logo-bisnis-UKM

Memiliki bisnis UKM seputar makanan memang hampir selalu menguntungkan, karena pada dasarnya semua orang membutuhkan makanan. Dengan cara penyajian dan promosi yang tepat, bisnis ini bisa menjadi bisnis sampingan yang memiliki laba besar. Salah satu bentuk bisnis UKM yang patut dicoba adalah bisnis makanan cepat saji, seperti kentang goreng atau sosis bakar. Sesuai namanya, makanan ini bisa cepat disajikan kepada pembeli setelah mereka memesan, karena memang cara memasaknya yang sederhana. Rata-rata makanan cepat saji dimasak dengan cara digoreng. Modal yang harus dikeluarkan pun terbilang tidak besar. Anda hanya wajib memiliki gerobak untuk berjualan dan peralatan memasak sesuai yang dibutuhkan.

Jenis makanan cepat saji yang cukup populer sebagai bisnis UKM seputar makanan antara lain kentang goreng, jamur crispy dan ayam goreng. Persis seperti namanya, ketiga makanan itu hanya perlu digoreng sebelum disajikan. Anda bisa menambahkan berbagai varian rasa, seperti rasa original, rasa pedas hingga rasa keju, terutama untuk jamur dan kentang goreng. Rasa yang beragam akan menambah semakin banyak pilihan untuk pembeli dan ada kemungkinan pembeli akan memesan lebih dari satu rasa. Selain menambahkan rasa, Anda juga bisa mengemasnya dalam kemasan kertas yang menarik sebagai salah satu kelebihan produk. Tambahan logo dan tulisan kelebihan produk dalam kemasan bisa membuat konsumen teringat akan produk Anda.

Makanan cepat saji lainnya yang juga biasa dijual oleh pelaku bisnis UKM adalah sosis bakar. Terbuat dari bahan dasar sosis, cara penyajiannya adalah dengan dibakar terlebih dahulu kemudian diberi bumbu. Memulai bisnis UKM seputar makanan dengan berjualan penganan khas luar negeri itu memang sudah banyak peminatnya. Selain karena memang makanan itu sudah terkenal, cara penyajiannya juga terbilang cepat dan mudah. Untuk sosisnya, Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan mesin pembuat sosis SV5. Mesin ini dirancang khusus untuk mengolah daging sehingga berbentuk lonjong seperti sosis, lengkap dengan kulit sosisnya. Menggunakan mesin ini bisa lebih menjamin kualitas dan kehigienisan sosis yang Anda buat karena tidak bersentuhan langsung dengan tangan. Pilihlah mesin sosis yang terbuat dari bahan stainless steel sehingga tidak akan mudah berkarat.

Berbisnis makanan cepat saji bukan tanpa halangan. Banyaknya peminat berarti semakin banyak pesaing. Apalagi, makanan cepat saji bukan barang baru di sekitar kita. Beberapa restoran waralaba yang khusus menyediakan makanan cepat saji juga sudah banyak jumlahnya, dan sudah terlebih dulu terkenal. Sehingga, dalam pemasarannya, dibutuhkan strategi marketing yang cerdas, di samping keunggulan dari produk yang Anda tawarkan itu sendiri. Promo seperti potongan harga bisa Anda berikan di masa awal berjualan untuk menarik pembeli. Perhatikan benar-benar kualitas bahan-bahan yang digunakan dan kebersihan peralatan memasak untuk memastikan kehigienisan produk. Selamat memulai bisnis UKM seputar makanan cepat saji!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 − one =