Tata Letak Mesin Roti Yang Tepat Guna

Info : Tata Letak Mesin Roti

Bagi seorang yang bergerak di bidang kuliner Roti dan Kue bisa dibilang proses produksi merupakan fase yang penting dan selalu di prioritaskan. Kemampuan produksi, kualitas dan kuantitas menjadi factor penentu apakah bisnis anda dapat berkembang atau tidak. Salah satunya yang menjadi perhatian serius adalah soal Tata letak, hal ini bisa menentukan apakah produksi roti anda bisa berjalan lancar tanpa kendala ataupun hambatan berarti. Tata letak mesin roti yang tepat dan efektif tentunya bisa berimbas kepada kualitas dan kuantitas produksi secara tak langsung. Mesin roti terdiri dari beberapa jenis kumpulan mesin yang di rangkai menjadi satu kesatuan (paket) :

  • Mixer Roti
  • Proofer
  • Oven Roti
  • Pemotong Roti

Tata Letak Mesin Roti

Nah jangan anggap remeh posisi masing-masing mesin roti yang anda miliki, dengan penempatan yang tepat dan alur (flow) kerja yang sesuai SOP. Maka produksi roti yang anda inginkan dapat meningkat jauh dari yang anda perkirakan. Bila tata letaknya tidak sesuai dengan flow chart maka karyawan seringkali melakukan banyak kegiatan yang tidak perlu. Misalnya tata letak mesin mixer dan oven yang dekat, maka karyawan sering kegerahan diakibatkan panas yang ditumbalkan oleh oven, juga untuk proses proving, moulding akan bersinggungan dengan karyawan yang memanggang di oven.

Selain faktor tata letak seperti yang di jelas di atas, faktor lain yang tak kalah penting adalah Ruang Kerja. Faktor ini secara langsung tentu dapat berimbas kepada proses produksi anda, tempat yang sempit dengan sudut menyiku merupakan salah satu kendala yang sering di temui. Banyak pebisnis Roti & Kue yang melewatkan bagian perencanaan untuk tempat produksi. Tempat produksi yang baik akan dapat membawa dampak positif terhadap hasil produksi, karena Flow kerjanya akan menjadi lebih jelas

Memang ada baiknya sebelum memulai bisnis ini, anda harus terlebih dahulu mempunyai master plan yang jelas dan konkrit. Hal-sederhana tetapi penting seperti masalah Tempat produksi, alur produksi hingga tata letak mesin roti kerja harus dari awal anda pikirkan. Dengan begini anda tidak akan menemui kendala berarti seputar hal teknis yang kadang bisa merepotkan anda kedepannya kelak.

Oke semoga berguna