Menyulap Semangka Menjadi Kripik Buah

Buah Semangka
Buah Semangka

Keripik buah adalah keripik yang terbuat dari aneka buah-buahan segar, seperti halnya pembuatan keripik buah yang dari buah semangka, nanas, salak, pisang, mangga dan yang lainnya. Sekarang setiap tahunnya keripik buah sudah tersebar diberbagai daerah seperti halnya Kota Lampung yang terkenal dengan aneka keripik pisangnya atau tempat lain yang biasanya dijadikan sebagai tempat wisata. Mungkin untuk keripik buah sudah banyak dikenal untuk masyrakat yang tinggal di daerah perkotaan dan hanya saja untuk masyarakat pedesaaan yang belum mengenal tentang keripik buah.

Sehingga banyak masyrakat yang berasal dari pedesaan lebih mengenal atau mengerti keripik buah saat berkunjung ke daerah perkotaan atau menerima oleh-oleh atau buah tangan dari sanak sodara atau pun kerabat yang berasal dari daerah Kota. Pembuatan keripik buah ini sangat mudah hanya perlu dengan mengiris tipis dan kemudian buah dikeringkan. Masih kebanyakan orang melakukan pengeringan dengan menggunakan sinar matahari, namun dengan menggunakan sinar matahari maka akan membutuhkan proses pengeringan yang cukup lama dikarenakan sinar matahari yang tidak selalu dengan suhu yang sama dan juga keripik buah harus benar-benar tidak memiliki kadar air lagi supaya hasil keripik buah menjadi lebih renyah dan tahan lama. Untuk proses pengeringan keripik buah biasanya para pengusaha buah yang sudah produksi dalam jumlah yang banyak menggunakan mesin pengering buah atau Mesin Vacuum Frying agar proses pengeringan berjalan dengan cepat dan mudah. Dengan menggunakan mesin Vacuum frying tidak akan merubah warna dan rasa, seperti halnya Buah semangka. Buah semangka sangat menarik dan banyak diminati dalam lingkungan masyarakat dengan warnanya yang merah dan rasanya yang manis dan segar. Buah semangka memiliki manfaat untuk tubuh dan kesehatan antara lain :

  • Dapat membantu dalam proses diet karena buah semangka tidak mengandung lemak, mempunyai kombinasi kadar gula, dan kadar air yang banyak.
  • Bermanfaat bagi hipertensi karena memiliki kandungan air dan kalium yang tinggi yang dapat menetralisasikan tekanan darah dalam tubuh.
  • Dapat mempergiat kerja jantung
  • Mengandung antioksidan
  • Dapat merangsang keluarnya air seni lebih deras
  • Menurunkan demam dan mencegah sariawan
  • Membantu bagi penderita diabetes

Untuk buah semangka juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil seperti mengurangi mual, penambah cairan, mencegah terhjadinya kram otot, mengurangi panas pada perut, dapat membantu perkembangan otak, penglihatan dan sistim imun pada bayi.

Mesin Vacuum Frying
Mesin Vacuum Frying

Jadi dengan adanya keripik semangka dapat membantu anda untuk menjual atau memasarkan semangka dalam bentuk keripik buah yang segar yang sudah dikemas dan siap dimakan tanpa pelu membelah lagi dan air dari semangka sampai jatuh kelantai atau pun pakaian anda. Semoga sukses dan selamat berusaha, semoga bermanfaat.

(afr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 3 =