Ciri Makanan Kadaluarsa

roti tawar

Menyimpan bahan baku makanan walaupun di masukkan dalam lemari pendingin dan di vacuum  pasti juga akan mengalami masa kadaluarsa. Semua produk makanan pasti akan mengalami masa-masa kesegaran produk menjadi layu dan akhirnya membusuk. Tapi ada juga jenis makanan tertentu seperti keju yang memang di sengaja untuk di fermentasikan sampai waktu yang cukup panjang, bakteri-bakteri yang terkandung di dalam keju tersebut sudah pasti bakteri yang justru baik untuk tubuh manusia. Berikut beberapa ciri makanan kadaluarsa yang harus anda ketahui dengan benar :

Ikan

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang mudah membusuk. Biasanya ikan akan mulai rusak setelah melalui mas lebih dari tiga hari. Menyimpannya pun harus di suhu yang dingin, karena kalau suhu ruangan biasa ikan akan mengeluarkan bau yang amis. Lebih awet lagi jika anda membungkusnya dengan di vakuum dan di bekukan, minimal tingkat ke awetan akan lebih bertambah. Ciri ikan sebelum membusuk pada umumnya akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan amis. Warna ikan yang membusuk terlihat coklat, pucat dan sedikit kekuningan.

Telur

Ciri telur yang membusuk adalah berbau yang tidak sedap, dari fisik luar memang agak sulit di bedakan mana telur yang masih segar dan telur yang membusuk. Biasanya telur yang tidak segar/ telah lama di simpan bermutu rendah dengan ciri bagian kuning telur tidak lagi tepat berada di tengah dan nampak bentuk permukaannya tidak membulat bahkan kuning telur pun sudah pecah. K

Daging

Daging yang masih segar saja bisa terkontaminasi bakteri, apalagi daging yang kualitasnya sudah mulai membusuk. Mudah kok kalau anda mau memeriksa daging itu masih segar atau sudah mau membusuk. Biasanya kalau daging yang sudah di kemas anda bisa memeriksanya dengan melihat tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan daging tersebut. Dan juga warna daging sapi  lebih susah di identifikasi, kebanayakan orang biasanya berasumsi kalau daging sapi segar bewarna merah terang. Namu warna merah yang di timbulkan daging tersebut bukan warna segarnya, tetapi karena daging terlah terpapar dengan udara di ruangan. Selain intu, kadang pencahayaan di toko menyebabkan reaksi pada daging, yang mengubahnya menjadi warna merah kecoklatan.

Berikut pembahasan admin kali ini yang membahas ciri-ciri makanan yang kadaluarsa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca agar lebih teliti dalam membeli suatu produk.

Salam sukses selalu…

 

 

 (dn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen + 18 =