Deep Fryer Gas Terbaik Itu Seperti Apa Sih? Begini Kriterianya

Deep Fryer Gas Terbaik

Deep fryer gas terbaik dipasaran tentunya memiliki fitur-fitur yang menarik dan menudahkan penggunanya dalam hal menggoreng, keawetannya dan ekonomisnya. Deep fryer gas dapat di pindah kemana-mana dan tak perlu sumber listrik sebagai energi panasnya, karena energy panasnya dari gas.

Deep Fryer Gas Terbaik

Sesuai namanya mesin penggorengan jenis ini menggunakan tenaga gas propane LPG. Mesin ini dilengkapi dengan thermostats untuk mengatur atau merubah suhu minyak dengan cepat. Beberapa deep fryer juga memiliki fitur timer dengan memanfaatkan tenaga baterai yang terbenam pada bagian belakang mesin, jadi olahan anda akan bebas dari kata-kata menjengkelkan, overdone alias gosong.

Selama proses penggorengan, thermostat inilah penanggung jawab utama suhu minyak pada fried sieve atau fry pot tetap stabil. Anda tinggal memutar tombolnya, biasanya dalam skala celcius, untuk negara luar beberapa menggunakan ukuran fahrenheit. Dengan tombol ini anda bisa mempertahankan suhu minyak. Contoh anda mau menggoreng fried chicken, suhu minyak harus stabil pada 150°C. Ayam yang telah dibumbui tepung di masukan selama 15-16 menit sementara thermostat memastikan suhu pada 150°C, tidak boleh terlalu naik atau turun selama menggoreng. Bila sudah matang, fried chicken dapat diangkat, ditiriskan dan diletakkan di cooling rack dengan lampu pemanas di atasnya agar kerenyahan ayam terjaga.

Fitur-Fitur Deep Fryer Gas Terbaik

  • Full body stainless steel, anti karat mudah dibersihkan
  • Suhu bisa diatur 50-200 derajat celcius
  • Konsumsi gas sangat irit 11.000 btu / jam
  • Kapasitas tangki yang besar yakni 5-25 liter
  • Gorengan lebih krispy dan tidak gosong, karena panas merata dari segala sisi tangki
  • Minyak goreng lebih tahan lama karena ampas tidak berada di atas api
  • Thermostats dengan digital control memudahkan kita untuk menjaga dan mengawasi suhu dengan optimal

Keuntungan Menggoreng Dengan Deep Fryer Terbaik

  • Produk matang sangat merata. Efek dari dimensi yang cekung dari deep fryer membuat tingkat penguapan minyak yang sedikit. Panas yang dihasilkan dari proses penggorengan lebih terjaga ketimbang menggoreng dengan wajan yang bentuknya ceper. Hasilnya, makanan yang digoreng menggunakan deep fryer tingkat kematangannya lebih merata.
  • Praktis. Menggoreng dengan deep fryer akan lebih praktis karena pengguna tidak perlu repot membolak-balik makanan lagi agar tidak gosong sebelah.
  • Adjustable Temperature. deep fryer kami dilengkapi dengan tombol pengatur suhu/thermostat. Jadi, pengguna bisa dengan leluasa mengatur suhu atau tingkat kepanasan yang diinginkan untuk membuat menggoreng makanan secara optimal.
  • Lebih aman. Ketika digunakan untuk menggoreng. Penutup deep fryer akan membuat pengguna terhindar dari letupan-letupan minyak yang biasa terjadi pada saat menggoreng. Selain itu, bahan makanan yang digoreng juga sangat mudah untuk diambil karena diangkat dengan keranjang.
  • Menggoreng lebih cepat. Menggoreng dengan deep fryer akan mempersingkat waktu. Karena deep fryer merupakan kompor bertekanan tinggi atau high pressure. Menggoreng akan lebih cepat dan tidak membuat pelanggan anda menunggu lama.
  • Nilai jual produk meningkat. deep fryer mampu menghasilkan gorengan yang lebih berkualitas yakni garing dan renyah. Kualitas yang lebih bagus tersebut tentu memberikan nilai lebih. Apalagi jika gorengan tersebut merupakan produk ternama yang akan dijual.

