Mesin bubut Analog dan Fungsinya Yang Jarang Di Ketahui

Mesin Bubut

Mesin bubut analog adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan manusia.Mesin bubut ini biasanya digunakan untuk memotong benda kerja, atau membentuknya sesuai dengan keinginan, menggunakan mesin bubut adalah dengan cara diputar.  Mesin ini juga digunakan untuk memotong benda kerja yang berbentuk silindris, seperti poros lurus, poros bertingkat, poros tirus, poros beralur, poros beruril, dan permukaan benda silindris lainnya (anak buah catur seperti, pion, raja, ratu dan sebagainya). Mesin bubut pertama kali ada sekitar tahun 700 M dan mulai berkembang di berbagai negara barat seperti, Prancis dan Amerika Serikat. Selain itu, mesin bubut ini juga telah dikenal di Cina.

Di berbagai negara, bentuk mesin bubut yang digunakan berbeda-beda. Di Cina, penggunaaan mesin bubut dilakukan dengan duduk di atas mesin dengan kakinya melakukan gerakan bolak-balik, sedangkan tangannya bebas melakukan tahap pemotongan dan pembentukan, seperti sedang menggunakan mesin jahit. Orang Barat menggunakan mesin bubut dengan cara berdiri, dengan salah satu kaki melakukan gerakan bolak-balik, mesin bubut yang dirancang adalah mesin bubut tiang. Perkembangan selanjutnya dari mesin bubut adalah mesin bubut yang dipegang dengan tangan dan langsung memotong benda-banda seperti kayu. Namun, kesulitan mesin bubut ini adalah sangat berat dan butuh kontrol jika harus memotong benda yang keras. Hingga pada tahun 1979 ditemukanlah Mesin bubut analog modern oleh Henry Mauldslay, ia mendesain mesin bubut yang disebut screw cutting lathe dan sangat membantu Amerika Serikat yang pada waktu itu mengalami kesulitan untuk mendapatkan ekspor barang karena dilarang oleh undang-undang Inggris.

Secara umum mesin bubut berfungsi untuk menghasilkan benda-benda putar, membuat tirus sebuah benda, pengelasan dan pengeboran. Selain itu, mesin bubut juga memiliki fungsi dalam bidang industri, salah satunya adalah pada industri sepeda motor, mesin ini digunakan untuk membentuk benda-benda berbentuk bulat seperti mur, baut, tromol, roda gigi, poros dan lain sebagainya. Sedangkan dalam industri meubel, mesin bubut digunakan untuk memotong dan membentuk berbagai jenis kayu. Mesin bubut juga berfungsi untuk memotong benda-benda yang keras seperti besi dan banyak digunakan oleh para tukang las. Mesin bubut ini akan sangat dibutuhkan dalam dunia industri dan pertukangan, karena memberikan kemudahan untuk memotong dan membentuk benda-benda yang keras.

Bagi Anda yang ingin menggunakan mesin bubut mungkin akan mengalami kesulitan, karena cara menggunakannya cukup rumit dan butuh latian untuk pengaplikasiannya. Butuh seorang ahli untuk dapat menggunakan Mesin bubut analog. Biasanya tukang las dan pekerja industri sudah sangat ahli dalam menggunakan mesin bubut. Bagi Anda yang membutuhkan alat untuk memotong benda-benda berbentuk silindris, mesin bubut merupakan salah satu solusinya.

relatd link – http://www.id-grindcollege.tk/peralatan/jenis-jenis-pahat-mesin-bubut-konvensional.html