Mesin Deep Fryer ,Tips Cara Membersihkannya

Mesin Deep Fryer

Sebuah mesin deep fryer adalah mesin yang penting dan wajib dimiliki bagi anda yang punya usaha dengan menu goreng – gorengan. Penggunaannya jauh lebih mudah dan juga akan lebih menguntungkan karena makanan dapat digoreng secara matang merata sehingga membuat proses menggoreng menjadi lebih cepat. Selain itu dengan menggunakan mesin deep fry makan akan lebih menghemat gas, minyak goreng juga dapat digunakan secara maksimal, gorengan pun menjadi lebih krispi dan renyah serta terhindar dari terjadinya gosong karena minyak tidak langsung diatas api membuat minyak dapat dipergunakan berkali-kali. Tapi tahukah anda bagaimana membersihkan kawat saring yang digunakan untuk menggoreng pada deep fryer? Tentunya ada cara khusus agar kawat saring tetap bersih terawat dan mengkilap.

Mesin Deep Fryer NewMenggunakan deep fryer pasti harus menggunakan minyak dan kita semua tahu bagaimana sulitnya membersihkan minyak dari peralatan memasak. Umumnya membersihkan noda minyak dari material berbahan stainless dengan hanya menggunakan air dan sabun tidaklah mudah, lalu bagaimana cara mudah menghilangkannya ?

Yang Dibutuhkan :

  • Kertas tisu
  • Sabun cuci piring
  • Cuka
  • Baking soda
  • Sponge Brush

Cara Membersihkan :

  1. Biarkan penggoreng yang masih panas agar sedikit mendingin tapi jangan sampai benar-benar dingin. Sebab jika minyak sudah dingin maka akan sulit untuk dibersihkan. Saring minyak sisa untuk digunakan kembali lalu simpan.
  2. Hilangkan sisa – sisa minyak yang menempel pada saringan dan dinding deep fryer dengan menggunakan kertas tisu yang kering.
  3. Penuhi deep fryer dengan air panas dan sabun, lalu nyalakan deep fryer hingga air mendidih. Matikan deep fryer setelah 5 menit. Biarkan hingga dingin lalu buang air sabun.
  4. Masukan air dan cuka dengan perbandingan 9:1, diamkan selama 5 menit lalu buang cairan cuka dan keringkan deep fryer dengan menggunakan kertas tisu.
  5. Buat pasta dari baking soda dengan cara mencampur baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Lalu oleskan pasta pada bagian deep fryer yang masih berminyak. Diamkan beberapa menit lalu gosok deep fryer dengan menggunakan sponge brush dibagian yang tidak kasar.
  6. Bilas deep fryer dan kawat saring dengan air hangat lalu keringkan dengan lap bersih.