7 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Produk Nasional Dapat Go Global

Agar Produk Nasional Dapat Go Global

Jangankan untuk pasar global, di tingkat produk nasional pun cukup banyak pengusaha yang mengeluhkan tidak bisa mencapainya. Padahal peluang usaha untuk menembus pasar internasional bisa saja terjadi bila cara yang ditempuh benar, dalam artian pengusaha harus bisa membangun sebuah merek di mulai dari pasar nasional terlebih dahulu dan setelah itu tahu cara mempertahankan posisi usaha agar tetap bertahan di pasar global.

logo-bisnis-UKMHal ini diperkuat dengan penyataan Chief Consulting Officer (COO) Direxion Strategy Consulting, Jahja B Soenarjo pada saat seminar International Franchise Conference and Award. “Banyak perusahaan yang go global bangga, tapi tiga tahun kemudian kebanggaannya pergi. Membangun merek bukan hanya menembus pasar, tapi membangun merek global, unik dan pertahankan,” ujarnya. Nah, untuk itu bagaiamana agar usaha Anda tetap bertahan di pasar global yang persaingannya cukup ketat?

Jangan salah menentukan pasar bisnis

Banyak pengusaha yang memulai usaha mengikuti yang sedang bekerbang saja. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun jika tidak ada pengamatan dan modifikasi usaha maka kemungkinan 50 persen usaha tersebut akan gagal seiring dengan bertambahnya pesaing usaha dari luar.

Tingkatkan kualitas produk 

Tentunya untuk menembus pasar global, hal yang tidak kalah penting diperhatikan adalah kualitas produk Anda. Tentu Anda tidak mau produk Anda sampai ke tangan konsumen dalam kondisi yang buruk. Pentingnya kualitas produk akan mempengaruhi tingkat permintaan produk Anda nantinya.

Perhatikan kemasan

Kemasan juga menjadi hal yang sangat berpengaruh suksesnya sebuah merek dikenal pasar global. Maka dari itu sebelum Anda memutuskan untuk berlenggang ke pasar global, perbaiki terlebih dahulu kemasan produk Anda. varian produk yang menarik akan membuat Anda bertahan di pasar global.

Promosi besar-besaran

Jika kedua hal tersebut belum terlalu terlihat perkembangannya maka langkah selanjutnya adalah promosi. Anda bisa melakukan promosi melalui media cetak atau menggunakan media sosial.

Menjaga konsistensi produk

Dengan memenuhi permintaan pasar yang makin besar, memaksa ekspotir harus tetap menjaga konsistensi pasokan produknya dan terus meningkatkan kapasitas produksi.

Mengetahui prosedur teknis ekspor

Sebelum Anda memutuskan untuk mengeskpor produk Anda, diperlukan untuk mengetahui prosedur-prosedur mengenai teknis pengiriman produk. Hal-hal yang perlu Anda ketahui adalah masalah administrasi, peralatan dan perlengkapan, prdosedur bea cukai, dan prosedur pembayaran yang dibutuhkan dalam kegiatan ekspor-impor.

Menjalin hubungan dengan principal

Principal yang dimaksud adalah penghubung perusahaan di Negara terkait agar mencapai pasar global. Kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak, baik itu principal maupun perusahaan Anda. Karena selain menerima dan memasarkan produk Anda, pihak principal juga akan mendapatkan keuntungan dari harga yang sudah disetujui sebelumnya.

Related web: http://m.viva.co.id/ramadan2016/read/632293-syarat-produk-nasional-bisa-go-global

SUC