Mengenal Jenis Mesin Bubut dan Bagian Pentingnya

Mesin Bubut 4

Mesin Bubut 4

Mungkin banyak dari kita yang sering mendengar tentang mesin bubut. Akan tetapi, kita belum mengetahui apa pengertian lengkap dari mesin bubut tersebut. Tidak hanya itu, sebagian dari kita juga mungkin banyak yang tidak faham tentang bagaimana cara merawat mesin tersebut. Tidak hanya itu, pasti banyak dari kita juga yang belum mengetahui pengertian lebih lanjut apa yang dimaksud dengan mesin bubut itu. Dalam kasus kali ini, mari disamaratakan tentang pengertian memotong. Memotong dalam hal ini juga dapat dikatakan juga dengan memproduksi. Maka, mesin bubut dapat dikatakan sebagai sebuah alat yang digunakan untuk memotong atau memproduksi benda yang berputar. Mesin bubut memiliki beberapa jenis atau golongan dan juga beberapa bagian. Jenis – jenis mesin bubut yang perlu kita ketahui antara lain:

  1. Mesin Bubut Enteng
  2. Mesin Bubut Medium atau tengahan
  3. Mesin Bubut Biasa
  4. Mesin Bubut Panjang

Selain jenis – jenis dari mesin bubut tersebut, tentunya terdapat bagian – bagian dari mesin bubut itu sendiri. Pada dasarnya, mesin bubut memiliki empat bagian yang signifikan atau seluruh dari mesin bubut jenis apapun (keempat mesin bubut diatas), pasti terdapat keempat bagian ini. Apa saja bagian yang terdapat dalam mesin bubut pada umumnya? Berikut keempat bagian mesin bubut pada umumnya:

  1. Kepala Tetap. Kepala tetap merupakan bagian pokok dari mesin bubut. Kepala tetap letaknya bukan disebalah kanan (kiri) dan bagian kepala tetap inilah yang memutar benda. Karena bagian ini memutar bena, maka tentu didalamnya terdapat transmisi roda gigi.
  2. Kepala Lepas. Kepala lepas merupakan sebuah alat yang tentu saja masih bagian dari  mesin bubut ini. Kepala lepas ini berfungsi untuk menyangga sebuah benda yang panjang.  
  3. Alat Mesin. Alat mesin merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk tempat alat kepal lepas dan eretan. Alat mesin ini juga digunakan sebagai kedudukan penopang yang tidak bergerak.
  4. Eretan. Eretan adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan proses pemotongan. Cara bekerja pada mesin ini ialah dengan menggerakan secara dua arah. Yakni, ke arah kiri dan kanan di sepanjang meja. Eretan meja akan berputar sepanjang meja.

Tidak hanya seputar mengenai jenis dan bagian dari mesin bubut saja, tetapi terdapat beberapa tips atau cara yang dapat dilakukan untuk menjaga agar mesin bubut ini tetap awet dan dapat digunakan di kemudian hari. Cara yang dapat dilakukan yang paling utama adalah anda harus menjaga kebersihan dari mesin bubut ini. Setelah anda menggunakan mesin bubut ini, jangan lupa untuk “mendinginkan” mesin – mesin bubut ini. Caranya bukan dengan air atua bahkan air es, tetapi dengan mengangin – anginkan saja.

Demikian sekilas mengenai pengertian, jenis mesin bubut , bagian, dan cara perawatan dari mesin bubut. Hal yang paling utama adalah anda jangan memaksimalkan atau memaksa kerja dari mesin bubut ini. Karena ketika anda memaksa cara kerja dari mesin ini, justru akan membuat mesin ini menjadi tidak awet.

Related link – https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_bubut