Tips Jitu Membeli Mesin Makanan untuk Bisnis UKM

Tips Jitu Membeli Mesin Makanan

Membeli Mesin Makanan – Untuk mengembangkan bisnis UKM selain melalui kualitas produk juga ditentukan dari bagaimana proses produk tersebut dibuat. Dalam industri makanan pada saat prosesnya pasti memerlukan kehigenisan. Ini sudah menjadi standar makanan yang harus diperhatikan oleh para pendindustri makanan sehingga para pebsnis mau tidak mau menggunakan teknologi agar produk tetap higienis. Nemun dengan harga mesin-mesin UKM yang relatif mahal membuat sebagian pengusaha urung untuk mengupgrade teknologi mesin yang mereka punya. Tetapi jika kita hitung-hitung keuntungan setelah menambah teknologi baru lebih besar, kenapa tidak. Iya bukan? Lalu bagaimana cara memilih dan membeli mesin makanan untuk bisnis kelas UKM?  Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda terapkan.

Mesin Makanan

Tentukan mesin sesuai dengan kebutuhan Usaha

Untuk memilih mesin untuk keperluan berbisnis Anda hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan berbagai macam mesin yang dibutuhkan seperti mesin vacuum, mesin kemasan, dan lainnya. Serta sesuaikan dengan kebutuhan produksi Anda. jika Anda harus memproduksi lebih dari 100 unit per hari maka Anda bisa beli mesin yang dapat mengerjakan produksi dengan kapistas yang banyak.

Pilih mesin sesuai budget

Jika Anda sudah menentukan mesin yang ingin Anda beli pastikan jika harga mesin tersebut sesuai dengan budget Anda. Untuk berjaga-jaga baiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu tentang harga mesin yang ingin dibeli. Bila dirasa budget Anda belum terkumpul untuk membeli mesin tersebut tapi Anda tidak bisa lagi menunggu untuk mengumpulkan uang lagi carilah alternatif yang lain.

Anda bisa menggangtinya dengan membeli mesin dengan merek berbeda namun dengan spesifikasi yang sama atau bisa membeli mesin secondhand dengan begitu Anda tetap dapat memiliki mesin tersebut namun dengan harga yang terjangkau. Itu pilihan. Namun baiknya memang mengumpulkan budget terlebih dahulu untuk membeli mesin yang Anda butuhkan untuk menghindari kelebihan budget.

Perhatikan kapasitas listrik yang dibutuhkan

Sesuaikan daya listrik mesin tersebut dengan listrik yang Anda miliki saat ini. Dengan begitu maka biaya pemakaian listrik Anda tidak akan malah bengkak. Selain itu, jika daya listrik naik, tentunya akan mempengaruhi biaya produksi Anda.

Spesifikasi mesin yang mumpuni untuk usaha Anda

Sebelumnya cari informasi tentang spesifikasinya, jadi saat Anda menanyakan ke seles di tempat pendistribusian mesin tersebut Anda tinggal menanyakan apa saja fasilitas tambahan yang didapat dari mesin tersebut. selain itu tanyakan juga  cara pengguanaan dan perawatannya.

Ketersediaan spare part mesin

Anda harus memikirkan hal yang satu ini karena bila terjadi kerusakan maka mesin masih dapat diperbaiki dengan mencari spare partnya. Akan lebih baik jika perusahaan pembuat mesin tersebut menerima reparasi sehingga ketika terjadi kerusakan pada mesin akan dengan mudah memperbaikinya kembali ke tempat pendistribusiannya tersebutu.

Tanyakan apa ada garansi

Hal ini untuk memastikan jika terjadi kerusakan sebelum masa garansinya habis maka pihak perusahaan dapat bertanggung jawab dan memperbaiki kerusakan tersebut.

Pilih mesin makanan yang menggunakan material stainless steal. Kenapa? Karena mesin yang berbahan stainless steal lebih awet ketimbang bahan lainnya. Selain itu, cara perawatannya pun juga lebih mudah dan tidak mudah korosi sehingga dapat menambah kehigenisan makanan dan terhindar dari zat-zat berbahaya yang disebabkan mesin tersebut. Berikut di atas adalah beberapa tips untuk membeli mesin makanan untuk bisnis UKM. Semoga bermanfaat. Go UKM!

-suc-

Related link: www.sahlengineering.com