Tips Membeli Pemanggang Roti Sandwich Yang Bagus

Pemanggang Roti Sandwich

Pemanggang roti sandwich (bread toaster) merupakan alat yang digunakan untuk memanggang roti dengan cepat. Sehingga roti sandwich matang dengan cepat sial isiannya sesuai selera anda. Memiliki sebuah alat pemanggang roti lebih menguntungkan dalam jangka panjang.

Bila anda memiliki pemanggang roti atau oven toaster sendiri anda bisa menghemat banyak pengeluaran. Karena harga roti panggang yang enak tentu tidak murah. Selain itu bila memiliki panggangan roti sendiri maka anda bisa berkreasi membuat makanan berdasarkan resep favorite masing-masing.

Beberapa Fitur Pemanggang Roti

Fitur panggangan roti bisa bervariasi tergantung pada model maupun brand. Beberapa fitur tersebut misalnya : defrost, reheat, setting agar tetap hangat, bagian interior dengan lapisan anti lengket (non stick) agar mudah dibersihkan, bagian luar dengan lapisan plastik tahan panas, fitur touchpad, fitur keamanan yang secara otomatis akan mematikan alat manakala pintu terbuka dan lain-lain.

Fitur-fitur tersebut disamping fungsional karena jelas kegunaannya, juga akan berpengaruh pada harga oven toaster yang Anda beli.

Beberapa brand toaster yang bagus dan harga yang terjangkau :

  • Wirastar Bread Toaster BTT-820D Rp 1.200.000
  • Wirastar Conveyor Bread Toaster BTT-150D Rp 4.500.000
  • Sharp KZS-70L(W) Pemanggang Sandwich – Putih Harga Rp.160.000
  • Kirin KST-360 Pemanggang Sandwich – Putih Harga Rp.185.000
  • Denpoo DT-022D Pemanggang Roti Elektrik – Silver/Hitam Harga Rp.200.000
  • Oxone Eco Toaster OX-111 – Putih Harga Rp.260.000
  • Sharp KZS-80LP(K) Pemanggang Sandwich Harga Rp.220.000
  • Philips Pemanggang Roti HD4825 Harga Rp.390.000
  • Electrolux Pop Up Toaster ETS-1303 – Putih Harga Rp.340.000
  • Miyako Oven Toaster OT-106 – Putih Harga Rp.360.000

Harga toaster bisa berubah sewaktu-waktu kebijakan tergantung harga toko dan penjualnya.

Pemanggang Roti – Oven Toaster Terbaik

Berikut daftar 5 oven toaster terbaik yang layak Anda beli untuk dipakai di rumah :

  • Wirastar BTT-820D
  • Cuisinart TOB-26ON1
  • Panasonic NB-G11OP
  • Breville BOV845BSS
  • Delonghi DO 1289
  • Cuisinart TOB-135

Jenis Pemanggang Roti

Ada dua jenis alat untuk memanggang roti :

  • Pemanggang roti konvensional atau tradisional / standar. Biasanya digunakan untuk tugas-tugas sederhana seperti membuat roti, memanaskan kue-kue, ataupun memanaskan kembali makanan sisa. Tersedia bermacam-macam ukuran untuk mengakomodasi kebutuhan dan selera pelanggan yang berlainan. Fitur yang dimiliki misalnya aneka variasi suhu panggang, timer dan bel yang akan berbunyi manakala proses pemanggangan telah selesai.
  • Pemanggang roti konveksi. Jenis ini dapat memanggang roti dalam waktu yang lebih singkat dari pada model konvensional. Hawa panas yang ada dalam oven akan digerakan dengan kecepatan tertentu oleh kipas sehingga pemanasan lebih merata. Jadi, pemanasan bukan hanya dari atas dan bawah saja seperti halnya pada oven konvensional. Cara konveksi dapat menghemat energi hingga 50 % dan memangkas waktu masak hingga sepertiga dari waktu masak oven konvensional. Semua fitur yang ada pada oven konvensional biasanya juga ada pada oven konveksi.

Panggangan roti konvensional maupun panggangan roti konveksi biasanya diproduksi dalam aneka warna agar bisa disesuaikan dengan tema dan warna dapur pelanggan. Sebagian besar alat pemanggang roti untuk dioperasikan diatas meja. Namun ada pula oven toaster yang khusus diproduksi untuk diintegrasikan atau “ditanamkan” pada kitchen cabinet, sehingga dapur terlihat lebih rapi.

Tips Membeli Alat Pemanggang Roti Yang Bagus

Bagi Anda yang berniat memiliki sebuah oven toaster yang bagus untuk dirumah, berikut ini adalah tips singkat memilih dan membeli alat pemanggang roti :

  • Ukuran. Ini terkait dengan dimana panggangan roti tersebut nanti akan ditempatkan. Untuk mengetahui ukuran yang sesuai kita harus mengetahui berapa dimensi riil dari alat tersebut yaitu: panjang x lebar x tinggi. Ukuran yang tepat akan menentukan sesuai atau tidaknya alat panggang dengan ruang yang tersedia, terutama jika alat tersebut akan diintegrasikan dengan furnitur dapur yang lain seperti kitchen cabinet.

Tentang penempatan oven toaster pastikan letak alat tersebut nanti tidak bersebelahan dengan apapun yang bisa rusak karena panas, jauhkan dari jangkauan anak kecil, serta gunakan alas tahan panas agar tidak meninggalkan bekas atau “jejak” dimana ia diletakan.

  • Kapasitas. Yaitu berapa “volume” yang mampu ditangan alat panggang tersebut dalam sekali masak. Biasanya dihitung dengan satuan meter kubik atau kaki kubik. Setiap orang punya kebutuhan masak yang berbeda, dengan begitu kebutuhan kapasitas toaster-nya juga berbeda. Sebagai gambaran, oven toaster dengan kapasitas sekitar 0,6 kaki kubik biasanya sudah mampu memanggang satu ekor ayam utuh.
  • Rak, loyang dan baki remah. Alat pemanggang roti yang bagus biasanya sudah dilengkapi dengan minimal satu rak kawat yang bisa dicopot – pasang, loyang untuk menaruh makanan yang dipanggang, dan baki remah sebagai tempat sisa-sisa proses pemanggangan agar alat mudah dibersihkan. Pada ukuran toaster yang lebih besar jumlah rak, loyang dan baki remah bisa lebih dari satu.
  • Fungsi pemanasan ganda. Fungsi pemanasan yang paling umum dari oven toaster adalah membakar (bake), dan memanggang (toast). Dengan fungsi pemanasan ganda ini maka alat ini bisa digunakan untuk menyiapkan makanan lain selain roti panggang.
  • Hemat energi. Secara umum semakin kecil alat panggangan maka waktu pemanasan awal akan semakin cepat. Demikian pula dinding alat pemanggang yang tebal akan mengisolasi panas dengan lebih baik. Kipas pada model konveksi membuat pemanasan lebih merata. Semua itu banyak pengaruhnya pada penghematan energi.

Demikian pembahasannya tentang pemanggang sandwich yang dapat memudahkan memanggang roti bakar hingga menjadi hidangan yang siap di konsumsi di saat sarapan dan saat santai. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp