anda pilih gunakan media sosial untuk memberikan pengumuman lokasi Anda saat itu ke konsumen.

Jika dari kedua hal di atas Anda sudah mendapat bayangan untuk memulai usaha food truck kami akan berikan beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai usaha ini. Tips Memulai Bisnis Food Truck :

  • Pelajari ketentuan dan syarat untuk izin membuka usaha food truck
  • Siapkan modal usaha
  • Mulai mencari informasi truck yang tepat untuk memulai usaha ini
  • Tentukan produk makanan apa yang ingin Anda jual
  • Mulai mencari spot ramai untuk tempat Anda berjualan
  • Pikirkan strategi pemasaran yang tepat
  • Ubah truck Anda senyaman mungkin agar dapat menarik konsumen
  • Mencari koneksi jika Anda ingin berjualan pada event tertentu

Semoga tips yang kami sampaikan dapat berguna bagi Anda yang ingin memulai usaha makanan atau minuman berbasis food truck. Perlu Anda ingat jangan langsung pesimis jika untuk memulai bisnis namun modal tidak mencukupi, karena selalu Anda jalan keluar yang bisa Anda pilih. Salah satunya dengan berbisnis food truck, modal yang dibutuhkan memang bisa dibilang tidak terlalu sedikit namun keuntungannya yang akan Anda dapatkan dapat dipastikan akan sebanding.

SUC