Resep Kolak Pisang & Cara Membuatnya

Resep Kolak Pisang

Resep Kolak Pisang – Di bulan Ramadhan / bulan puasa, yang namanya menu buka puasa di Indonesia bisa dibilang sudah menjadi kebiasan dan budaya tersendiri, aneka menu pembuka seperti Kolak, Es Buah, Gorengan, Lontong hingga nasi bisa dibilang tak pernah absen menghiasi meja makan saat jelang waktu berbuka. Namun tahukah anda dari sekian banyak menu tersebut siapa yang jadi primadona? Ya benar, Kolak merupakan salah satu menu berbuka puasa yang paling menjadi Favorit dari tahun ke tahun, Kolak itu sangat identic dengan bulan puasa, karena memang hanya di bulan inilah panganan kolak hanya bisa kita temukan di jual di emperan pinggir jalan, hal ini tentu berbeda dengan menu lain seperti Gorengan, Lontong, atau es buah yang bisa kita lihat walaupun tidak di bulan puasa. Lantas apa yang membuat kolak begitu di gemari untuk menu buka puasa?

Resep Kolak Pisang

Kolak sangat identic dengan rasanya yang manis dan gurih, bahan utama pembuatan kolak sendiri adalah Air santan dan Gula, baik itu gula pasir atau gula merah. Kolak terdiri dari banyak jenis seperti Kolak pisang, Kolak biji salak, Kolah Singkong, Kolak Tape, Kolak ubi ataupun pacar cina. Untuk rasanya di jamin enak dan cukup menggugah selera,rasa manisnya bisa membuat tubuh kembali segar dan bertenaga. Kuahnya yang gurih dan kental bisa membuat rasa lapar hilang begitu saja, nah bagi anda yang ingin membuat kudapan kolak untuk berbuka puasa, berikut ini ada resep sederhana untuk membuat kolak pisang yang murah dan enak, yuuk di simak bersama

10 buah pisang raja / pisang kepok (kupas dan potong serong)
2 buah nangka
350 gr ubi kuning
150 ml Santan kelapa
1 liter air putih
6 sdm gula pasir
6 sdm gula merah
2 lembar daun pandan
Fanili 1/4 sendok teh
Santan siap saji
Garam secukupnya (agar rasanya gurih)

Cara Membuat:

  1. Rebus air bersama dengan ubi kuning, sampai ubi lunak.
  2. Masukan santan, gula pasir, gula merah, garam, fanili, dan daun pandan. Gunakan api kecil dan aduk perlahan.
  3. Masukan potongan pisang, tunggu sebentar
  4. Kolak pisang siap disajikan.

Sajian kolak memang lebih enak di santap ketika hangat, oleh karenanya apabila anda membuat kolak maka di sarankan untuk di buat pada saat sore hari ketika menjelang buka puasa. Di jamin akan terasa lebih enak dan nikmat di santap bersama seluruh anggota keluarga.

Semoga Resep Kolak Pisang ini berguna untuk anda, Oke selamat mencoba