Oven Gas atau Oven Listrik, Pilih yang Mana?

Gas Roaster GK-233

Oven Gas – Bagi yang hobi memasak pasti sudah tak asing lagi dengan keberadaan oven gas. Ya, oven gas yang mengandalkan gas LPG ini biasanya merupakan oven yang ternyata juga menggunakan daya listrik sebagai power kontrol pada proses otomatisasi. Daya listrik yang digunakan sekitar 100 watt sehingga masih dapat dikatakan lebih hemat dibandingkan oven listrik. Oven listrik ini menggunakan listrik sebagai daya utamanya untuk proses pembakaran di dalam oven. Listrik tersebut digunakan untuk menggerakkan heater atau pemanas dan juga digunakan sebagai kontrol oven. Daya listrik yang digunakan untuk menghidupkan oven listrik memang sangat besar yakni sekitar 4000 watt yang tentu akan lebih boros dalam hal tagihan listrik. Tetapi dibalik itu semua, oven listrik dinilai lebih aman dibandingkan dengan oven yang menggunakan gas. Selain itu, ada pula oven tangkring yakni oven yang digunakan dengan mengandalkan panas yang berasal dari kompor. Oven ini harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan oven lainnya tetapi oven tangkring ini membutuhkan waktu yang lama untuk memanggang makanan serta panasnya yang kurang merata.

Sementara itu, sebagian besar baker setuju bahwa oven gas memang sangat cocok dan ideal digunakan apa bila dibandingkan dengan oven listrik. Berikut ini beberapa keuntungan atau kelebihan menggunakan gas oven seperti:

  1. Lebih hemat dalam pemakaian oven gas karena gas LPG yang digunakan akan otomatis diatur oleh valve pada oven.
  2. Oven ini memiliki timer yang senantiasa akan mengingatkan waktu kapan makanan akan matang sehingga tidak perlu dijaga selalu.
  3. Oven ini juga memiliki thermokontrol yang sangat akurat dan berfungsi sebagai pengontrol suhu oven agar tidak terlampaui tinggi.
  4. Terdapat api atas dan juga api bawah yang digunakan untuk memanggang makanan secara merata.
  5. Dinding oven biasanya dilapisi oleh peredam panas atau sering disebut dengan rokcwoll sehingga ruangan di dalam oven tidak terlampaui panas.
  6. Jangan takut oven akan meledak karena terdapat IC control board serta terdapat alarm kegagalan api di bagian ruang bakar.
  7. Oven ini juga menggunakan pipa stainless steal sehingga tidak mudah keropos dan tahana lama.

Pada umumnya, oven gas yang menggunakan gas memiliki fisik atau ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan oven listrik. Untuk itu, bagi yang ingin menggunakan oven dengan gas elpiji tersebut memang harus menyediakan ruang yang agak luas karena juga digunakan untuk tempat meletakkan gas LPG itu sendiri. Tak ada perbedaan berarti antara oven yang menggunakan listrik ataupun gas sebagai bahan bakarnya. Makanan akan matang dengan sempurna tetapi perbedaannya oven listrik waktu pemanggangan dapat diatur secara otomatis. Namun, rasa makanan tetap sama saja. Bagi yang bingung mau menggunakan oven listrik atau oven gas sebaiknya dipikirkan perihal budget serta kebutuhannya agar oven dapat digunakan secara optimal untuk menghasilkan berbagai macam makanan.