Membuka Usaha Popcorn Yang Menguntungkan

Usaha Popcorn

Popcorn adalah cemilan atau jajanan yang terbuat dari jagung yang dimakan saat bersantai, menonton film dan acara keluarga. Popcorn adalah makanan yang banyak diminati oleh anak-anak dan ramaja yang biasa nya di jual di bioskop, taman bermain, pasar malam, sekolah dan  kampus atau juga tempat orang-orang berkumpul. Tempat-tempat seperti itulah yang menjadi sasaran utama dalam menjual popcorn.

mesin popcorn

mesin popcorn

Bahan baku baku pada popcorn adalah jagung dan mentega, popcorn adalah jagung yang dipanaskan dengan suhu tinggi. Sedangkan mentega sendiri digunakan untuk agar popcorn menjadi lebih gurih. Membuat popcorn sanagat lah mudah hanya dengan memasukkan satu sendok makan mentega dan 2 atau 3 sendok jagung ke mesin popcornatau microwave dan dalam 2 menit popcorn yang gurih dan lezet siap di jual.

Cukup mudah kan”

Sebelum kita menjual popcorn pastikan kita harus mencari lokasi usaha popcorn yang strategis karena tidak semua orang membutuhkan popcorn untuk cemilan, tentu masih banyak aneka cemilan lainnya. Dan juga untuk tempat sewa yang akan dijadikan tempat penjualan harus sesuai dengan harga dan banyaknya penjualan yang terjadi

Ada Beberapa Perlengkapan Dalam Memulai Usaha Kecil Popcorn

Anda dapat menggunakan microwave karena dapat menghemat modal karena harga nya yang rendah dan microwave juga dapat digunakan untuk keperluan lain, namun kapasitasnya kecil dan terbatas untuk keperluan usaha popcorn. Sedangkan apabila menggunakan mesin popcorn anda memang harus mengeluarkan modal yang cukup besar dan juga mesin tidak bisa dipakai untuk keperluan lain namun mesin ini dapat menunjang kegiatan usaha popcorn dengan baik, ini sangat cocok apabila ingin benar-benar memulai usaha popcorn. Jadi anda harus memilih salah satu untuk membantu anda memproduksi popcorn.

Apabila anda ingin usaha modal kecil popcorn bisa berjalan hanya dengan seorang operator , jadi apabila anda ingin mengelola secara langsung anda tidak emerlukan bantuan karyawan dan apabila tidak ingin terlibat langsung dan membuat usaha popcorn sebagai sampingan dapat mempekerjakan seorang karyawan untuk bisnis popcorn.

Dalam usaha popcorn memerlukan promosi dengan menggunakan spanduk atau banner besar untuk memberitahu keberadaan usaha anda, buat jaga etalase atau gerobak yang menarik dan warna mencolok mata. Banyaqknya popcorn dan rasa yang gurih akan menjadi ukuran bagi pembeli, terutama apabila ingin bersaing dengan penjual popcorn yang lain.

Kita juga harus perhatikan beberapa hal berikut :

Harga jual Popcorn

Popcorn memang banyak dijual seperti di sekolahan atau taman hiburan malam dijual dnegan harga Rp. 5.000, ada juga dengan gerobak dorong untuk berkeliling kampung dengan harga Rp. 3.000-Rp. 5.000 atau biasanya sesuai dengan uang yang pembeli miliki. Namun harga itu masih terbilang murah karena biasanya seperti di bioskop atau tempat rekreasi biasanya mencapai Rp. 10.000-Rp. 20.000 sesuai dengan harga sewa tempat yang juga mahal.

Resiko Dalam Menjalankan Usaha Popcorn

Resiko terbesar adalah karena pembeli yang datang sedikit saja, ini bisa di karenakan popcorn bukanlah usaha makanan pokok yang selalu di cari pembeli setiap hari. Mundurnya perekonomian dan mundurnya pendapatan masyarakat sekitar juga bisa membuat penjualan berkurang. Walau begitu, dikarenakan biaya operasional usaha modal kecil ini sedikit. Ini dapat menutup kerugian yang bisa di timbulkan

(afr)