Sedang Cari Camilan Sehat Untuk Diet? Es Krim Gelato Bisa Kamu Coba

Mesin Es Krim Gelato

Gelato adalah makanan dingin seperti es krim yang berasal dari Italia. Gelato sering juga disebut dengan es krim. Padahal es krim dan gelato itu adalah dua makanan yang berbeda lho. Dalam bahasa Italia, gelato memiliki arti beku. Kandungan gelembung pada gelato tidak sebanyak es krim. Hal tersebut yang menjadikan gelato memiliki tekstur lebih padat daripada es krim.

es krim cone

Buat kalian yang menghindari kandungan lemak tinggi, gelato bisa menjadi salah satu rekomendasi makanan yang dapat dikonsumsi. Setelah mengetahui informasi ini, tidak banyak lho para pendiet bermigrasi untuk memilih gelato daripada es krim. Gelato memiliki bahan utama susu dan lemak susu 15%.

Ini Alasan Gelato Bermanfaat Untukmu!

Gelato adalah salah satu makanan dingin yang direkomendasikan untuk kamu yang takut gemuk. Gelato juga dibuat dengan berbagai bahan simpel yang sehat. Gelato juga bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lain seperti potongan buah-buahan, kacang-kacangan, dsb. Agar lebih jelas ketahui dulu yuk manfaatnya.

  • Rendah lemak

Bahan utama gelato adalah susu dan tidak menggunakan krim seperti soft ice cream pada umumnya. Kadar lemak dalam gelato 2-9% tidak seperti es krim yang dapat mencapai 18-30%.

  • Bebas gluten

Jangan takut untuk kamu yang menderita diabetes karena gula yang digunakan sebagian besar dalam bentuk sakarosa. Sakarosa itu terdiri dari glukosa dan fruktosa yang tidak menaikkan kadar glikemik sebanyak kentang.

  • Memiliki setengah kalori

Kandungan kalori dalam gelato 158 kalori yang merupakan kurang dari banyaknya kalori pada es krim, yaitu 236 kalori. Hal tersebut dapat membantumu yang ingin mempertahankan atau mendapatkan tubuh yang ideal.

  • Tanpa bahan khusus

Bahan yang digunakan untuk membuat gelato murni alami, seperti kuning telur, susu, dan gula. Kamu bisa menambahkan berbagai bahan lain seperti buah-buahan segar, cokelat, dan kacangan-kacangan sebagai penambah rasa.

Wirastar Mesin Es-Krim WIR-118T

Gelato dinilai lebih memiliki banyak variasi daripada es krim. Mulai dari variasi warna hingga pemilihan topping. Hadirnya berbagai variasi ini membuat gelato selalu tampil kekinian dan mudah menarik perhatian pelanggan. Gelato juga diolah dengan suhu yang lebih tinggi daripada es krim, sehingga terciptalah tekstur yang lebih halus.

Di Indonesia sendiri gelato memang tidak semudah es krim untuk ditemukan di mana saja. Bahkan gelato disajikan secara khusus di berbagai restoran Italia di Tanah Air. Meskipun demikian, banyak para penggemarnya tertarik untuk membuat gelato sendiri di rumah. Gelato sendiri memiliki harga lebih mahal daripada es krim. Sebelum kamu mengeluarkan uang untuk membeli gelato, berkreasi sendiri sepertinya tidak kalah seru.

Resep Cara Membuat Gelato

Bahan-bahan

  • 60gr susu bubuk
  • 4sdm gula pasir
  • 1 butir telur
  • 700ml air
  • 2sdm tepung maizena
  • Secukupnya kacang almond kering

Langkah-langkah

  1. Kocok kuning telur menggunakan mixer. Gunakan kecepatan tinggi.
  2. Di wadah yang berbeda, larutkan susu bubuk dengan air dan gula. Aduk dan didihkan.
  3. Jika kuning telur sudah kaku, campurkan dengan tepung maizena dan rebusan susu yang masih hangat. Aduk seluruhnya dengan cepat.
  4. Masukan kembali adonan susu dan panaskan hingga mendidih.
  5. Diamkan adonan hingga uap panas menurun. Lalu masukkan ke kulkas.
  6. Tuangkan adonan dalam wadah pengantar dingin yang sudah diisi potongan es batu.
  7. Kocok dengan mixer sampai mengental dan mengeluarkan
  8. Lalu masukkan ke freezer hingga beku.
  9. Keluarkan adonan yang telah beku dan kocok kembali dengan mixer. Masukkan kembali ke freezer selama beberapa jam.
  10. Sajikan gelato dengan berbagai topping, seperti meses, kacang almond, dan sebagainya.

Sekilas caranya memang terlihat rumit karena harus beberapa kali memasukan dan mengeluarkan adonan ke freezer demi mendapatkan hasil yang maksimal. Cara tersebut dilakukan juga untuk menghasilkan tekstur gelato yang baik dengan rasa mendukung. Apabila tekstur gelato masih belum sesuai keinginan ada berbagai faktor yang menjadi penyebabnya.

