Mengenal Jenis Plastik Kemasan Makanan Yang Layak Pakai

plastik kemasan makanan

Menyimpan, serta mencegah masuknya bakteri serta jamur pada makanan dan minuman baik berupa cairan hingga biji kacang-kacangan sehingga tahan lama merupakan fungsi dari Jenis plastik kemasan makanan. Namun sering kali masyarakat khususnya orang awam kurang mengetahui jenis-jenis bahan yang cocok dan baik untuk menyimpan bahan makanan mereka baik cairan seperti bumbu-bumbu dapur seperti kecap, saus, dan minyak sayur dan makanan padat lainnya. Dalam penggunaannya pun masyarakat sering kali keliru dalam memilih bahan atau meterial plastik tersebut mana yang baik sesuai dengan jenis-jenis fungsinya terlebih dalam membungkus produk yang di pasarkan. Dimana seharusnya tidak boleh digunakan untuk makanan tetapi malah digunakan untuk makanan seperti plastik kresek  yang sering digunakan untuk  membungkus makanan panas sehingga zat-zat kimia tersebut menyerap kedalam makanan tanpa disadari.

Terkadang masyarakat masih kurang mengetahui bahwa dari masing-masing jenis plastik tersebut memiliki fungsi masing-masing. Plastik kemasan memiliki beberapa jenis sesuai dengan material atau bahan plastik itu sendiri diantara seperti  Plastik Vakum berbahan PE+ Nylon yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan atau lamanya kadaluwarsa makanan dimana dengan adanya Barier Nylon udara tidak  bisa masuk sehingga kuman, dan jamur tidak dapat berkembang biak dan makanan dapat tahan lama.  dan stand up pouch dengan material yang sama memiliki fungsi untuk menyimpan bahan zat cair sehingga tidak tumpah dan bocor. Dan jenis plastik kemasan yang kedua ialah Pouch Kombinasi berbahan Metal OPP yang berfungsi mencegah sinar matahari dan udara masuk kedalam kemasan. Jenis yang ketiga ialah Stand Up kombinasi berbahan Allumunium Foil dan PET yang meiliki fungsi hampir sama dengan Pouch Kombinasi.

Selanjutnya Stand up kombinasi dengan zipper Hampir sama dengan Stand up Kombinasi yaitu bedanya hanya ada tambahan zipper sehingga makanan tidak habis pakai dapat di simpan kembali.  Selanjutnya Jenis Plastik kemasan makanan berbahan Super Clear PP dengan zipper yang memiliki fungsi kemasan yang bening sehingga sangat menarik untuk menyimpan makanan. Pouch Super dengan zipper juga hampir sama dengan Super Clear PP bedanya ialah hanya pada bentuknya, Pouch Full Foil yang memiliki fungsi yang juga sama yaitu mencegah masuknya sinar matahari serta oksigen kedalam produk, dan selain itu kemasan ini sangat cocok untuk kopi dan susu, dan sama hal nya dengan Gusset Full Foil bedanya plastik ini berfungsi khusus untuk menjaga keharuman kopi didalam kemasan sehingga kualitas kopi terjaga dengan  baik.

Sangat diperlukan kesadaran serta pengetahuan masyarakat terutama masyarakat yang ingin menjalani bisnis UKM mereka dalam memilih terkait jenis-jenis plastik kemasan sesuai dengan fungsi dari masing-masing bahan atau material yang terkandung didalam plastik tersebut . Sehingga membuat makanan terlihat lebih bersih, rapi, dan menarik untuk dilihat bahkan dibeli oleh konsumen merupakan tujuan mutlak dari keinginan masyarakat terhadap Jenis Plastik kemasan makanan itu sendiri.