Tips Menyimpan Kue Kering Agar Tetap Enak

Tips Menyimpan Kue Kering Lebaran Agar Tetap Enak

Menjelang lebaran orang-orang sibuk untuk membuat kue untuk lebaran, namun setelah selesai lebaran biasanya masih ada kue yang belum habis, bahkan ada beberapa kue pemberian dari kerabat yang justru membuat penganan manis ini semakin menumpuk. Apa yang harus dilakukan ? mungkin anda bisa menyimpannya begitu saja di dalam toples, tapi biasanya setelah beberapa minggu wangi dan rasa kue sudah berubah, begitu juga dengan teksturnya yang tidak selembut saat masih baru keluar dari oven. Kali ini Wiratech akan membagikan cara menyimpan kue kering lebaran dengan baik agar tetap enak dan tidak cepat basi.

menyimpan kue kering

Kue-kue lebaran yang rasanya manis pasti akan lebih lama habis jika dibandingkan dengan cemilan gurih yang disajikan, oleh karena itu mau tidak mau kita harus menyimpan kue-kue tersebut. Tapi menyimpannya dengan cara yang tidak tepat justru akan membuat tekstur dan cita rasa kue berkurang, bahkan bisa membuat kue menjadi berjamur. Jika anda punya banyak sekali kue lebaran baik itu buatan sendiri ataupun pemberian orang, ada baiknya anda menyimpan dengan cara-cara yang akan Wiratech bagikan kali ini.

  1. Dinginkan Kue Terlebih Dahulu

Jika anda baru saja selesai memasak kue sebaiknya anda membiarkan kue diatas Loyang sekitar 3-5menit lalu pindahkan ke cooling rack dan tunggu hingga kue benar-benar dingin setelah itu simpan ke dalam toples. Menyimpan kue yang baru matang langsung ke dalam wadah atau toples akan membuat kue cepat rusak.

  1. Simpan kue di dalam Wadah Kedap Udara

Pastikan anda menyimpan kue tersebut di dalam wadah kedap udara. Anda bisa menggunkan toples yang memiliki penutup karet disekelilingnya atau anda bisa saja menggunakan kotak bekal kedap udara agar kue lebih awet.

  1. Pastikan Wadah Kering

Jika anda sudah menyiapkan wadah untuk kue, pastikan wadah dalam keadaan kering. Cuci bersih wadah yang akan digunakan dan lap hingga benar-benar kering. Bila perlu jemur wadah dibawah panas matahari untuk memastikan wadah benar-benar kering. Wadah yang lembab akan menyebabkan kue cepat berjamur.

  1. Jaga Kelembapan Dengan Garam

Jika masih belum yakin wadah yang digunakan benar-benar kering, anda bisa menggunakan silica gel dalam kemasan dan memasukannya kedalam wadah kue, atau jika tidak menemukannya anda bisa memasukan 2-3 sendok teh garam yang dibungkus kain bersih demi memastikan kue tidak mudah berjamur

  1. Tambahkan Sepotong Roti di dalam Wadah

Anda juga bisa menambahkan potongan roti kedalam wadah kue agar kue tetap lembut saat digigit. Jangan lupa untuk mengganti roti saat roti sudah mulai mongering.

  1. Pisahkan Kue Bertoping Dengan Kertas Minyak

Jika anda membuat kue dengan toping gula atau icing, ada baiknya jika anda menutup bagian atas icing dengan kertas minyak sebelum menumpuk kue lain diatasnya. Hal ini berfungsi untuk menjaga bentuk kue agar tetap cantik.

  1. Simpan Kue di Wadah Terpisah

Gunakan wadah terpisah saat menyimpan kue yang berbeda-beda. Menyatukan kue yang berbeda didalam satu wadah tidak akan membuat kue awet, kue justru akan kehilangan rasa aslinya karena bercampur dengan  kue lain.

  1. Simpan di Freezer

Jika anda berniat menyimpannya cukup lama anda bisa menyimpannya didalam freezer. Pastikan anda menyimpannya terlebih dahulu di wadah kedap udara agar kue tidak melempem dan basah.

  1. Panaskan Kembali Kue Agar Renyah

Setelah lama menyimpan kue kering di kulkas umumnya kue akan menjadi sedikit lebih lembab. Anda bisa mengeluarkannya terlebih dahulu dari kulkas dan biarkan kue mencapai suhu ruangan. Setelah itu panggang kue pada suhu 135°C selama 10-15 menit.