Tips Membuat Cafe

Kuliner saat ini memang banyak di gandrungi para penikmat dan penjajah wisata kuliner (biasa disebut orang yang suka makan). Sudah banyak saat ini cafe, restoran dan rumah makan yang berinovasi terhadap makanan dan minuman yang unik. Para pelaku usaha juga kreatif dalam berinovasi terhadap menu-menu barunya, tak heran banyak versi makanan baru yang lezatnya luar biasa. Berbicara makanan, kali ini kita akan membahas tentang tempat makan itu sendiri, kali ini cafe yang akan kita bahas. Perlu anda ketahui cafe secara harafiah artinya adalah Kopi, sehingga cafe sangat erat sebutannya dengan kedai minuman dan juga yang di jajakannya merupakan makanan ringan, berbeda dengan restoran yang menyediakan berbagai makanan-makanan berat. Sangat jarang di temui ada cafe yang menyediakan makanan berat, dan disinilah perbedaannya dengan restoran. Dinegara barat dan perkotaan besar biasanya cafe menyediakan minuman beralkohol rendah. Cukup menarik bagi anda yang lagi bingung mau buka usaha apa, namun masih berhubungan erat denngan kuliner.

Semua orang pasti menginginkan bisnis dengan modal kecil, dan pastinya mendapatkan untung yang semaksimal mungkin. Dan bisnis yang dijalankan benar-benar tidak menguras tenaga maupun waktu yang signifikan. Namun bagi anda yang sudah bertekad bulat untuk membuka usaha kuliner namun terkendala dengan modal anda yang minim, ternyata masih ada banyak cara agar bisnis ini segera di buka. Berikut disini kami akan memberikan tips jitu bagi anda yang bermodal minim namun ingin membuka bisnis cafe.

  • Fasilitas yang murah meriah

Disini banyak pelaku usaha yang melakukan pemborosan dalam penyediaan fasillitas penunjang usahanya. Contoh saja seperti kursi, meja baru yang belum tentu nyaman kalau di duduki. Saat ini cafe ‘lesehan’ bisa dibilang tempat yang cukup nyaman. Dan bisa juga di tambah audio player yang di colok langsung dengan komputer ataupun speaker aktif agar suasana menjadi hangat dan santai.

  • Manfaatkan Lahan yang ada

Jika anda memiliki lahan yang strategis di rumah anda, manfaatkan lah pekarangan rumah anda untuk membuka cafe, bisa lebih irit bukan? Tidak ada biaya pembelian maupun penyewaan. Namun bagi anda yang tidak mempunyai lahan yang strategis jangan menyerah. Jika ada modal, alternatifnya adalah menyewa tempat baik ruko maupun lahan kosong yang di bangun. Idealnya cafe tidak harus besar, minimal memiliki luas 4×6 meter, dan lebih baik lagi jika besar.

  • Fokus pada satu menu

Cafe tidak harus memiliki banyak menu, ada cafe yang bahkan hanya berfokus pada satu menu saja, seperti kopi, susu, es krim dan olahan minuman dan makanan ringan lainnya. Nah, disinilah minat anda pada menu yang disukai, apakah lebih mengutamakan makanan atau minuman. Dan dengan sedikitnya menu justru akan lebih mengirit modal serta tenaga pekerja yang mengolahnya.

  • Maksimalkan Tenaga Sendiri

Sebenarnya jika anda sudah memiliki cafe, artinya anda harus mulai merekrut karyawan. Seorang karyawan bisa sebagai pekerja utama atau hanya sekedar membantu saja. Yang pasti anda bertindak sebagai pemilik sekaligus pekerja utama. Disini tentu akan lebih menghemat dibandingkan anda harus merekrut banyak karyawan kemudian banyak mengeluarkan budget untuk menggaji mereka.

  • Terapkan Strategi Marketing

Promosikan usaha anda di radio, media cetak seperti koran memang baik dilakukan, tapi itu semua membutuhkan biaya yang lumayan menguras biaya. Coba manfaatkan lah internet melalui media sosial yang gratis dan juga sangat efisien. Situs sosial media memang bisa anda manfaatkan untuk mewartakan bisnis lengkap dengan postingan foto agar para calon pembeli tertarik dengan produk anda. Selain itu manfaatkan berbagai aplikasi messenger pada perangkat anda agar memudahkan anda dalam berkomunikasi via sosial media dengan calon pembeli anda.

Semoga Sukses

Sumber : tulisbaca.com – dn

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 3 =