Skip to content
Home » Kemasan Makanan Unik Dan Murah,Solusi Hemat Pebisnis UKM

Kemasan Makanan Unik Dan Murah,Solusi Hemat Pebisnis UKM

  • by

Kemasan Makanan Unik Dan Murah

Kemasan makanan unik dan murah memang menjadi incaran para produsen makanan untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Karena dari kemasan yang unik akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Tak heran bila kini banyak para produsen makanan membeli kemasan makanan yang unik dan murah demi meningkatkan nilai jual produknya.

Semua produsen makanan tentunya ingin produknya jadi yang nomer satu dan berbeda demi memenangkan persaingan produknya dipasaran. Selain meningkatkan kualitas dari produk makanan produsen juga perlu mendesain kemasan produknya jadi unik dan menarik. Juga memilih bahan kemasan yang terjangkau harganya agar biaya produksi bisa ditekan.

Hal utama dalam membuat kemasan produk adalah, faktor keamanan dan kenyamanan. Namun, untuk mendukung sebuah pemasaran, kemasan yang aman dan nyaman saja tidaklah cukup, kemasan tersebut juga harus memiliki sifat unik, agar mudah dikenali dan meninggalkan kesan mendalam bagi konsumen.

Dalam memenangkan persaingan pasar terhadap suatu pesaing produk, kemasan memang perlu dibuat unik. Bagaimana caranya ?, simak tipsnya berikut ini:Tips Membuat Kemasan Makanan Unik

  • Buatlah Kemasan yang Berguna

Di zaman yang serba instan seperti sekarang ini, semakin banyak orang ingin melakukan sesuatu secara cepat. Anda dapat membuat sebuah kemasan yang berguna, seperti membuat kemasan untuk selai cobalah memanfaatkan tutup kemasan agar menjadi sendok atau pisau oles. Dengan begitu pembeli tidak harus kesulitan ketika hendak mengoleskan selai tersebut ke dalam roti.

  • Mainkan Imajinasi

Jika Anda mempunyai imajinasi mengenai kemasan yang unik dan menarik, cobalah tuangkan imajinasi Anda ke dalam sebuah kemasan. Seperti pada kemasan kuas cat berikut ini. Penjual membuat kemasan yang menarik dan unik, membuat seakan-akan bulu pada kuas itu seperti kumis. Selain itu juga, penjual memberikan beberapa ilustrasi mengenai wajah seseorang dengan beragam ekspresi dan karakter. Kemudian juga, permainan warna pada kuas juga seperti seolah-olah kumis dengan warna yang natural.

  • Membuat Sesuatu yang Unik dan Menarik

Membuat kemasan produk unik memang tidak semudah membuat kemasan seperti biasa, sebab Anda harus membuat kemasan dengan desain yang lain dari biasanya. Seperti contoh kemasan teh celup yang dibentuk menjadi sebuah hanger baju yang lucu dan imut. Selain itu, Anda juga dapat menjadikan kotak kemasan seakan-akan sebuah lemari pakaian. Padahal itu sebuah teh celup yang memang didesain sedemikian rupa sehingga membuat kemasan teh celup menjadi lebih lucu dan unik.

  • Kemasan yang Memiliki Dua Fungsi

Membuat sebuah kemasan dengan desain yang memiliki fungsi merupakan suatu kelebihan tersendiri. Seperti sebuah kemasan kacang rebus dengan dua fungsi ini, sebagian sisi lainnya untuk wadah kacangnya, sedangkan sisi lainnya untuk membuang sampah kulit kacangnya. Kemasan seperti ini dapat menyadarkan konsumen untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah kulit kacang di sembarang tempat. Bahkan, kemasan seperti ini juga dapat menjadi ide membuat kemasan produk unik. Anda dapat mencoba membuat kemasan dengan dua fungsi yang berguna sebagai wadah makanan dan minuman.

  • Buatlah Kemasan yang Memiliki Pesan

Tidak ada salahnya untuk membuat kemasan yang memiliki pesan tersendiri. Seperti menyisipkan beberapa pesan lucu yang menjadi sebuah lelucon bagi konsumen. Sehingga Anda dapat menghibur konsumen dengan kemasan. Tidak banyak yang menggunakan kemasan produk unik dengan menyuguhkan pesan-pesan lucu atau bahkan gambar yang dapat menyampaikan pesan. Anda dapat mengambil poin yang satu ini untuk dijadikan kemasan bisnis Anda.

  • Kemasan Praktis

Anda juga dapat menggunakan kemasan produk unik yang praktis, sebab zaman ini semua orang membutuhkan sesuatu yang praktis. Untuk itu, tidak ada salahnya membuat sebuah kemasan yang praktis. Seperti menggabungkan antara kotak kemasan kue dengan minuman, sehingga konsumen tidak perlu ribet membawa dua bingkisan dalam satu waktu yang bersamaan. Anda juga dapat membuat kemasan untuk kue dengan saus cokelat yang dijadikan dlam satu wadah.

  • Membuat Kemasan Berbentuk Oven

Anda juga dapat membuat kemasan produk unik berbentuk oven ini. Siapa yang tidak suka dengan kue yang keluar dari oven dan masih hangat serta aromanya yang khas keluar saat Anda membuka kemasan tersebut. Seperti contoh kemasan berikut ini, yang memanfaatkan bentuk oven sebagai kotak makanan. Dengan tujuan agar konsumen memiliki kesan kue yang dibeli merupakan kue rumahan. Sehingga akan menimbulkan rasa rindu akan masakan sang Mama. Anda dapat mencoba untuk membuat desain kemasan yang unik dan dapat memberikan sugesti ke konsumen.

