Mengetahui Jenis – Jenis Mesin Kemasan Yang Ideal

mesin-kemasan-hl2

Perkembangan teknologi saat ini dapat kita rasakan dalam hal yang sesederhana seperti digunakannya jenis mesin kemasan. Mesin tersebut merupakan jawaban dari permintaan industri makanan, minuman, ataupun barang-barang lainnya. Mesin pengemas dibutuhkan untuk membuat kemasan agar lebih terlihat rapi pada dasarnya. Seperti yang kita tahu bahwa sebelumnya ada mesin ini, orang-orang ataupun industri seperti makanan dan minuman, menggunakan api lilin sebagai media atau alat mengunci dan mengikat. Tetapi, dalam perjalanannya cara atau metode ini lebih banyak kerugiannya. Salah satu contohnya pada industri makanan ringan, produk makanan yang ada di dalam plastik kemasan cenderung lebih gampang amem atau tidak renyah lagi. Penyebabnya adalah plastik yang hanya diikat atau dikunci dengan api lilin cenderung lebih mudah berlubang atau sobek, sehingga makanan atau produk yang ada di dalamnya terkena udara dan menjadi amem atau tidak renyah lagi.

Setelah adanya mesin kemasan, industri rumahan ataupun industri besar lainnya, memanfaatkan mesin ini. Ada banyak jenis dari mesin pengemas. Pertama, mesin hand sealer atau juga biasa disebut impuls sealer. Mesin hand sealer merupakan jenis mesin pengemas plastik yang ukurannya lebih kecil dibanding mesin pengemas lainnya. Panjangnya ada yang 20 cm yang paling kecil dan ada juga yang berukuran 1 m yang paling besar atau panjang. Harga dari mesin ini pun jauh lebih murah dibanding mesin pengemas lainnya. Cara penggunaannya yaitu menggunakan tangan, sehingga kita cukup memosisikan plastik yang akan kita kunci dengan hand sealer.

Kedua, Mesin pedal sealer atau biasa disebut juga foot sealer. Mesin pengemas ini merupakan mesin yang dalam pengoperasiannya menggunakan kaki. Harganya tidak jauh berbeda dengan hand sealer karena harganya pun relatif murah. Urusan panjangnya, mesin pengemas ini tergantung dari panjang kualitas mesin dan juga area sealer. Ketiga, ada mesin cup sealer merupakan mesin yang memiliki fungsi menutup gelas atau produk minuman. Bisa kita lihat contohnya saat ini banyak sekali minuman-minuman bubble tes, kopi, susu, jus, atau minuman lainnya yang menggunakan tutup di atasnya. Nah, ada juga mesin kemasan yang berfungsi sebagai menutup minuman kemasan dalam gelas plastik. Mesin pengemas cup sealer ada juga ada beberapa macamnya yaitu cup sealer otomatis, mesin cup sealer semi otomatis, dan juga mesin cup sealer manual. Mesin ini biasanya dimanfaatkan oleh industri-industri UKM atau industri menengah kecil.

Keempat, ada mesin continuous sealer atau biasa disebut mesin band sealer merupakan mesin yang biasa digunakan mengemas makanan ringan ataupun snack. Fungsi mesin kemasan ini digunakan untuk mengemas snack yang ada di dalam plastik kemasan. Harga mesin ini relatif lebih mahal dibanding mesin-mesin lainnya.