Mesin Ice Cream Gelato Dan Mesin Soft Ice Cream, Ini Bedanya Wirasob

Mesin Ice Cream Gelato

Mesin Ice Cream Gelato memang diciptakan khusus  untuk membuat es krim jenis gelato. Es cream ini sering kita jumpai di toko ice cream khusus yang biasanya harganya menengah. Terkadang es krim ini ada di toko kue dan rasanya sangat nikmat karena terbuat dari bahan natural asli.

Ini Dia 5 Hal Yang Bikin Kamu Keliru Soal Gelato! - MakanMana

Kata “Gelato” berasal dari bahasa latin Gelatus yang berarti beku. Sejarah Gelato ataupun Gelatus mengajak kita kembali ke masa konsepsi santapan penutup yang disajikan beku di Sisilia, Roma kuno serta Mesir pada ratusan tahun yang kemudian. Gelato yang segar, creamy, ringan dan rendah lemak, Italian Gelato merupakan makanan lengkap dan berkualitas tinggi, yang fiturnya berbeda dengan ice cream biasa. Teksturnya seperti hard es krim namun lebih lembut

Ketahui Apa Itu Gelato ?

Gelato (jamak: gelati) merupakan varian es krim regional Italia. Karena itu, gelato dibuat dengan beberapa bahan yang sama seperti kebanyakan makanan penutup susu beku lainnya. Susu, krim berbagai gula, penyedap termasuk pure buah dan kacang adalah bahan utamanya. Jika salah satu elemen dasar ini mengalahkan yang lain, struktur es krim akan berubah, dan runtuh. Untuk es krim yang seimbang, yang rasanya lezat dan bisa awet, berbagai bahan harus seimbang dengan baik agar rasanya bisa nge blend.

Apa Sih Perbedaan Mesin Gelato dan Mesin Es Krim?

  • Mesin Ice Cream Gelato dibuat khusus untuk membuat adonan jenis gelato (mesin jenis gelato) mirip dengan mesin hard ice cream. Namun gelato menggunakan bahan yang lebih lembut.
  • Mesin es krim mempunyai banyak varian, mesin soft ice cream, mesin es krim roll, mesin hard ice cream. Semua dibedakan dari output produk yang dihasilkan.

Pada mesin es krim terdapat hopper atau wadah untuk mengolah bubuk es krim dan mengaduknya, serta dilengkapi valve di sisi depan jika hendak menyajikan es krim dengan cone. Pada mesin gelato juga terdapat hopper, namun bedanya pengaduk gelato lebih cepat dibandingkan pengaduk es krim.

Pembekuan

Pernahkah Anda merasa bahwa rasa es krim lebih tajam dibandingkan gelato? Hal ini disebabkan oleh pembekuan es krim menggunakan suhu yang lebih rendah hingga mencapai minus 20˚C. Sementara gelato hanya membutuhkan suhu minus 10˚C saja. Jadi saat mencicipi gelato, lidah atau gigi Anda tidak akan kaget seperti saat mencicipi es krim. Sayangnya, rendahnya suhu ini menyebabkan gelato lebih cepat basi dibandingkan es krim.

Udara

Mesin es krim mengaduk lebih kuat dan cepat sehingga terjadi peningkatan volume lewat udara yang muncul saat pengadukan. Volume udara bisa bertambah hingga 90%. Inilah yang membuat tekstur es krim lebih halus dan lembut. Berbeda dengan mesin gelato yang mengaduk lebih lambat sehingga campuran yang dihasilkan lebih padat.

Apa perbedaan antara Gelato dan Es Krim?

Gelato berbeda dari es krim karena memiliki kandungan lemak yang lebih rendah, biasanya untuk gelato ukuran 3,5 oz mengandung 4-8% versus 14% untuk es krim. Secara umum, gelato memiliki kandungan gula yang sedikit lebih rendah, rata-rata antara 16-22% berbanding sekitar 21% untuk es krim. Susu tanpa lemak ditambahkan sebagai padatan. Tidak seperti es krim komersial di Amerika Serikat yang dibekukan dalam freezer jalur perakitan, gelato dibekukan dengan sangat cepat dalam beberapa batch kecil di dalam batch freezer. Batch freezer memasukkan udara atau overrun ke dalam campuran saat membeku. Tidak seperti es krim ala Amerika yang memiliki overrun hingga 50%, gelato umumnya memiliki overrun antara 20% dan 35%.

Bpk. Danny, Jakarta, Soft Ice Cream Machine

Gelato merupakan tipe es krim lembut yang memiliki hawa dengan jumlah yang relatif sedikit. Bagi peraturan, Gelato di Italia wajib mempunyai minimun 3, 5% lemak susu, tanpa batasan atas yang diresmikan. Gelato terbuat dengan susu, krim, bermacam gula, serta penyedap semacam buah fresh serta purees kacang.

Mesin Ice Cream Gelato

Isi gula dalam Gelato buatan sendiri, semacam dalam es krim tradisional, diimbangi dengan kandungan air untuk berperan selaku anti– pembekuan untuk menghindari pembekuan padat. Tipe gula yang digunakan meliputi sukrosa, dekstrosa, serta gula inversi buat mengendalikan rasa manis. Umumnya, Gelato mempunyai struktur sama semacam tipe es krim yang lain ialah memerlukan penstabil santapan.

Mesin ice cream gelato sanggup memproses bermacam rasa dengan efisiensi sangat besar. Mesin ice cream Gelato menggunakan tenaga pendingin dengan compressor Aspera dari Italia serta Refrigerant R404 yang sudah terbukti kualitasnya. Kamu dapat memproduksi Gelato dengan Skala Komersial sebanyak 100 liter per hari dengan memakai Mesin Gelato.

Rp 11.500.000
Rp 14.000.000
Rp 15.000.000
Rp 15.500.000

Berkembangnya bisnis ice cream Gelato sudah tak diragukan lagi, saat ini tumbuh kedai es krim dengan konsep Gelato yang digandrungi. Tentunya oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia, karena bisnis ini berpotensi memperoleh pemasukan lumayan besar. Bayangkan saja bila 1 cup harga kisarannya Rp. 45. 000 serta cuma memakan ongkos penciptaan 10%- nya saja. Betapa besar keuntungan yang anda dapatkan dengan berbisnis ice cream gelato.