Panggangan Gas Vs Panggangan Arang, Mana Yang Lebih Baik???

Panggangan Gas

Panggangan gas merupakan Alat panggang untuk kepentingan memanggang makanan seperti ayam, ikan, sate, serta sosis yang masih memakai anglo yang mengandalkan arang tentunya akan merepotkan dan kurang sehat. terlepas dari kenyataan bahwa kombinasi ke 2 benda itu memiliki beberapa nilai kelemahan, apakah Anda sudah tahu sekarang ada alat yang dapat menutup kelemahan yang dimiliki oleh anglo + arang ?

Tidak sebagaimana duet anglo serta arang yang dalam prosesnya nanti membutuhkan waktu persiapan yang panjang, kerugian non teknis seperti ini tidak akan dialami oleh siapa saja yang mau beralih memakai Alat Panggangan Gas. Faktanya, bahan bakar gas memang diketahui dapat lebih cepat dipanaskan dan lebih cepat menghasilkan api jadi. 

Bagi para pebisnis kuliner ayam, ikan, sate, dan sosis bakar yang masih memakai anglo berbahan bakar arang, pastilah sadar bahwa selama proses pemanggangan sedang berlangsung, 1 hal yang pasti akan selalu hadir meski tidak diundang adalah asap serta abu arang yang akan terbang kemanapun mereka mau. Kabar baiknya : Bila mereka memiliki alat panggangan gas, ke 2 hal yang mengganggu tersebut tidak akan muncul.

Manfaat Alat Panggangan Gas :

  • Berikan proses pre heating yang singkat.
  • Menghasilkan api jadi dalam tempo lebih cepat.
  • Memanggang tanpa mengeluarkan kepulan asap.
  • Menghasilkan makanan yang cepat matang dan matang merata.

Cara Memilih Pemanggang

Dengan menggunakan panggangan gas, Anda bisa memanggang daging tanpa perlu mengkhawatirkan timbulnya asap.

  • Tentukan lokasi alat panggangan akan diletakkan

Berdasarkan sumber panasnya, alat panggangan secara umum dibagi menjadi dua. Tipe pertama adalah pemanggang yang menggunakan gas, sedangkan tipe kedua menggunakan energi listrik.

Apabila Anda hendak memakainya di luar ruangan, pemanggang tipe gas lebih direkomendasikan. Namun, jika Anda hendak memakainya di dalam rumah, Anda dapat memilih tipe mana pun sesuai kenyamanan Anda.

  • Pilih produk dengan kipas (built-in fan) untuk meminimalisir asap

Salah satu keunggulan alat panggangan adalah memungkinkan Anda untuk memanggang daging dengan asap yang minim. Akan tetapi, bukan berarti asapnya hilang sepenuhnya. Apabila Anda ingin memanggang dengan asap sekecil mungkin, pilihlah produk yang sudah dilengkapi dengan built-in fan. Kipasnya akan mengisap asap yang muncul sehingga mencegah timbulnya asap lebih baik dibandingkan produk yang tidak dilengkapi built-in fan.

  • Jika Anda mengutamakan rasa, pilih produk yang memakai infrared

Apabila Anda mengutamakan rasa hasil panggangan yang autentik, alat panggangan yang menggunakan teknologi infrared lebih direkomendasikan. Sinar infrared akan menembus dan memanggang daging secara optimal sehingga rasanya pun makin nikmat.

Meskipun begitu, pemanggang seperti ini biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk memanggang. Apabila Anda tidak masalah dengan hal tersebut, Anda bisa segera mencari review produk tersebut dan segera membelinya.

  • Pilih berdasarkan jenis piringannya

Anda akan menemukan alat panggangan yang piringannya dapat diganti sesuai dengan bahan makanan yang akan dipanggang. Ada yang piringannya didesain bergelombang agar hasil panggangan tidak terlalu berminyak. Ada juga yang piringannya datar untuk memungkinkan Anda membuat berbagai makanan seperti roti bakar atau okonomiyaki.

Jika Anda berencana hanya untuk memanggang daging, tentu tidak masalah apabila piringan tersedia hanya khusus untuk daging. Namun, produk dengan beberapa jenis piringan akan lebih fleksibel karena dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan. Ada juga piringan yang dijual terpisah. Karena itu, Anda perlu mengecek kesesuaian penggunaannya sebelum memutuskan untuk membeli.

  • Pastikan produknya mudah dibersihkan

Meski timbulnya asap bisa ditekan, Anda tetap harus membersihkan panggangan dari sisa bakaran dan lemak yang menempel. Untuk itu, pilihlah produk yang piringannya dapat dilepas dan dipasang agar mudah dibersihkan. Jika tray dan kipasnya bisa dilepas, Anda akan makin mudah membersihkan bagian-bagian yang lengket. Sebelum membeli, Anda perlu mengecek apakah alat panggangan tersebut memiliki bentuk piringan dan komponen-komponen yang mudah dibersihkan.

Perbandingan Memanggang Dengan Arang dan Gas

Proses memanggang seperti yang kita ketahui paling populer adalah dengan menggunakan arang kayu dibanding dengan gas. Tapi, perdebatan pun muncul. Mana alat panggangan yang bisa menghasilkan makanan lebih sehat?

Menurut Eating Well, kedua alat panggangan ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, mulai rasa, biaya dan kenyamanan saat penggunaannya. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang berhasil menemukan mana cara memanggang yang lebih sehat di antara keduanya.

Hanya saja, pertimbangannya mungkin harus sedikit diubah. Bukan lagi pertimbangan mana yang lebih sehat, tapi dari segi rasa dan juga akibat jangka panjangnya. Memanggang dengan menggunakan bahan bakar arang akan melepaskan karbon monoksida, partikel dan jelaga ke atmosfer. Hal ini berkontribusi pada peningkatan konsentrasi polusi yang akan merusak ozon. Namun, ketika memanggang memakai arang kayu, rasa makanan bakaran akan terasa lebih nikmat dibanding pemanggang gas. Dengan arang, aroma akan jadi lebih harum, nikmat dan sensasi asap (smoke).

Bila menggunakan panggangan gas, tentu saja harganya akan jauh lebih mahal, dan rasanya kurang sedap. Akan tetapi, dengan gas, proses memasak akan jadi lebih cepat dan mudah diatur tingkat panasnya. 

Demikian pembahasannya tentang panggangan gas yang kini sudah banyak digunakan, serta canggihnya kini sudah menggunakan pans yang dapat meng-grill. Tentunya lebih memudahkan dan lebih cepat mematangkan bahan makanan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp