Waspada! Plastik Kemasan Makanan Berbahaya

Waspada plastik kemasan makanan Berbahaya 

Pernahkah anda membayangkan jika dalam 1 kemasan makanan ternyata terkandung 175 bahan kimia berbahaya yang bisa masuk kedalam tubuh anda? Baru-baru ini Food Packaging Forum menemukan fakta tentang bahayanya bahan kemasan di pasaran. Bahan kimia tadi secara langsung dapat mempengaruhi makanan baik dari Gizi hingga rasanya. Sebut saja bahan Foil, Kaleng atau panci yang mampu melepaskan zat sitesis kedalam makananan apapun pada tingkat konsentrat rendah sehingga dapat dengan mudah di cerna oleh organ tubuh.

Plastik Kemasan Snack

Plastik Kemasan Snack

Di antara 175 zat berbahaya tersebut bersifat karsiogenik,mutagenik, dan reprotoxic. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap sistem hormon endokrin karena zat kimia dengan sifat seperti ini sangat gigih dan aktif atau biokumulatif bersemayam di dalam tubuh anda. Zat-zat ini berpotensi menimbulkan penyakit seperti kanker,gangguan janin, hingga kemampuan orgam reproduksi sistem hormon endokrin dapat terganggu. Sebut saja Phthalates yang secara harfial di kenal dengan zat plasticizer yang mempunya kandungan bahan kimia berbahaya yang mengganggu sistem endokrin, yang menyebabkan infertilitas pria, malformasi genital, dan tentu saja kanker. Tak hanya sampai di situ saja, ternyata ada pula bahan kimia seperti benzofenon serta senyawa organotin menambah daftar haram bahan kimia yang terdapat pada kemasan plastik makanan.

Benzofenon sendiri merupakan zat kimia yang biasa di gunakan dalam tinta cetak pelapis bahan kotak makanan, jika anda pernah melihat kemasan makanan yang mempunyai tulisan cetak / sablon..maka di pastikan kemasan tersebut telah terkontaminasi dengan zat kimia benzofenon. Apakah itu berbahaya? Tentu saja, karena zat tinta tersebut jika berbaur dengan organ tubuh lain seperti ginjal dan hati akan dapat merusak sistem reproduksi enzim dalam tubuh manusia,.dan mengakibatkan sel kanker berkembang biak jauh lebih cepat dari yang anda bayangkan. Memang sudah bukan rahasia lagi jika apapun jenisnya, plastik kemasan makanan sendiri memang di bentuk dari beberapa senyawa dan zat kimia berbahaya. Pentingnya sistem regulasi dalam pengolahan bahan kemasan merupakan langkah awal untuk menghindarkan para konsumen dari bahaya kimia berkepanjangan.

Tentu saja peran serta anda sebagai konsumen yang kritis harus di dasari dengan pengetahuan yang cukup akan yang namanya sebuah plastik kemasan makanan, jangan sampai zat beracun yang terdapat dalam makanan malah di konsumsi oleh anda sendiri.