Tips Merawat Mesin Grinder Kopi

Merawat Mesin Grinder Kopi

Anda setuju bahwa mesin grinder kopi merupakan salah satu alat yang penting dalam proses pembuatan kopi yang enak? Jika setuju, kini pertanyaannya apa Anda melakukan perwatan rutin untuk menjaga kinerja mesin ini tetap baik? Hal ini sangat penting dilakukan minimal 2 kali selama sebulan tergantung pemakaian mesinnya sendiri. Pentingnya melakukan perawatan mesin grinder kopi adalah salah satu cara untuk menjaga burr atau mata pisau di dalam mesin agar pemakaiannya lebih tahan lama. Selain itu, melakukan perawatan ini juga untuk menjaga kenikmatan kopi yang dihasilkan.

mesin grinder kopi siluetMungkin sebagian dari Anda sudah tahu cara membersihkan mesin ini, tapi kami juga yakin sebagian dari Anda ada juga yang belum mengetuhi caranya. Nah, untuk itu kami akan menjelaskan bagaimana langkah pembersihan mesin kopi ini. Kebanyakan orang membersihkannya hanya menggunakan beras, dengan cara memasukan sekepal beras ke dalam mesin grinder, lalu menggilingnya dengan mesin tersebut. Namun hal ini di rasa masih kurang efektif karena dengan melakukan penggilingan beras akan menyisahkan tepung beras. Oleh karena itu, lebih baik membersihkan dengan cara manual yaitu menggunakan kuas atau sikat gigi bekas. Caranya bagaimana?

Cara membersihkan mesin grinder kopi

Sebelum melakukan pembersihan pastikan biji kopi yang ada di dalam hopper sudah kosong sehingga saat melepas hopper biji kopi tidak berjatuhan. Jika sudah dikosongkan, lepas hopper pada mesin, setelah itu putar baut pada bagian atas burr grinder sampai burr dapat dilepaskan. Pada bagian burr kita akan melihat ada sisa-sisa ampas kopi yang masih menempel, nah, bersihkan bagian atas burr mesin sehingga tidak tersisa lagi ampas kopi yang menempel.

Setelah itu, kita bersihkan bagian dalam mesin gunakan kuas yang berukuran lebih panjang agar bisa mencapai bagian dalam mesin. Bila dirasa kurang efektif gunakanlah vaccum agar proses pembersihan lebih mudah dan ampas kopi dapat terangkat. Lakukan hal yang sama untuk membersihkan bagaian dosing chamber mesin, buka bagian dosing chumber dan bersihkan dengan kuas. Pastikan sudut-sudutnya sudah tidak ada ampas kopi yang tersisa.

Bila dirasa semua bagian mesin sudah dibersihkan pasang kembali burr dan pastikan posisi lubang pas sehingga dapat memasang bautnya. Isi kembali hopper dengan biji kopi yang ingin Anda grinder dan mesin siap digunakan untuk membuat kopi favorit untuk menemani hari-hari santai Anda. cara ini bisa digunakan baik itu untuk mesin dengan doserless, yaitu jenis mesin grinder yang tidak dilengkapi penampung kopi atau doser yang memiliki penampung kopi. Selamat mencoba..