Team kami dengan senang hati akan menjawab pertanyaan anda

Jenis Oven Rumahan Yang Cocok Untuk Kebutuhan Pebisnis Pemula

Jenis Oven Rumahan

Oven Untuk Usaha Rumahan kebanyakan adalah oven standart yang di gunakan untuk bisnis rumahan. Karena tentunya disesuaikan dengan kebutuhan industri rumahan dan kebutuhan industri rumahan tentunya berbeda dengan industri besar.

Wirastar-Oven-Roti-WTR-20H-cover

Kini bisnis roti dan kue semakin maju dan meningkat karena merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang simpel dan bergizi. Tak heran bila bisnis bakery diminati oleh pebisnis rumahan sebagai usaha sampingan atau bisnis pokok untuk menghidupi keluarganya. Peralatan yang digunakan dalam bisnis bakery salah satunya adalah Oven.

Jenis – Jenis Oven Untuk Usaha Rumahan

Ada beberapa jenis oven yang digunakan oleh pebisnis rumahan tentunya sesuai kebutuhan spesifikasi, simak berikut ini :

  • Oven Tangkring

Oven tangkring adalah alat pemanggang yang sering digunakan zaman dulu. Alat tradisional ini memiliki bahan dasar dari alumunium atau besi. Tangkring diadaptasi dari bahasa Indonesia “nangkring” yang artinya berada di atas. Makna tersebut menggambarkan proses kerja oven ini yang perlu di panaskan di atas kompor atau bara api.

oven tangkring

Oven tangkring juga memiliki model dengan cekung bagian atas yang berfungsi untuk melatakkan arang panas. Jika dilihat dari sisi harga, oven tangkring sangat terjangkau. Oven ini juga cocok digunakan untuk para pemula. Namun, karena masih memiliki metode konvensional, Anda harus memperkirakan sendiri waktu matang makanan yang dipanggang.

Oven jenis ini merupakan oven untuk usaha rumahan yang dipasang di atas gas atau kompor minyak tanah atau di atas tungku api. Manfaat menggunakan kompor ini dapat adalah dapat meghemat biaya karena harga oven yang cukup murah. Namun kekurangan dari oven ini adalah kualitas api yang tidak bisa di tebak jika menggunakan kompor minyak tanah maupun tungku api.

  • Oven Listrik

Oven listrik ialah oven yang menggunakan sumber daya energi listrik. Alat memasak yang satu ini sangat cocok untuk kue kering, cake, ayam, roti dan jenis makanan lainnya. Oven listrik dinilai praktis karena kita tidak perlu menjaga kestabilan panasnya. Karena didesain dengan tampilan modern, oven listrik ini juga dilengkapi dengan pengaturan waktu dan suhu. Jika panggangan selesai, oven akan otomatis berbunyi dan proses pemanggangan selesai.

OVEN ROTI

Selain itu pengaturan api atas dan bawah bisa diatur sesuai keinginan. Namun ingat, karena ini menggunakan tenaga listrik pilihlah oven dengan daya listrik yang tidak merugikan Anda. Sesuaikan dengan kapasitas listrik di rumah Anda.  Oven listrik ini juga sering digunakan untuk memanggang steak. Bisa dibilang sangat mutifungsi

Jenis oven  roti dan kue yang mengubah energy listrik menjadi energy panas, atau dengan kata lain menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Manfaat menggunakan oven listrik adalah menjadikan memasak lebih praktis, mudah, dan efisien karena selain menggunaakan listrik sebagai energy penghasil panasnya juga dikarenakan adanya fitur pengendali temperature dan timer otomatis.

  • Oven Microwave

Oven ini bermanfaat hanya untuk memasak makanan yang mengandung air. Sumber energy yang dipakai adalah energy listrik sama dengan oven listrik biasanya. Hanya saja letak perbedaannya pada cara kerja masing-masing oven. Pada oven listrik, listrik memanaskan elemen pemanas, kemudian memanaskan udara di dalam oven, dan kemudian udara panas akan memanaskan masakan.

oven microwave

Sedangkan pada oven microwave, listrik menghasilkan gelombang listrik dengan frekuensi yang tinggi, yang kemudian gelombang listrik tersebut secara otomatis memanaskan atau memasak makanan yang mengandung air.