Pentingnya Kemasan Makanan

  • Desain kemasan sebagai pembeda antar produk

Apabila packaging anda menarik maka akan meningkat juga penjualan produk anda selain itu juga sebagai pembeda produk antara produk anda dengan produk lain sejenis. Misalkan melalui sebuah survei, produk biskuit sebagian besar menggunakan satu warna sebagai warna kemasannya.

Mengapa Anda tidak mencoba menggunakan beberapa warna sebagai pembeda produk Anda dengan produk lain? Dengan demikian produk Anda akan lebih mudah dikenali oleh konsumen. Warna hanyalah salah satu sarana pembeda dalam desain kemasan Anda dengan produk lain. Selain warna, Anda juga dapat memanfaatkan bentuknya, cara membuka kemasan makanannya, bahannya, dll.

  • Memberikan kesan tertentu pada produk Anda.

Anda dapat menyematkan kesan tertentu pada produk Anda melalui desain kemasan makanan unik Anda. Misalkan, Anda ingin memberikan kesan professional, Anda dapat menggunakan perpaduan warna biru dongker, putih, dan bahan kertas yang terkesan professional. Namun, Anda harus terlebih dulu melihat karakteristik target market Anda. Hindari memilih warna dan bahan hanya sesuai dengan selera Anda, tapi akhirnya ditolak oleh target market yang Anda tuju.

  • Sebagai nilai tambah pada produk Anda.

Desain kemasan makanan yang menarik akan memberi nilai tambah pada produk Anda. Nilai tambah dapat meningkatkan daya jual dan harga produk Anda. Sebagai contoh, saya pernah membeli sekotak besar cokelat saat saya pulang dari luar negeri. Kemasan makanan cokelat yang menarik, harga juga tidak murah, tetapi isinya sama saja dengan cokelat-cokelat lainnya yang dijual di supermarket biasa dengan harga lebih terjangkau. Mungkin satu kali Anda pernah memilih suatu produk melalui kemasannya? Coba ingat-ingat.

  • Sebagai pelindung produk Anda.

Desain packaging makanan yang baik juga berfungsi sebagai pelindung produk Anda. Bergantung apa jenis produk Anda tentunya membutuhkan perlindungan yang berbeda-beda. Desain kemasan makanan tentu berbeda dengan desain kemasan produk elektronik.

  • Sebagai brand image Anda

Desain box makanan juga berguna sebagai penjaga konsistensi brand image produk Anda. Anda ingin produk Anda dipersepsi apa? Tampilkanlah persepsi yang ingin Anda tampilkan melalui desain kemasan makanan Anda. Jangan sampai desain packaging makanan Anda malah bertentangan dengan brand image yang ingin Anda tampilkan.

Pentingnya Etika Kemasan Makanan

  • Sesuai dengan psikologi konsumen yang dijadikan target pasar

Sebuah kemasan biasanya disesuaikan dengan target pasar yang dituju. Jika itu untuk anak-anak penambahan gambar kartun atau tokoh pahlawan pada desain kemasannya adalah cara yang tepat. Selain itu, gunakan warna-warna terang agar kemasan makanan Anda lebih menonjol. Kenapa harus menggunakan warna yang terang? Karena ini sesuai dengan psikologi anak yang senang dengan warna-warna cerah.

Jika target pasar yang ingin dituju adalah remaja, buatlah desain yang kreatif dan semoderen mungkin untuk menarik konsumen remaja. Namun, jangan kelewat batas, seperti menambahkan gambar yang membuat konsumen merasa tidak nyaman setelah melihat kemasan makanan Anda.

  • Kemasan makanan sesuaikan dengan tujuan pemasaran

Sesuaikan desain kemasan makanan dengan jenis makanan yang ditawarkan, guna untuk memberikan sedikit gambaran kepada konsumen tentang produk milik Anda. Kami beri contoh misalkan kemasan mie. Pasti Anda sering lihat bukan? Desain kemasan bergambar sajian mie, lengkap dengan toping dan garnis yang menggugah selera konsumen. Nah, inilah yang dimaksud dengan etika kemasan sesuai dengan tujuan pemasaran produk. Buatlah desain packaging makanan yang mencerminkan produk Anda.

  • Buat kemasan yang bisa memudahkan konsumen

Fungsi box makanan adalah untuk menjaga produk di dalamnya namun penting untuk memperhatikan kepraktisan box makanan. Ini berguna untuk memudahkan pembeli saat mengkonsumsi produk yang ada jual. Box makanan yang praktis dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

  • Penggunaan bahan kemasan yang sesuai dengan produk

Ketahanan produk dapat ditentukan dari penggunaan bahan kemasan yang digunakan. Misalnya produk yang ingin Anda jual adalah bubuk atau biji kopi, tentu kemasannya berbeda dengan produk lainnya. Jika Anda menggunakan pembungkus plastik biasa pasti biji atau bubuk kopi tidak akan tahan lama, namun jika Anda menggunakan kantong alumunium dengan pengikat (tin lie)di atasnya maka produk kopi milik Anda akan lebih tahan lama.

Dalam menciptakan kemasan makanan unik dan murah. Sebuah produsen makanan perlu menghitungkan biaya anggaran agar lebih terjangkau. Dari mulai pembuatan desain, pengadaan material sampai proses produksi. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Exit mobile version