Plastik Kemasan Dan Fungsi Dasar Yang Harus Anda Ketahui

plastik kemasan dan fungsi – Setelah sebuah produk makanan jadi dan selesai dibuat, maka selanjutnya akan masuk ke dalam tahap packaging atau memasukkan produk tersebut ke dalam sebuah kemasan. Berbagai kemasan sudah dibuat oleh setiap perusahaan untuk menempatkan produk yang mereka miliki, diantaranya merupakan plastik kemasan yang terbuat dari plastik yang akan melindungi produk ketika di pasarkan dan diedarkan ke berbagai tempat. Selain menjadi tempat atau wadah ternyata kemasan pun memiliki fungsi lain yang lebih dalam dan banyak sekali.

plastik kemasan banner

plastik kemasan banner

Berbagai Fungsi Plastik Kemasan

Makanan dan minuman yang menjadi produk sebuah perusahaan atau produk rumahan akan lebih baik jika dimasukkan ke dalam plastik kemasan. Hal tersebut membuat daya tahannya semakin panjang sehingga tanggal kadaluarsanya menjadi lebih lama. Kemasan pada umumnya didesain dengan menggunakan ciri khas tertentu dan memberikan informasi mengenai produk yang dijualnya. Dengan pengemasan yang baik maka konsumen akan jauh lebih percaya dan memilih produk tersebut karena terlihat lebih aman, terjamin, dan lebih sehat.

Beberapa fungsi lain dari plastik kemasan diantaranya:

  • Membangun dan memberikan citra perusahaan yang baik dengan menyertakan identitas dan berbagai informasi mengenai brand, merk, komposisi, dan pesan promo sebuah produk yang di jual di dalamnya. Semakin banyak terjual maka kemungkinan informasi menyebar semakin luas dan branding akan semakin di kenal di berbagai tempat.
  • Mempengaruhi konsumen dengan memberikan kemasan yang baik, lucu, menarik, sehingga konsumen lebih memilih produk yang menggunakan kemasan dibandingkan dengan yang tidak, atau yang memiliki kemasan yang tidak menarik.
  • Memberikan kesan yang baik terhadap produk makanan atau minuman yang ada di dalamnya. Kemasan akan melindungi produk yang ada di dalam sehingga tidak terkontaminasi dengan zat lain yang berbahaya.
  • Memberikan kemudahan dalam hal distribusi karena bisa dimasukkan ke dalam gudang, ke dalam kardus, dan bisa dengan mudah diterima oleh tangan pedagang ecer dengan bentuk yang sama tanpa merubah rasa, dan juga warna dari produk yang dijual oleh perusahaan.
  • Kemasan menjadi alat promosi yang paling akhir yang akan memberikan promo di deretan makanan atau rak makanan ketka dijajakan oleh pedagang. Kemasan yang menarik akan memberikan daya tarik kepada konsumen sehingga konsumen lebih memilih kemasan yang cantik dibandingkan kemasan yang biasa saja.

Promosi atau iklan yang diberikan oleh kemasan sebenarnya didukung juga dengan promo lainnya yang dilakukan perusahaan di berbagai media dan tempat. Namun yang paling penting ialah promo menggunakan kemasan bisa jadi akan lebih efektif karena selalu ada dimana mana dan barangnya pun akan selalu ada ketika promosi dilakukan. Plastik kemasan memberikan peluang kepada produsen untuk menjual produk makanan dan minumannya lebih baik lagi dibandingkan dengan produk yang menggunakan kemasan jenis lain atau yang tidak menggunakan kemasan sama sekali.