free website stats program

Faktor Paling Penting Dalam Bisnis

banner-plastik-small

Yang terpikirkan oleh kita ketika mendengar kata “Kemasan” tersebut adalah plastik.

Ya benar, sejak dahulu kita sudah mengenal dan mempergunakan alat pembungkus yang khas dan bisa dibilang sangat sederhana bahkan apa adanya untuk membungkus Bahan Makanan dan Makanan Olahan. Plastik salah satunya walaupun bukan hanya plastik saja yang bisa dijadikan kemasan. Bisa terbuat dari alumunium  foil, kertas,  kaleng, dll. Oleh karena itu pemilihan bahan pembungkus untuk produk tertentu merupakan pekerjaan yang sangat penting dalam perusahaaan makanan

Dan jika ada sebuah pertanyaan :”Apakah ada Industri yang tidak memerlukan dan membutuhkan KEMASAN..?”.

Hampir semua Sektor Industri memerlukan dan membutuhkan Kemasan. Industri Makanan & Minuman, Industri Obat-obatan, Industri Produk-produk kecantikan Wajah dan Perawatan Tubuh, Industri Pengemasan Ikan dan Buah, bahkan Industri Sparepart dan Mesin Mobil dan Motor, Souvenir, Bubuk Deterjen, Sabun, Shampoo, dll adalah beberapa contoh Sektor Industri yang membutuhkan dan memerlukan Kemasan.

Mungkin hanya “Industri Hiburan dan Industri Motivasi” yang tidak membutuhkan Kemasan walaupun Industri tersebut selalu menggunakan kata-kata “dikemas/dipackage”  semua program-program mereka supaya lebih menarik.

Apalagi di Era sekarang ini bisnis UKM sudah semakin menjamur, apapun dapat menjadi lahan bisnis yang menggiurkan.Dan yang sedang menjadi hits saat ini pada industri makanan fozzen atau setengah jadi. Katakan rissoles siap goreng, nugget, otak-otak,sosis, bandeng presto, jenis makanan tersebut rawan sekali basi jika hanya dikemas standart. Nah, tentu saja untuk usaha penjualan produk tersebut sangat memerlukan kemasan yang baik untuk mendistribusikan ke konsumen agar dapat dikonsumsi dengan aman.

Beberapa tujuan pengemasan berdasarkan salah satu fungsinya kemasan tersebut haruslah dapat melindungi isinya dengan baik dan aman tuk dikonsumsi sampai pada jangka waktu tertentu.

  • Pencegahan bahan makanan dari bakteri, mikroba bahkan suhu udara yang dapat menyebabkan perubahan rasa maupun pencemaran terhadap bahan makanan atau makanan olahan tersebut.
  • Memudahkan untuk membawa dan mengeluarkan yang dibutuhkan pada saatnya. Dan mengamankan sisanya dengan mengemasnya kembali.
  • Dapat memperpanjang masa simpan.
  • Disamping itu juga dapat mempercantik produk yang dikemas yaitu dengan menambahkan desain merek/label yang unik dan yang lebih penting harus mencantumkan kapan tanggal kadaluwarsanya dengan jelas.

Nah, jika anda sedang berkecimpung dalam bisnis kategori industri diatas atau baru mau memulai bisnis UKM namun belum menemukan Kemasan apa yang tepat untuk produk anda dapat mulai cari referensi jenis kemasan apa yang dapat mempercantik produk anda agar terlihat lebih menarik dan membuat penasaran konsumen.

(tts)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nine − 7 =