  • Oven Gas

Oven gas adalah alat pemanggang yang bahan bakarnya menggunakan energi gas untuk memanaskan ruangan oven. Alat ini biasanya digunakan untuk memanggang pizza, kue, roti, dan jenis masakkan lainnya. Pemanfaatan energi panas gas dari oven ini mempunyai fitur pengoperasian secara otomatis. Kue yang akan dioven disusun pada deck / rak. Oven ini juga dilengkapi dengan sistem pengapian atau pemanasan atas dan bawah. Sehingga hasil panggangannya akan lebih matang merata dan tidak gosong.

oven gas

  • Oven Gas Manual

Oven jenis ini menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Manfaat tambahan dari oven gas manual adalah hemat listrik karena menggunakan bahan bakar gas. Selain itu panas yang dihasilkan oven tidak mudah hilang karena dinding oven terbuat dari bahan isolator. Praktis dalam pengukuran suhu karena dilengkapi dengan thermometer. Hasil masakan juga matang secara merata karena terdapat fasilitas api atas dan api bawah, bahkan kita juga bisa mengaturnya apakah hanya menggunakan api atas saja ataukah api bawah saja.

oven gas manual

  • Oven Elektrik atau Oven Hybrit

Merupakan oven Hybrit yang menggunakan gas sebagai bahan bakar dan listrik untuk mengendalikan kerja oven. Selain untuk memanaskan makanan dan kue, oven elektrik memiliki manfaat yang lainnya adalah:

  • Praktis dalam pemakaian karena temperature dapat dikontrol secara otomatis, sehingga dapat disesuaikan sesuai kebutuhan, jika temperature yang diinginkan telah tercapai maka pembakar gas akan otomasi mati.
  • Lebih aman karena pemantik gas bersifat otomatis dengan listrik.
  • Efisien, karena terdapat timer untuk menentukan berapa lama oven akan bekerja.
  • Meminimalisir energi yang hilang, hal ini dikarenakan oven elektrik memiliki isolator panas yang bagus.
  • Mudah dalam melihat derajat panas suhu yang sedang bekerja pada oven karena dilengkapi dengan thermometer.
  • Memudahkan dalam inspeksi keadaan masakan karena terdapat lampu indikator.
  • Konsistensi yang bagus karena temperature dan waktu sangat mudah dikendalikan.

Ibu Yuni, Jakarta, Gas Baking Oven

Cara Merawat Oven

Ada dua kategori perawatan oven simak berikut ini:

  1. Cara Merawat Oven Membersihkan Sendiri

Fitur khusus pada oven self clean bekerja pada suhu yang sangat tinggi (mencapai 480 derajat Celcius) untuk mengubah residu makanan yang melekat pada interior oven menjadi abu. Meskipun otomatis, Anda tetap perlu melakukan beberapa langkah berikut guna memastikan keamanan kerjanya.

  • Buka jendela dapur guna melancarkan sirkulasi udara.
  • Keluarkan semua rak dari dalam oven untuk dicuci secara terpisah memakai sabun cuci piring cair.
  • Nyalakan oven pada pengaturan self clean pada saat dapur sedang dan tidak akan dipakai selama fitur ini berjalan beberapa jam. Sebagian oven mengunci secara otomatis selama proses pembersihan. Jika oven Anda tidak memiliki fitur pengunci otomatis, tinggalkan pesan atau beri tahu penghuni rumah bahwa oven sedang dibersihkan.
  • Biarkan oven hingga dingin setelah proses selesai.
  • Sapu abu yang dihasilkan, lalu lap seluruh bagian dalam dan pintu oven.

2. Cara Merawat Oven Biasa

Salah satu bentuk perawatan oven adalah membersihkannya secara teratur. Pilih bahan pembersih yang akan Anda pakai, entah itu produk pembersih oven siap pakai atau buatan sendiri dengan cara mencampur bubuk soda kue dan air.

  • Keluarkan semua rak dari dalam oven untuk direndam.
  • Semprotkan cairan pembersih ke seluruh bagian dalam oven secara merata dengan menghindari kipas dan elemen pemanas. Ikuti petunjuk pemakaian produk yang Anda beli.
  • Diamkan pembersih bekerja selama sekitar 15 menit untuk menghancurkan kerak sisa-sisa masakan gosong.
  • Sikat atau gosok permukaan dalam oven untuk mengangkat kotoran.
  • Seka permukaan yang telah digosok dengan spons cuci piring dan ulangi proses pembersihan jika perlu.
  • Bilas spons beberapa kali jika sudah kotor agar tidak menyebarkan kotoran ke bagian yang telah dibersihkan.
  • Gunakan lap bersih dan basah untuk mengelap bagian dalam oven sekali lagi.

Demikian pembahasannya tentang oven untuk bisnis rumahan yang bisa sering digunaka dalam bisnis rumahan. Alat tersebut sagat berperan sekali dalam bisnis bakery rumahan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.