Mesin Bakso modern & Cara Mudah Menggunakannya

Mesin Bakso modern – Siapa yang tidak suka bakso, makanan yang berbentuk bulat itu memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, terlebih lagi jika isi baksonya beraneka ragam dicampur dengan kuah yang sedap akan menambah rasa dari bakso tersebut. Bakso yang enak dan lezat pada umumnya dibuat menggunakan mesin bakso sehingga bahan bahan yang digunakan untuk membuat bakso tercampur dengan rata sehingga memiliki cita rasa yang benar benar lezat.Mesin Cetak Bakso R280

Mesin Bakso dan Penggunaannya untuk Membuat Bakso

Cara pembuatan bakso menggunakan mesin bakso sama halnya seperti pembuatan bakso pada umumnya menggunakan cara manual atau menggunakan peralatan sederhana. Di masa sebelum ada mesin pembuat bakso, bakso dibuat dengan menggunakan peralatan sederhana dan menggunakan tangan untuk mengadoni, mencampur dan menguleni bahan bahan hingga kalis dan tercampur rata. Hal tersebut tentu akan membutuhkan tenaga yang besar sehingga bahan akan tercampur rata dan menjadikan bakso memiliki rasa yang enak dan gurih.

Dalam membuat bakso menggunakan mesin bakso dimulai dengan membersihkan terlebih dahulu daging yang sudah disiapkan, yaitu dengan memisahkan daging dari lemak dan uratnya lalu dipotong dengan ukuran yang kecil. Jika sudah siap maka langsung dimasukkan ke dalam wadah yang biasanya sudah disediakan oleh mesin. Tambahkan bawang putih, es batu, STPP Food Grade lalu haluskan dengan mesin. Setelah setengah jalan, masukkan es batu kembali bersama dengan garam sambil mesin terus berputar. Proses selanjutnya ialah menambahkan tepung tapioka bersama dengan merica bubuk lalu terus digiling menggunakan mesin hingga halus dan kalis. Bentuk bulat bulat sesuai ukuran yang diinginkan lalu bakso siap direbus dan dijajakkan. Penggunaan mesin dalam pembuatan bakso akan jauh lebih memudahkan sehingga waktu yang diperlukan lebih efektif dan efisien. Anda pun tidak merasa kelelahan seperti ketika Anda harus membuat bakso secara manual.

Hal yang harus diperhatikan ketika akan membuat bakso ialah pemilihan daging yaitu memilih daging sapi jantang yang masih segar dan memilih bagian daging yang bererat halus dari bagian paha belakang, paha depan, gandik, atau tanjung. Ketika membuat bakso, pastikan juga bahwa pisau mesinnya dalam keadaan tajam sehingga proses penggilingan serta penghalusan berjalan dengan baik dan sempurna. Ketika akan memasukkan es batu, letakkan saja es batu di tepi mesin atau wadah sehingga posisi daging berada di tengah es batu. Daging pun sebaiknya tidak dicuci untuk memberikan rasa yang lebih baik. Membuat bakso menggunakan Mesin Bakso modern amatlah mudah, yang harus tepat ialah bahan dan bumbu yang dimasukkan karena resep merupakan hal yang nomor satu ketika akan membuat bakso. Selain itu pilihlah bahan bahan yang berkualitas tinggi sehingga akan menghasilkan bakso yang gurih, enak, serta lezat. Tidak diperbolehkan menggunakan bahan kimia tambahan seperti formalin, borax, dan lain lain yang akan membahayakan kesehatan.