15 Jenis Buah Penurun Darah Tinggi Yang Bagus Untuk Penderita Hipertensi

Buah Penurun Darah Tinggi

Buah penurun darah tinggi bisa menjadi obat alternatif untuk anda yang memiliki penyakit darah tinggi. Karena obat obatan kimia bila di konsumsi tentunya memiliki efek samping yang dapat merugikan anda.

Buah Penurun Darah Tinggi

Hipertensi merupakan nama lain dari penyakit blood pressure tinggi. Blood pressure itu sendiri ialah kuatnya aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh blood (arteri). Seperti yang kita ketahui bahwa buah memiliki kandungan vitamin alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Maka tak heran bila fruit tertentu menjadi obat alami yang dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Salah satunya adalah penyakit darah tinggi.

Fruit memiliki kandungan alami senyawa zat tertentu yang dapat menyehatkan tubuh tanpa efek samping yang merugikan kesehatan. Tak heran bila banyak orang yang mengkonsumsi buah tertentu untuk menyembuhkan penyakitnya salah satunya adalah penyakit hipertensi.

Manfaat Buah Bagi Tubuh

Manfaat fruit untuk tubuh sangat banyak dan beragam, buah umumnya merupakan salah satu kebutuhan untuk hidup sehat dan merupakan salah satu cara mencegah kanker.

Merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat yang paling ampuh dan alami. Berikut adalah manfaat fruit untuk tubuh kita.

  • Sumber vitamin, Fruit merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di fruit.
  • Sumber Air dan Gizi, fruit  merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Sumber antioxidan, fruit  merupakan salah satu sumber antioxidant alami terbesar yang ada di dunia.
  • Mencegah penyakit tertentu. Fruit merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
  • Obat luar tubuh, Fruit juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.

Manfaat fruit memang melebihi yang kita ketahui bersama, namun ada beberapa buah buahan yang harus kita waspadai dalam mengkonsumsinya. Hal ini karena ada beberapa fruit yang mengandung lemak dan gula yang berlebihan.

Image result for manfaat buah

Oke langsung saja. Untuk anda yang ingin tau buah penurun darah tinggi yang dapat menurunkan blood pressure tinggi anda simak berikut ini:

Gambar

Berbagai Macam Buah Penurun Darah Tinggi

  • l  Buah Delima

Delima adalah salah satu fruit yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Delima ternyata juga merupakan obat darah tinggi. Kandungan kalium dan juga polifenol dalam delima membuatnya mampu menurunkan blood pressure sekaligus menjadi antioksidan bagi tubuh.

  • l  Kandungan Buah Pepaya

Fruit pepaya merupakan fruit yang baik dikonsumsi setiap hari karena baik untuk saluran pencernaan. Konsumsi pepaya secara teratur ternyata juga bisa membantu menurunkan blood pressure. Kandungan potassium atau kalium dalam buah pepaya sangat tinggi bahkan bisa dikatakan lebih tinggi dari melon dan tomat.

  • l  Buah Mengkudu

Fruit mengkudu memang memiliki aroma yang sedikit menyengat, tetapi fruit yang satu ini juga sudah terkenal sebagai salah satu buah penurun darah tinggi.

Mengkudu banyak mengandung vitamin, mineral, dan beberapa senyawa lain yang mampu menjadi antioksidan bagi tubuh. Sebuah penelitian juga sudah menunjukkan manfaat fruit mengkudu untuk menurunkan blood pressure.

  • l  Kandungan Pada Buah Aprikot

Fruit untuk menurunkan tekenanan darah tinggi yang terakhir adalah aprikot. Anda bisa menikmati aprikot dalam bentuk fruit kering. Kandungan potassium atau kalium dalam aprikot jumlahnya tiga kali lipat dari fruit pisang

Setelah membaca macam-macam fruit untuk mengobati darah tinggi disini saya akan membahas atau membagikan resep cemilan sehat pada kalian semua.

  • l  Buah Berry

Fruit untuk darah tinggi yang pertama adalah fruit berry. Fruit yang termasuk ke dalam jenis fruit berry adalah seperti blueberry, strawberry, blackberry, raspberry, hingga cranberry. Fruit berry mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk memelihara blood pressure.

Semua jenis berry tentunya baik, namun jika Anda menginginkan yang memiliki antioksidan dalam bentuk flavonoid yang paling tinggi, maka Anda bisa memilih blueberry. Fruit ini lezat dimakan langsung atau bisa Anda campurkan pada oatmeal untuk sarapan.

