Kegunaan Mesin Vacuum Sealer

mesin vacuum sealer
mesin vacuum sealer

Di artikel kali ini kita akan coba bahas mengenai prinsip kerja Mesin Vacuum Sealer. Ya, mungkin agak tabu dikalangan orang awam mengenal kata vacuum sealer, mungkin bagi sebagian orang hampir sama seperti vacuum cleaner atau alat penyedot debu. Disini pertama-tama yang perlu diketahui adalah fungsi dari mesin vacuum sealer ini. Mesin ini pun dahulu sudah tenar di gunakan untuk kemasn mengemas berbagai macam kebutuhan kemas mengemas makanan, beberapa bahan makanan fresh seperti Sossis, Nugget, Daging Ayam, Daging Sapi, dan banyak sejenisnya. Memang dengan mesin ini sangat menjawab kebutuhan proses mesin-mesin kemasan anda. Dengan menggunakan mesin vacuum sealer ini produk anda akan bisa lebih awet 4x lipat tanpa harus takut makanan tersebut rusak, bau dan terkadang busuk.

Vacuum Sealer

Mesin Vacuum Sealer memang terkenal bandel dalam mengemas makanan menggunakan prinsip kerja Vacuum atau Sedot. Mesin ini bekerja dengan simultan untuk menghisap seluruh udara yang berada dalam kemasan produk anda. Yang mana udara tersebut dapat menyebabkan proses diokdasi yang bisa merubah makanan tidak tahan lama akibat bakteri yang berkembang biak dalam jangka waktu panjang. Mem-vacuum sendiri memang sudah identik dengan menghisap/sedot. Menghisap udara yang ada dalam kemasan produk makanan anda merupakan tahap awal mesin ini bekerja, setelah mesin tersebut menghisap udara di dalam kemasan produk anda, setelah itu mesin akan melakukan penyegelan atau pengelasan platik yang di sebut Sealing. Penyegelan ini dilakukan agar tidak ada udara keluar atau udara masuk kedalam kemasan, dan agar pemvacuuman terjaga dengan baik dan tersegel sempurna.

Untuk melakukan sealing/penyegelan kemasan sendiri anda tidak bisa megganggapnya mudah dan murah. Karena anda harus menyediakan unit mesinnya sendiri. Karena pda prinsip kerjanya tak semua jenis plastik bisa digunakan di mesin Vacuum Sealer. Dikarenakan spek plastik biasa yang akan digunakan terkadang berbeda dengan yang telah di rancang khusus dari pabrik. Jadi, kalau anda mempunyai bisnis makanan seperti Froozen Food dan lain sejenisnya namun ingin menyimpannya agar awet dan tetap fresh. Tidak ada salahnya anda harus memiliki sendiri mesin Vacuum Sealer ini dirumah.  Selamat Mencoba..

 (dn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 + 3 =