Tentang Mesin Bubut, Mengenal Lebih Dekat & Lebih Tahu

Lebih Tahu, Tahu Lebih  Tentang Mesin Bubut

Tentang Mesin Bubut : Mesin bubut dikenal sebagai mesin yang difungsikan untuk memotong benda dengan sistem putar. Prinsip kerjanya tidak jauh berbeda dengan gergaji, hanya saja mesin ini digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan memudahkan pekerjaan dengan waktu yang lebih singkat. Mesin yang banyak digunakan untuk memotong berbagai macam benda industri, misalnya kayu atau logam. Mesin yang kemudian dikembangkan oleh Mauldslay ini memiliki fungsi utama, yakni melakukan operasi mekanik dengan prinsip kerja memutar dan memegang benda. Dalam pengoperasiannya, mesin bubut dapat digunakan untuk mengelas, mengebor, membuat permukaan benda putar menjadi rata, dan mampu menghasilkan berbagai macam benda-benda putar. Tidak hanya itu, mesin bubut juga mampu digunakan dalam pembuatan tirus.

Mesin Bubut 6

Mesin Bubut 6

Berdasarkan jenis benda yang diolah, mesin bubut muncul dalam berbagai jenis. Pertama, mesin bubut yang digunakan untuk memotong benda kecil adalah mesin bubut ringan yang bisa dioperasikan oleh pemula. Mesin yang kedua adalah mesin bubut sedang untuk memproduksi berbagai benda dengan ukuran sedang. Tentunya jenis mesin bubut ini lebih kompleks dan dilengkapi dengan peralatan khusus. Kemudian ada juga mesin bubut standar yang digunakan untuk memroses benda-benda berukuran standar. Beratnya lebih besar daripada mesin bubut ringan, begitu pula dengan daya yang dihasilkannya. Terakhir, ada mesin bubut panjang yang dikerahkan untuk industri skala besar. Biasanya mesin ini dipakai untuk memroses benda-benda berukuran panjang dan besar. Sesuai dengan namanya, mesin ini memiliki harga yang lebih mahal di antara jenis lainnya.

Mesin bubut modern terdiri atas beberapa bagian. Bagian yang pertama adalah kepala tetap yang berfungsi sebagai dudukan bagi beberapa perlengkapan. Adapun perlengkapan tersebut meliputi cekam, kollet, pelat pembawa rata, juga pelat pembawa berekor. Pada perlengkapan-perlengkapan tersebut juga dipasang spindell mesin yang berfungsi mengikat dan menahan benda. Kemudian dalam mesin bubut juga terdapat kepala lepas yang berfungsi sebagai tempat dudukan cekam bor, mata bor, senter putar, dan senter tetap. Kedua senter yang ada pada bagian ini dipasang untuk menunjang ujung benda kerja sehingga putarannya akan stabil.

Di sisi lain, cekam bor dan mata bor dipasang untuk proses pengeboran. Bagian yang ketiga adalah meja mesin, atau bisa juga disebut alas. Bagian ini menjadi dudukan beberapa peralatan, seperti eretan, penyangga diam, dan kepala lepas. Meja mesin juga menjadi bagian penumpu saat operasi pembubutan berlangsung. Tidak hanya itu, mesin bubut juga memiliki eretan yang berfungsi sebagai dudukan eretan melintang dan melakukan gerakan pemakanan baik otomatis atau manual dengan arah mendekati atau menjauhi spindle. Selanjutnya ada juga poros transportir dan poros pembawa yang difungsikan untuk membawa eretan saat pembubutan otomatis berlangsung. Mesin bubut juga dilengkapi dengan tuas atau handel yang digunakan untuk mengatur proses pembubutan dan penjepit atau pemegang pahat untuk menjepit pahat.