  • l  Kandungan Pada Buah Bit

Fruit bit adalah salah satu fruit untuk menurunkan darah tinggi. Buah yang satu ini pada dasarnya merupakan fruit yang baik untuk darah karena dipercaya dapat mencegah kekurangan darah. Fruit bit juga dipercaya sebagai fruit penurun darah tinggi berkat Kandungan senyawa nitrat yang ada di dalamnya.

Image result for buah bit

Buah bit bisa disantap dengan berbagai cara mulai dari dibuat salad hingga dipanggang. Cara paling populer dan baik untuk menjaga Kandungan fruit bit adalah dengan cara menghancurkan buat bit dengan blende. Kemudian meminum air perasan fruit bit yang sudah dihancurkan tersebut.

  • l  Buah Penurun Darah Tinggi Kiwi

Fruit penurun darah tinggi selanjutnya adalah kiwi. Buah kiwi memiliki berbagai Kandungan yang mineral yang dipercaya dapat membantu menurunkan blood pressure seperti kalium, kalsium, dan juga magnesium.

Selain itu, buah kiwi juga merupakan fruit yang kaya vitamin C sehingga sangat baik untuk menjaga ketahanan tubuh.

  • l  Buah Pisang

Sama seperti kiwi, pisang juga merupakan fruit yang memiliki Kandungan kalium, magnesium, dan kalsium. Kandungan kalium atau potassium dalam pisang bahkan lebih tinggi. Berkat Kandungan kalium yang cukup tinggi ini lah pisang menjadi fruit yang cocok untuk dapat menurunkan kadar blood pressure.

  • l  Buah Penurun Darah Tinggi Jeruk

Fruit penurun blood pressure tinggi selanjutnya adalah jeruk. Jeruk merupakan fruit yang akan akan vitatim C dan vitamin A. Fruit jeruk juga memiliki Kandungan yang cukup tinggi. Selain dapat menurunkan blood pressure, konsumsi jeruk secara rutin juga dapat memelihara kesehaan Anda secara menyeluruh.

  • l  Kandungan Pada Buah Alpukat

Alpukat dikenal sebagai fruit yang memiliki Kandungan lemak tinggi. Meskipun begitu lemak yang ada dalam alpukat merupakan lemak yang baik bagi tubuh. Alpukat juga memiliki kalium yang tinggi sehingga masuk ke dalam daftar buah penurun darah tinggi.

Kandungan terbaik fruit aplukat terdapat pada bagian fruit yang dekat dengan bagian kulitnya.

  • l  Buah Penurun Darah Tinggi  Melon

Melon juga termasuk salah satu fruit penurun blood pressure tinggi yang enak dan efektif. Kandungan melon dikenal tinggi potassium atau kalium. Melon juga mengandung zat lain yang baik bagi tubuh mulai dari vitamin A. vitamin C, zat besi, vitamin B5, magnesium, kalsium, dna juga serat.

  • l  Buah Anggur

Anggur juga dikenal sebagai fruit yang baik untuk kesehatan, khususnya sebagai buah untuk darah tinggi.

Selain dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, anggur juga dipercaya sebagai salah satu buah penurun darah tinggi. Kandungan kalium dalam anggur dipercaya dapat menekan kelebihan natrium dalam tubuh yang menjadi penyebab hipertensi.

  • l  Buah Semangka

Semangka mengandung senyawa L-citrulline yang dipercaya dapat membantu relaksasi pembuluh darah, sehingga baik digunakan sebagai obat penurun darah tinggi. Selain mengatasi hipertensi, semangka juga dipercaya baik untuk penderita anemia.

  • l  Kandungan Buah Nanas

Buah untuk menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah nanas. Buah nanas memiliki Kandungan enzim bernama bromelain. Enzim ini memiliki khasiat untuk menangani peradangan dan sering ditemukan di beberapa jenis obat. Tapi selain mengatasi peradangan, bromelain ternyata juga memiliki manfaat untuk menurunkan blood pressure.

  • l  Buah Tomat

Tomat juga masuk ke dalam daftar buah untuk darah tinggi karena memiliki Kandungan kalium yang tinggi. Tomat juga memilki Kandungan likopen yang banyak manfaatnya bagi tubuh yaitu untuk menurunkan kolesterol, mencegah penyakit kanker, dan memelihara kesehatan jantung. k

Mengkonsumsi Makanan Penambah Darah

Manfaat buah buahan untuk dikonsumsi setiap hari sangat banyak dan beragam, buah merupakan salah satu makanan yang menyehatkan dan menjadi salah satu bagian dari makanan penambah darah dalam siklus makanan.