Hasil gambar untuk resep gelato

Misalnya terlalu banyak menggunakan air, sehingga menyebabkan tekstur gelato tidak padat dan mudah mencair. Senada dengan itu, suhu dingin kulkas atau freezer tidak bekerja sempurna. Suhu yang buruk akan menyebabkan gagal untuk membekukan gelato. Itu mengapa banyak orang yang mempertimbangkan membuat gelato secara manual.

Jika salah langkah dalam membuat gelato akan menghambat kinerja dan memberikan hasil buruk. Hal tersebut juga dapat memudahkan pelanggan memberikan cap bahwa gelato buatanmu tidak bagus. Untuk meminimalisir masalah tersebut, saat ini sudah tersedia mesin es krim gelato yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan bisnis.

Peluang Usaha Gelato

Indonesia merupakan salah satu negara yang warganya suka akan kehadiran gelato. Namun sayangnya gelato hanya ditemukan di berbagai restoran saja. Bagi kamu yang ingin mencoba menjual gelato di rumah bisa dicoba. Siapa tahu keberuntungan ada di tanganmu bukan?

Berbicara usaha harus membutuhkan persiapan yang matang. Kamu juga perlu memikirkan keuntungan dan risiko yang bisa saja terjadi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Hal tersebut bertujuan untuk mempersiapkan mental dan solusi apabila memang terjadi.

Gambar terkait

Salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi adalah penggunaan mesin. Seperti pada pembahasan sebelumnya, membuat gelato dengan cara manual akan sedikit rumit dan membuang-buang waktu. Kamu perlu memastikan tekstur gelato maksimal dengan cara memasuk dan mengeluarkan ke freezer secara beberapa kali.

Sedangkan jika menggunakan mesin es krim gelato dapat mempercepat proses pengolahan. Penggunaan mesin juga dijamin dapat menghemat waktu dan tenagamu. Kamu hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan yang berikutnya akan diolah menggunakan mesin. Kamu bisa membuat bahan-bahan sendiri atau memanfaatkan cara instan dengan membeli bubuk yang sudah jadi di pasaran.

Mesin Es Krim Gelato

Untuk mencari mesin ini, kamu bisa mengunjungi berbagai toko mesin makanan dan minuman. Kamu juga bisa mengunjungi toko kami langsung untuk bertanya lebih lanjut seputar mesin es krim gelato atau kebutuhan mesin lainnya. Dilengkapi dengan fitur digital, akan lebih mempermudahmu untuk mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan.

Mesin es krim gelato kami memiliki material yang terbuat dari full stainless steel. Stainless steel sendiri memang menjadi material utama yang banyak digunakan berbagai mesin makanan. Pasalnya material tersebut aman digunakan saat bersentuhan langsung dengan makanan, sehingga terhindar dari kontaminasi. Material ini juga mudah untuk dibersihkan setiap setelah pemakaian, sehingga dapat mencegah datangnya korosi.

Gelato Showcase

Gelato showcase juga menjadi salah satu mesin wajib yang harus kamu miliki jika ingin membuka usaha gelato. Mesin ini memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan gelato yang sudah jadi. Tidak penyimpanan ini juga memiliki kecanggihan dengan mempertahankan suhu gelato agar tetap beku dan fresh sampai dikonsumsi pelanggan.

Tidak hanya sebagai tempat menyimpan, gelato showcase juga berguna untuk menampilkan variasi gelato dari balik kaca. Hal ini memudahkan pelanggan untuk memilih gelato kesukaannya dengan hanya sekadar menunjuk dari balik kaca. Mesin ini juga dilengkapi dengan pencahayaan LED, sehingga dapat membuat tampilan gelato semakin berkelas dan menggiurkan. Jika tidak menggunakan gelato showcase hasil simpan gelato dikhawatirkan tidak maksimal. Bisa mudah cair atau terlalu beku.

Ice Cream Display Freezer ARD-480L

Membangun bisnis gelato memang bukan suatu pilihan usaha yang mudah. Kebutuhan mesin menjadi salah satu pertimbangan yang berat untuk membangun bisnis gelato. Pasalnya kedua mesin tersebut memang memiliki harga yang cukup fantastis. Meskipun demikian, hasil yang diberikan oleh kedua mesin tersebut sangat memuaskan.

Untuk memulai berbisnis gelato biasanya diawali dengan pengadaan kedai atau kafe kecil-kecilan. Melalui berbagai menu dengan kombinasi es krim, baru nantinya kamu akan membutuhkan mesin es krim gelato. Saat ini sudah tersedia berbagai cara transaksi yang memudahkanmu, misalnya dengan melakukan cicilan. Jadi, jangan takut untuk memulai usaha ya!

 

(Zakiah)