Tips Mengembangkan Bisnis UKM dengan Facebook

Mengembangkan Bisnis UKM Berbasis Sosial Media

Mengembangkan bisnis ukm РApakah Anda setuju bahwa media sosial cukup berperan penting dalam perkembangan bisnis?  Bagaimana tidak, aksesnya yang sangat praktis dapat mempermudah para pebisnis memperkenalkan merek dan produknya ke masayarakat. Tidak heran banyak sekali usaha UKM yang berkembang karena sanggup mengikuti perkembangan dan memanfaatkan media sosial. Beberapa media sosial yang sangat cepat diakses adalah Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Path, dan Blog. Sedikitnya setiap orang menggunakan 2 dari keenam media sosial tersebut. Menurut reset yang dilakukan oleh We Are Social, media yang paling sering digunakan adalah Facebook, yaitu sebanyak 1.5 milyar pengguna. Tidak heran jika kebanyakan usaha lebih sering mempromosikan usahanya via Facebook.

mengembangkan bisnis ukm


Kegunaan Facebook untuk Bisnis UKM

Siapa yang tidak tahu Facebook? Mulai anak-anak hingga remaja pasti tau media sosial yang satu ini. Facebook yang merupakan sebuah layanan jejaring sosial, didirikan oleh Mark Zuckerberg dan teman-teman kuliahnya semasa di Harvard. Awalnya media sosial ini digunakan terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, lalu diperluas ke perguruan lainnya di Boston. Kini facebook berkembang menjadi sebuah wadah sosial yang dapat menghubungkan banyak orang dari belahan benua berbeda. Setiap orang yang dapat berselancar di dunia maya akan dengan mudah mencari informasi kerabat yang sudah lama tidak pernah bertemu dengan bantuan Facebook.

Selain itu, kegunaannya pun berkembang menjadi media promosi untuk usaha. Bagi bisnis UKM, media sosial ini sangat berguna untuk media promosi. Kenapa? Kerena pada umumnya bisnis UKM memiliki pasar yang kecil. Dengan bantuan Facebook akan mempermudah para pebisnis Mengembangkan bisnis UKM untuk meraup banyak konsumen baik itu di dalam kota, luar kota, maupun luar negeri. Bagaimana cara para pengusaha kecil dan menengah mempromosikan produknya ke para konsumen menggunakan Facebook? Caranya sangat mudah, yang paling utama adalah membuat akun atau Fan Page untuk usaha Anda. Lebih disarankan buatlah Fan Page untuk kepentingan usaha.

Ada banyak fitur yang dapat Anda gunakan untuk menunjang pemasaran usaha Anda, seperti activity log, demographic targeting, integrasi dengan twiter, dan system moderasi yang lebih canggih.

  • Activity log: merupakan timeline yang memuat informasi tentang interaksi yang Anda lakukan bersama teman/penggemar laman Anda menyangkut postingan mengenai usaha Anda.
  • Demograpich targeting: tujuannya untuk mempermudah Anda memberikan informasi terbaru tentang usaha Anda ke pengguna facebook atau konsumen di negara lain.
  • Integrasi dengan twitter: fitur ini Anda dapat memposting update terbaru usaha Anda sekaligus ke dua platform, yaitu facebook dan twitter.
  • Sistem moderasi yang lebih canggih: Facebook membantu Anda menyaring komentar-komentar yang masuk. Sistem moderasinya yang lebih pintar dapat mengatur munculnya komentar dan postingan tertentu. Anda hanya tinggal menggunakan fitur tertentu untuk menampilkan komentar atau postingan positif dari para konsumen. Dengan begitu Anda otomatis akan menerima testimoni positif secara otomatis.

Dengan perkembangnya jaman memaksa kita untuk tidak buta dengan pesatnya perkembangan teknologi. Demi mewujudkan mimpi untuk mengembangkan bisnis, kita harus pintar-pintar mencari cara mempromosikan produk agar lebih menarik, kreatif dan inovatif. Kegiatan marketing juga sudah dipermudah dengan adanya media sosial. Pemilihan platformnya pun bisa Anda pilih, jadi sekarang tergantung bagaimana Anda memanfatkannya.

Sumber: Wikipedia, www.maxmanroe.com, id.techinasia.com

suc