 

Manfaat Menggunakan Mesin Gas Deep Fryer

Apa sih yang membuat mesin deep fryer jadi istimewa? Mungkin pertanyaan itu yang sering timbul di benak Anda, melihat betapa populernya pilihan jenis mesin ini di berbagai restoran. Dan bukan hanya restoran biasa saja, tapi termasuk restoran internasional. Dapur-dapur profesional juga biasa menggunakan mesin deep fryer ini.

Mesin ini memang dirancang secara khusus agar bahan makanan yang digoreng menggunakan mesin ini “tercelup” dengan sempurna di dalam minyak goreng panas. Dengan demikian, hasil gorengan akan matang secara sempurna ke seluruh bagian. Karena itulah banyak restoran cepat saji yang menggunakan mesin ini sebagai bagian dari operasional sehari-hari, karena jelas mesin deep fryer menjamin hasil gorengan yang merata untuk ayam, kentang, dan berbagai jenis bahan makanan lainnya.

Pastinya ada banyak keuntungan atau manfaat yang bisa Anda manfaatkan dengan menggunakan mesin penggorengan jenis ini, termasuk gas deep fryer. Seperti yang sudah kita ketahui, penggunaan mesin ini akan menjamin hasil gorengan yang merata. Kemudian, jika dibandingkan dengan wajan biasa, biaya operasionalnya akan jauh lebih hemat, baik dalam penggunaan bahan bakar (gas) maupun minyak goreng. Karena, walaupun memang mesin ini mengharuskan Anda untuk menggunakan banyak minyak goreng agar bahan makanan bisa tercelup dengan sempurna. Rancangannya sudah dibuat secara cermat agar mampu menghemat konsumsi minyak.

Tips Memilih Mesin Deep Fryer yang Tepat dan Berkualitas

Deep fryer terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi. Anda harus pintar-pintar memilih mesin fryer mana yang cocok agar lebih efisien dan tidak mengalami kerugian.

Sebelum memilih, sebaiknya tentukan dulu tujuan penggunaan mesin fryer, apakah untuk menggoreng bahan makanan dalam jumlah besar atau tidak. Selain itu bujet serta lokasi di mana penggorengan dilakukan juga harus dipikirkan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa hal yang bisa jadi bahan pertimbangan sebelum memilih mesin fryer.

  • Kapasitas tangki

Deep fryer ini tersedia dalam berbagai macam tipe mesin penggoreng dengan beragam kapasitas, mulai dari 5,5 liter hingga 46 liter. Untuk memilih tipe mana yang pas, sesuaikan kapasitas tangki dengan jumlah produksi yang Anda hasilkan.

Apabila Anda sedang menjalankan bisnis kuliner dengan skala kecil, sebaiknya tidak perlu memilih mesin fryer berkapasitas besar. Sebaliknya, Anda wajib memiliki mesin berkapasitas besar bila dituntut menggoreng bahan makanan dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu singkat.

  • Bahan bakar

Seperti yang diketahui, mesin penggoreng terdiri dari dua jenis, yaitu yang menggunakan gas dan listrik. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih mesin mana yang sebaiknya dipilih dan dibeli.

Bila Anda akan menggunakan mesin tersebut di dalam ruangan seperti di rumah atau dapur restoran, ada baiknya memilih deep fryer listrik karena relatif lebih aman dan praktis. Walau begitu, perhatikan pula daya listrik yang digunakan di tempat Anda karena mesin ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

Untuk pemakaian di luar ruangan, mesin penggoreng yang menggunakan gas dianggap jauh lebih baik. Apalagi bila Anda harus menggoreng di lokasi yang tidak ada akses listrik, satu-satunya pilihan hanyalah menggunakan deep fryer gas.

  • Harga deep fryer

Setiap membeli suatu barang, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda. Yang perlu diketahui adalah semua tipe mesin penggoreng Deep fryer memiliki harga yang berbeda namun tetap terjangkau.

Harga deep fryer elektrik biasanya lebih murah dibandingkan dengan mesin yang menggunakan gas, tapi Anda sebaiknya tidak tergiur dengan harga murah dan tetap mementingkan kebutuhan Anda.

Deep Fryer - Bak Penggorengan Listrik - Fryer Pan

Demikian pembahasannya tentang mesin deep fryer gas terbaik untuk digunakan dalam bisnis kuliner dalam hal menggoreng. Agar gorengan anda matang sempurna dan renyah untuk dinikmati, semoga bermanfaat.

Chat via WhatsApp