Mengenal Mesin Proofer, Mesin Pengembang Adonan Roti

proofer

proofer

Proofing merupakan salah satu tahap mengembangkan roti yang biasanya dilakukan dalam pembuat jenis-jenis kue dan roti tertentu. Mesin proofer merupakan alat praktis yang dirancang khusus untuk membantu anda dalam melakukan proses proofing makanan anda. Perlu diketahui sebelumnya bahwa untuk jenis-jenis makanan atau kue tertentu dibutuhkan adanya tahap proofing alias pengembangan adonan. Sebut saja seperti jenis kue donat, bakpao, dan masih banyak lagi. Setelah bahan-bahan adonan dicampurkan dan sudah merata maka tahap selanjutnya adalah mengistirahatkan adonan dalam beberapa waktu yang ditentukan dibawah suhu yang sesuai. Tentunya sebelumnya adonan terlebih dahulu telah dicampur dengan ragi alias bahan pengembang roti.

Namun sayangnya proses proofing ini terbilang gampang-gampang susah bila tidak menggunakan mesin makanan proofer. Tidak semua kue yang sudah diberi ragi bisa melalui tahap proofing secara sempurna. Hal ini biasanya disebabkan karena berbagai faktor seperti suhu yang kurang optimal, waktu proofing yang kurang lama ataupun terlalu lama, sampai dengan masalah kualitas ragi yang tidak terlalu baik. Masalah suhu sendiri sangat dipengaruhi oleh keadaan cuaca disekitar saat proses proofing tersebut dilakukan sehingga bila cuaca sedang tidak mendukung seperti hujan atau mendung ada kemungkinan besar adonan tidak mau mengembang. Maka dari itu seringkali pula para pengusaha makanan seperti donat dan bakpao serta jenis kue lainnya mengalami kerugian bila kuenya tidak mau mengembang secara sempurna.

Namun sekarang anda mesin makanan proofer yang bisa diandalkan dalam hal proses pengembangan adonan alias proofing. Proofer merupakan salah satu jenis alat makanan atau mesin yang dirancang khusus untuk memudahkan proses proofing dalam pembuatan berbagai macam jenis adonan kue dan roti. Dengan menggunakan mesin ini maka adonan yang anda buat bisa lebih mengembang sempurna dan menghasilkan cita rasa kue ataupun roti yang lebih enak, empuk, dan bertekstur halus. Dengan mesin ini anda tidak perlu khawatir jika cuaca sekitar tidak mendukung karena dengan mesin proofer ini anda bisa mengatur suhu sesuai yang anda butuhkan sehingga adonan bisa lebih mengembang secara maksimal dibawah suhu yang memang sesuai.

Selain itu anda juga tidak perlu khawatir adonan bantat karena masalah waktu proofing yang kurang lama atau terlalu lama. Karena dengan mesin pengembang adonan kue proofer ini anda juga bisa menyesuaikan waktu proofing sesuai dengan yang dibutuhkan oleh jenis adonan anda. Selain itu uniknya lagi Mesin proofer yang satu ini juga bisa digunakan untuk memfermentasi berbagai jenis olahan makanan lainnya. Tidak hanya roti dan kue saja namun juga jenis olahan susu seperti yogurt dan masih banyak lagi sehingga mesin mkanan ini juga multifungsi untuk berbagai jenis olahan makanan.