Image result for makan buah

Buah begitu mudah didapatkan, dari harga yang murah sampai dengan harga yang tinggi. Berikut manfaat fruit lainnya yang harus anda ketahui.

  • Mencegah dan mengobati kanker, manfaat manggis salah satunya adalah mencegah dan mengobati kanker. Masih banyak fruit lain yang dapat berfungsi untuk mencegah dan mengobati kanker.
  • Memulihkan stamina tubuh, fruit juga dapat digunakan untuk memulihkan stamina tubuh dan meningkatkan daya tahan.
  • Menu diet, fruit juga dapat digunakan sebagai pedoman dan untuk menu diet yang alami.

Tips Sebelum Memakan Buah

  • l  Memilih Atau Membeli Buah Yang Segar

Disini saya akan memberikan tips,sebelum membeli fruit yang kamu inginkan sebaiknya kamu melihat buahnya apakah fruit itu segar atau tidak .

Perbedaaan fruit segar atau tidak itu sungguh banyak mulai Kandungan yang menurun dan lain-lainnya.

  • l  Sebelum Memakan Buah

Kebanyakan anak-anak sering memakan fruit untuk pertumbuhannya, bagi anda yang sudah menjadi orang tua, buah yang akan di makan sebaiknya di cuci.

Jika fruit hasil memetik dari pohon dan tidak di cuci kemungkinan buah itu terkena debu dan kotoran hewan-hewan kecil dan menyebabkan sakit perut pada tubuh manusia.

  • l  Tidak Memakan Buah Berlebihan

Memang fruit itu memiliki rasa yang enak tetapi ada juga fruit yang bisa membuat kita mabuk atau merasa pusing di kelapa,yaitu fruit durian.

Buah ini tergolong bauknya dan rasanya yang bisa membuat orang sakit kelapa akibat memakan terlalu banyak.

  • l  Menyiapkan Alat Pemotong Buah

Sebelum memotong fruit alangkah baiknya kita membersihkan alat potong yang akan kita gunakan untuk memotong fruit tersebut. Karena dengan memotong buah tersebut kita bisa menghindari alat yang kotor dan karat-karatan.

Faktor Risiko Darah Tinggi Yang Tidak Bisa Di Ubah

Image result for darah tinggi

  • Risiko Anda terkena darah tinggi semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pasalnya, semakin bertambah usia, pembuluh darah kita semakin kaku, tidak elastis lagi. Akibatnya, blood pressure pun semakin meningkat. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi pada anak-anak meskipun jarang.
  • Riwayat hipertensi keluarga. Bila orangtua, saudara kandung, atau anggota keluarga lainnya punya tekanan darah tinggi, Anda jadi lebih berisiko kena hipertensi.
  • Jenis kelamin. Hingga mencapai usia 64 tahun, pria lebih rentan kena tekanan darah tinggi daripada wanita. Sedangkan pada usia 65 tahun ke atas, wanita yang lebih rentan mengalami tekanan darah tinggi.

Akibat Hipertensi Yang Tidak Cepat Di Obati

  • Serangan jantung. Hipertensi dapat menyebabkan pengerasan dan penebalan arteri dinding pembuluh darah arteri yang disebut aterosklerosis.
  • Aterosklerosis menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, sehingga jantung tidak mendapatkan cukup oksigen. Akibatnya, Anda bisa terkena serangan jantung.
  • Pada orang yang punya hipertensi, stroke mungkin terjadi ketika tekanan darah terlalu tinggi sehingga pembuluh darah di salah satu area otak pecah.
  • Gagal jantung. Hipertensi menyebabkan otot jantung memompa darah lebih keras agar dapat memenuhi kebutuhan darah ke semua bagian tubuh.
  • Hal ini membuat otot jantung lama-lama menebal sehingga jantung kesulitan memompa cukup darah.
  • Konsekuensinya, gagal jantung bisa terjadi.Masalah ginjal. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan pembuluh darah di ginjal menyempit dan melemah.
  • Hal ini kemudian dapat mengganggu fungsi ginjal dan menyebabkan penyakit ginjal kronis.

Itulah tadi pembahasannya tentang buah penurun darah tinggi sebagai obat hipertensi. mulai dari kandungan, berbagai buah penurun hipertensi dan manfaatnya. Semoga bermanfaat dan mernambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp